Berkembangnya kepentingan pada sisi agro serta peningkatan kebutuhan petani untuk lebih mensejahterakan kehidupannya , serta dalam rangka membuka peluang lebih leluasa bagi para petani dan peternak di wilayah Kabupaten Purworejo maka pemerintah membuat sarana yang di namakan Stasiun Agrobisnis Bagelen.

Diharapkan dengan berdirinya STA Bagelen nantinya dapat menjembatani antara petani dengan konsumen serta memotong mata ratai perdagangan yang selama ini kurang menguntungkan pihak produsen atau petani.

Memang terbilang masih baru lahir dan dalam rangka belajar mengadopsi banyak kepentingan petani serta kepentingan pemerintah daerah Kabupaten Purworejo,bahkan kepengurusan nya belum lama ini baru terbentuk dan di lantik STA Bagelen senantiasa merangkak dan terus berbenah melakukan programnya meski dengan fasilitas yang masih minim walaupun gedungnya sudah terbangun sangat megah di Desa Krendetan Kec Bagelen.

Kepengurusan serta keanggotaannya memiliki beberapa cluster yang terdiri dari Kec Bagelen , Kec Kaligesing, Kec Purwodadi, Kec Ngombol yang masing masing kecamatan memiliki pokja yang berbeda potensi pertanian dan peternakannya.

Meskipun pernah di lansir harian suara merdeka STA Bagelen di anggap mangkrak karena media tersebut hanya menyoroti sepinya kegiatan di kantor sta atau hanya melihat sisi bangunan yang nampak sepi .

Tapi kita juga memahami bahwa tidak seluruhnya yang di sampaikan atau di beritakan oleh media itu selalu benar terjadi .

Kepengurusan yang baru berjalan kurun waktu 1 tahun tentu saja masih berorientasi pada perumusan program kerja jangka pendek dan jangka panjang serta masih melaksanakan maping potensi pertanian dan peternakan yang selanjutnya untuk di buatkan inovasi agar lebih memberi manfaat kepada petani dan sta sendiri.

Jika sempat di anggap mangkrak mungkin orang yang menganggap tersebut belum memahami sekali akan fungsi sta serta masih menganggap sta seperti pasar konvensional yang setiap hari ramai terjadi transaksi jual beli antara petani dan tengkulak.

Dalam perjalanannya pengurus sta agropolitan saat ini sedang melakukan pendekatan terhadap petani serta mengakomodir kepentingan banyak petani agar nantinya tidak gegabah dalam melakukan inovasi serta tidak mengabaikan visi misi awal didirikannya ST Agropolitan Bagelen.

STA  Bagelen yang memiliki cluster awal terdiri dari empat kecamatan yang masing masing kecamatan juga memiliki potensi bidang peternakan serta pertanian yang berbeda beda sebagai contoh Kecamatan Ngombol serta Kec Purwodadi yang memiliki potensi penghasil beras yang melimpah apalagi beras yang di hasilkan di dua kecamatan tersebut di dominasi oleh beras organic,  dimana beras organic saat ini lebih diminati karena tanpa sentuhan kimia saat penanaman hingga saat produksi dan sampai pengemasan.

Pengurus STA Bagelen memang tidaklah mudah untuk serta merta membuat kebijakan untuk segera mampu merubah tatanan yang sudah mengalir di masyarakat , sebagai contoh pengurus sta menemui kejanggalan saat packing kemasan beras yang di lakukan sebagian besar petani Ngombol dimana mereka packing hasil beras mereka dengan kemasan beras delanggu agar harga mereka lebih terangkat meskipun sebenarnya tanpa kemasan beras delanggu mutu serta kwalitas beras mereka sebenarnya setara dengan beras delanggu namun mereka belum bisa mengangkat harga beras jika tanpa kemasan tersebut.

Hal serupa juga di alami oleh beberapa perajin gula di wilayah bagelen dimana mereka juga masih memiliki ketergantungan terhadap packing di wilayah tertentu agar harga gula mereka memiliki harga yang tinggi.

Berbicara lebih jauh mengenai gula merah sebenarnya Kec Bagelen serta Kec Kaligesing memiliki perajin gula yang lumayan banyak meskipun baru sebagian yang melakukan inovasi dengan membuat gula semut atau lebih terkenal dengan sebutan gula kristal merah.

Gula kristal merah ini sebenarnya adalah gula organic juga dimana proses pembuatan nya juga terhindar dari obat obat kimia dan dilakukan dengan proses tradisional.

Gula kristal merah yang di hasilkan oleh sebagian perajin gula di daerah bagelen ini sebenarnya sudah memiliki kwalitas ekspor yang dilakukan oleh sebuah perusahaan ternama di Indonesia.

meskipun perusahaan tersebut juga telah melakukan pengawasan langsung terhadap prosesi pembuatan serta memberikan arahan yang baik bagi petani namun karena panjangnya mata rantai penjualan maka hasil yang lebih belum terlalu di nikmati oleh para petaninya .

Kedepan sta agropolitan di harapkan juga mampu membantu memfasilitasi kepentingan perajin gula di wilayah bagelen dan kaligesing .

Wilayah pertanian di Kecamatan Kaligesing sendiri juga merupakan penghasil rempah rempah yang banyak termasuk perkebunan cengkeh , kopi , panili,kapulaga, serta memiliki petani dengan hasil musiman seperti durian ,manggis dll

di sisi lain bidang pertanian ST Agropolitan Bagelen juga memiliki potensi pengembangan di bidang peternakan dan perikanan dimana potensi ternak khususnya kambing etawa adalah aset termahal yang dimiliki oleh Kabupaten Purworejo khususnya di Kaligesing.

Dalam waktu dekat ini sta agropolitan juga akan membentuk koprasi serba usaha yang didalamnya akah ada sisi bidang simpan pinjam untuk anggota atau dimanfaatkan oleh petani untuk membantu permodalan mereka.

Tentu tidaklah mudah serta butuh waktu yang panjang untuk memanagement hal tersebut jadi jika kegiatan di gedung sta masih terlihat sepi tentu sangat lah wajar karena untuk melakukan gerilya memberikan pemahaman fungsi sta kepada petani juga tidak cukup waktu sebentar , tentu saja juga wajar jika media mengabarkan atau mengkategorikan ST Agropolitan Bagelen mangkrak dimana mereka hanya melihat sepintas sepinya kegiatan di gedung sta .

Kedepan perkembangan ST Agropolitan Bagelen memang mengharapkan bantuan dari media untuk melebarkan jaringan serta mengenalkan potensi yang dimiliki oleh sta agropolitan bagelen namun tentu saja juga membutuhkan waktu yang tepat dimana sta memang sudah siap melayani kebutuhan pasar yang ada.

Jika saat ini media masih menganggap mangkrak sta agropolitan bagelen tentu saja harus disikapi dengan positif sebagai pemicu pada pengurus sta agropolitan bagelen.

Dalam kurun waktu tidak lama lagi mudah mudahan sta agropolitan mampu membangun portal serta bisa memanfaatkan technologi informasi dalam mengembangkan bisnisnya .

Saat ini sub terminal agropolitan sisi humas sedang menyusun konten yang sehat jelas dan informative hingga kelak benar benar memiliki manfaat yang luas bagi kesejahteraan petani purworejo .

Tags: , , , , , , , , , , ,

5 Responses to “Aggropolitan Bagelen”

  1. semoga juga bisa melibatkan banyak stake holder

  2. Semoga dengan dibangunnya Stasiun Agrobisnis Bagelen bisa memberikan sumbahsih pada para petani Purworejo

  3. Wah, semakin membangun daerah sendiri ini, Mas-e.. salut! Eh, juli aku mudik, ketemuan yuk!

  4. Saya pengusaha dawet skala sedang di yogyakarta. membutuhkan harga bersaing untuk gula merah. kami siap membeli dalam jumlah yang besar. huhungi kami karena kami memerlukan suplier yang berkualitas ;
    085729308198 / 087838636689
    fb kami : dawet raja
    website : dawetraja.blogspot.com

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sub Terminal Agrobisnis Bagelen « agropolitan bagelen

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>