Sebut saja namanya Agus anak ini hanya berbekal pendidikan SMP karena saat dia bersemangat mengenyam pendidikan ia harus pupus dan berhenti pada tingkatan SMP dikarenakan ayah dan ibunya terpaksa harus berpisah karena masalah ekonomi dan keluarga

Agus yang hanya berbekal pendidikan SMP tersebut kemudian mencoba mengadu nasib untuk merantau ke Jakarta .

Agus kemudian mencari pekerjaan dengan tujuan untuk menimba pengalaman dan mencari uang di perantauan kota Jakarta seperti layaknya teman teman sedaerahnya

Agus yang berlatar belakang pendidikan hanya SMP tersebut kemudian di terima sebagai penjaga toko .

Dua tahun berlalu Agus menjadi penjaga toko di sebuah toko peralatan perumahan di Kelapa gading Jakarta utara

Dua kali berturut turut agus menjadi pemudik saat lebaran ia pun bisa berkumpul dengan ayah serta adiknya di kampung untuk bertemu dengan sanak saudaranya saat lebaran.

Agus memang menjadi harapan penopang ekonomi keluarganya yang telah tercerai antara ayah dan ibunya yang akhirnya hidup terpisah

Dua tahun sudah agus menjadi perantauan yang mengadu nasib berbekal ijazah SMP yang ia kantongi berusaha bekerja keras untuk memenuhi harapan ayahnya .

Hingga suatu saat ayah agus menderita sakit dimana agus harus menunggui karena adik perempuan dari agus juga berada di perantauan mencari uang sebagai baby sister , karena agus adalah anak pertama maka ia akhirnya mengalah untuk menunggui ayahnya lagi pula di rasakan oleh agus bahwa selama dua tahun menjadi perantauan ia tak segera mendapatkan hasil seperti yang di harapkan.

Rumah yang di tempatinya  malah semakin usang dan tak terawat karena bapaknya hanya tinggal sendirian sementara uang kiriman dari agus hanya habis untuk biaya hidup saja.

Memang susah yang di alami agus , mestinya banyak juga agus yang lain yang ketika sekedar mengandalkan ijazah SMP kemudian untuk membekali diri mencari pekerjaan di Jakarta , tentu saja harus di akui paling banter yah jadi penjaga toko, tukang kebun , office boy atau sekelasnya yang sudah barang tentu dengan gaji yang sekedar pas untuk hidup , dan jikala harus sebagai penopang keluarga nya yang di kampung tentu saja tidak akan mencukupi.

Agus yang hanya berbekal Ijazah SMP tentu saja tidak mungkin bersaing di perantauan seperti teman teman yang lain sedesanya yang rata rata mengantongi ijazah SLTA dan mampu bekerja di Pabrik maupun perusahan perusahaan yang lumayan bergensi dan mampu memberi gaji yang cukup.

Belum lagi Agus harus berbagi pikiran untuk mengurus ayahnya yang sendirian di rumahnya tentu sangat lah dilematis apa yang di alami Agus.

Agus akhirnya memberanikan diri untuk menggaduh ( memelihara dengan sistem bagi hasil dari investor ia hanya merawat dan dapat separuh dari keuntungan ), Agus kemudian menggaduh ternak kambing dan menyederhanakan pola pikirnya untuk beternak kambing etawa walaupun di awali dengan system gaduh, karena Agus belum memiliki modal untuk membeli kambing.

Pada awal ia menggeluti peternakan memang masih terlalu kaku dan banyak hal yang ia harus pelajari dalam usaha beternak kambing etawa namun lama kelamaan ia menemukan  dunianya .

Hanya butuh beberapa jam dalam satu hari untuk mengurus ternaknya tentu saja ia tetap bisa melakukan pekerjaan yang lain seperti mengurus kebun dll simpelnya ia menjadi petani dan peternak untuk keseharian nya.

Hari hari ia nikmati sebagai seorang peternak kambing etawa dan sebagai petani, tanpa terasa dua tahun sudah ia benar benar menjadi peternak kambing yang cukup mampu dalam segi pengetahuan di bidang peternakan kambing etawa yang berawal dari menggaduh,  kini sedikitnya telah memiliki 8 ekor kambing di luar jatah kambing yang ia pergunakan untuk memperbaiki rumah serta mencukupi kehidupan sehari hari dan prestasi yang lain kini agus telah mampu membeli kendaraan roda dua sendiri selayaknya para remaja di kampung kami untuk mobilitas kegiatan nya sehari hari.

Belum lagi di sisi lain agus telah banyak memiliki pohon mahoni serta kekayuan seperti albasiah yang ia tanam di selasela ia mengurus kambing yang juga merupakan aset kekayaan ekonomi untuk dirinya.

Agus memang tak lagi menenteng ijazahnya yang sekedar tamatan SMP untuk mencari pekerjaan, namun hari ini ia telah mampu menunjukan pada setiap orang yang pernah melecehkan dalam kehidupannya karena hanya berijazah SMP namun tetap bisa eksis untuk mandiri mengidupi diri dan keluarganya tanpa bergantung pada majikan atau perusahaan .

Agus akhirnya tetap mensyukurinya walau ia berijazah SMP, namun dalam benaknya selalu tertanam pikiran selagi ia mau belajar dan mau mempelajari apapun ia tetap bisa untuk mengikuti perkembangan dunia Technologi atau pun ilmu yang lain , dan iapun dengan rajin mengikuti perkembangan Internet walau bermula dari sekedar Face book kemudian merambah ke dunia blogg  .

Dua tahun berlalu sudah ia menjadi peternak dan petani memang mungkin belum terlalu nampak segnifikan kesuksesanya namun jikala kita perbandingkan dengan teman teman sedaerahnya yang berijazah di atas SMP ia masih mampu untuk mensetarakan dirinya baik secara ilmu pengetahuan maupun strata social ekonomi.

Hidup ini memang untuk belajar dan putuskan rantai kemiskinan dari belajar sebab jikala kita tidak mau belajar alias malas akhirnya akan menjadi bodoh setelah bodoh menjadi malas kemudian menjadi tidak mampu dan berlanjut menjadi miskin berakhir menjadi putus asa   …..putuskan rantai itu dari belajar

Tamatan SMP mungkin di anggap pendidikan yang masih menengah, namun itu hanyalah sekedar ijazah formal, bagi yang tak mampu sekolah secara formal tentu saja jikala mereka mau belajar tetap mampu untuk mengikuti perkembangan ilmu di manapun.

Hari ini Agus masih dalam perjalanan untuk menjadi pengusaha  dan itu tidak menutup kemungkinan Agus akan benar benar menjadi peternak handal atau pengusaha Yang besar dalam bidang peternakan serta  mumpuni  dalam bidang usaha peternakan walau ia hanya berijazah SMP

Kisah ini didasari kisah nyata Agus dalam perjalanan dan di tujukan untuk memotivasi teman teman yang harus putus sekolah di SMP.

Agus sangat dekat dengan saya dan hampir setiap hari juga meluangkan waktunya untuk merenangi dunia maya mudah mudahan dia akan menemukan bagian hidupnya di dunia maya juga

Selamatkan SEO SMP

Tags: anak anak SMP, anak semp, anak smp, belajar, blogger, Desa, donorejo, Gunung Kelir, Gunungkelir, guru, hotspot, ijazah smp, jimny 4x4, jimny kanvastop, Kambing Etawa, masa smp, memandang, pedesaan, pengalaman, penulis, pesan, Sekolah Menengah Pertama, seragam smp, smp, SMP pemberani, Suzuki modif, tamatan SMP, teladan, zona ponsel, zona sepeda

56 Responses to “Anak SMP Jadi Pengusaha”

  1. semoga agus bisa sukses seperti mas Totok

  2. apakah si agus ini adalah omagus yang terkenal itu ?

  3. Kiwod smp

  4. ayo mas agus… teruskan perjuanganmu… twooop

  5. makin banyak yg peduli keyword smp

  6. Kisah yang menarik mas Totok..semoga Agus sukses…
    Kita memang tak boleh patah semangat, walau kadang pendidikan kurang.

    Semasa masih aktif kerja di Bank, saya banyak mengenal nasabah yang awal usahanya dimulai dari usaha kecil, sekolahnya pun SMP (bahkan ada yang sekedar bisa baca tulis, dan tak lulus SD), namun semangat juang tinggi..akhirnya dia punya rangkaian hotel bintang 3. Lainnya berhasil dibidang swalayan…ada juga pemilik bengkel.

    Yang penting..bekerja keras dan berdoa

  7. repost pak?

  8. alhamdulillah makasih banyak mas ataas dukungan dan partisipasinya
    semoga dunia internet selalu memliki konten sehat seperti artikel ini.

    abis bw ini, akan kudaftar di
    http://www.attayaya.net/2010/0.....k-smp.html

  9. Oh, lama gak berkunjung. Sekedar tanya, apakah gunungkelir yang dimaksud adalah daerah perbatasan Kulonprogo & Purworejo? Saya melakukan riset tentang produk gula semut di sana. :)

  10. Kalau lihat salah satu snapshot foto di header sepertinya iya. :)
    Daerah dengan pemandangan yg bagus. :D

  11. bener mas saya ada di atas gunungnya tepatnya di perbatasan DIY dan Jateng di antara Kulonprogo dan purworejo nek kesini maen mas

  12. terima kasih mas

  13. maksudnya ….re post saya nggak tahu ini postingan baru dan gres original dari kisah agus atau mungkin sempat lihat posting yang sama …? saya nggak tahu atau kisah si sopian kali … tapi ini berbeda kasus kok dan orangnya juga berbeda

  14. makasih bu atas supportnya dan mudah mudahan tercapai cita 2 agus yang sebenarnya juga masih family saya sendiri

  15. kebetulan ada kisah nyatanya sih yang berhubungan dengan kasus ini untuk motivasi juga mas

  16. bocahe nek sampean mrene sing cok nyuguh wedang kae lho mas numpak
    F1z Yamaha kae

  17. dudu mbah sampean durung pernah nang gunungkelir dadi njur ora kenal mangkane nek wani munggah gunungkelir ojo mung jare thok

  18. sampean pernah salaman sama agus itu kok mas

  19. luar biasa etos kerja generasi macam si agus ini, mas totok. ijazah bukan satu2nya alat utk mencari peruntungan nasib. agus telah menunjukkan bahwa hanya berbekal ijazah smp asalkan ada niat, kemauan, dan kerja keras, sukses itu bisa diraih. semoga makin banyak bermunculan agus2 yang lain.

  20. ow… suk diajak gawe sekolahan ae …

    wong poro penggede mbiyen yo ngono malahan…

  21. agusnya hebat…
    yang membimbing lebih hebat lagi…
    menjura…

  22. selamat menjadi pengusaha mas :), tetep semangat ntar aku sundul..

  23. agus anake sopo mas…..
    aku kok gak ngerti….

  24. twop…

    kisah nyata inspiratif seperti ini yg harusnya diberikan ke anak-anak kelas IX SMP dan kelas XII SMA.

    Jadi, kalau ada yang terpaksa hanya berijazah itu, asal mau memulai bertindak…insya Allah, kesuksesan akan mengikuti.

    salut!

  25. bener itu, kuncinya harus kerja keras…

  26. najan mung SMP iso dadi pengusaha, ning aja kemethak njur mandheg anggone sinau lan golek pasinaon… ngelmu iku ora mung seko bangku sekolahan thok…
    ngono ya Gus, Agus!!!…

  27. tau ketemu tapi rak ngerti jenenge
    xxixixiiixxii

  28. semoga bisa memperbaiki keyword jelek tentang anak smp mas

  29. semoga pandangan bung google terhadap anak smp dapat lebih positif.hehe

  30. ternyata kalau dieksploitasi, banyak sekali kisah sukses anak smp yang bisa menjadi pembelajaran untuk sukses dalam kehidupan.
    seperti kisah mas agus ini.
    Sukses kang

  31. membangun SEO positif tentang SMP dan membangun motivasi orang yg hanya berbekal ijazah SMP….. worship dah…!

  32. saya salut sama perjuangan Agus. kalau saya jadi agus, gimana jadinya yah…? hehe, thanks gan atas ceritanya..

  33. Salut untuk mas Agus..
    :-)

  34. Awsome info and right to the point. I don’t know if this is really the best place to ask but do you guys have any thoughts on where to employ some professional writers? Thx :)

  35. teruskan lah sesungguh nya allah selalu berpihak pda yg baik dan mas agus adlah yg terbaik amienzz

  36. smoga agus sukses seperti agus hendrotomo butuh pwr

  37. Salut buat kegigihan agus semoga usaha yang dirintis senantiasa membawaq keberkahan

  38. Semanagat buat Mas Agus!
    Sebagai teman saya sangat bangga melihat perjuanganmu…
    Ayo Mas Totok…..berikan ilmu dan pengalaman padanya agar kelak sukses sepertimu!!!!!

  39. Salutttt sama Agus….semoga selalu tumbuh Agus2 selanjutnya…..Sukses Gus……!!!!!

  40. Sebuah Teladan yang perlu dicontoh,sebuah kesuksesan ternyat tidak hanya bergantung dari tingkat pendidkan saja..Sukses semuanya Kawan

  41. kisah yang inspiratif .
    semoga bisa jadi semangat buat yang lain .amin

  42. mantabbbbbb tak dungane soko kalimantan cak suksessssss

  43. Perjuangan agus adl luar biasa. Ini adalah bahan contoh yang baik untuk ditiru. Seharusnya para pemimpin mnggunakan prjuangan agus untuk mmbawa indonesia mnjdi lebih.

  44. TETEP SEMANGAT DAN SELALU BELAJAR KARENA TEKNOLOGI BERJALAN TERUS.SAYA SALUT MAS!!! LARE NDUWUR PRAPATAN

  45. aku juga cuman lulusan smp … tapi aku kepengen banget jadi seorang penanam saham ato pengusaha … tapi begimane caranya yahhh ?? mustahil g sih om ……..

  46. Terkadang manusia punya persepsi beda tentang anugerah,kesulitan, kemudahan bisa menjadi kekuatan dan kelemahan, mari kita maknai positif dan disyukuri, sesuai kata pembibingnya…bravo!!!

Trackbacks/Pingbacks

  1. Anak SMP « Gunungkelir
  2. Boneka Kepemimpinan « Kambing Etawa
  3. anak SMP jadi kyai « Dunia Hitam dan Putih
  4. Kisah Peternak Kambing « KAMBING ETAWA Kaligesing
  5. Gairah Anak SMP « Kambing Etawa
  6. Anak SMP | the Suryaden
  7. Kisah anak SMP «
  8. anak smp « commonist
  9. sisa lebaran | www.gunungkelir.com
  10. Ajak @JamilAzzaini hajar konten porno yuk | Dari "Kaca Mata"-ku

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>