pejantan kontesDalam setiap usaha tentu kita akan berharap pada maju dan berkembangnya sebuah usaha tersebut, maka jika kita memiliki sebuah usaha tertentu haruslah memiliki analisa hasil usaha tersebut untuk kelangsungan jenis usaha tersebut.

Kali ini saya mencoba menganalisa hasil usaha beternak kambing etawa berdasar situasional yang berkembang di Desa Donorejo,Kec Kaligesing,Kab Purworejo.

1. Waktu pemeliharaan adalah 24 bulan atau 2 tahun
2. Masa Produksi di hitung dari masa induk bunting 5 bulan dan masa menyusui 3 bulan atau beranak 3 kali dalam 2 tahun.
3. Dalam sekali beranak dihitung rata-rata 2 ekor per kelahiran. Kelahiran 1 dan 3 ekor per kelahiran diabaikan.
4.Jumlah cempe yang akan di hasilkan selama 2 tahun adalah : 20 induk x 2 cempe x 3 beranak = 120 ekor cempe.
5. Angka kematian 10%, sehingga diperkirakan kematian maksimal adalah sebanyak 12 ekor.
6. (satu) ekor kambing etawa diperkirakan menghasilkan 7,5 kg pupuk kandang per bulan. Kotoran dari cempe di kesampingkan. Asumsi harga pupuk kandang di pasaran Purworejo dan sekitarnya Rp. 200/kg.
7. (satu) ekor kambing etawa diperkirakan dapat menghasilkan urine sebanyak 30 liter per bulan, dengan asumsi harga urine di pasaran Rp.1500/liter.
8. Harga cempe mengacu pada kriteria kambing standart pasar Desa Pandanrejo, Kec Kaligesing,Kab Purworejo. Harga cempe kepala hitam istimewa dikesampingkan. Karena harga tersebut tidak dapat dijadikan acuan dalam perhitungan ini. Harga patokan di ambil kisaran bulan september 2009.
9. Biaya pakan di hitung per ekor sedangkan gaji operator ternak atau karyawan di gaji berdasar 22 ekor untuk satu orang
Gaji Karyawan / operator ternak di hitung berdasar jam kerja ( 2 jam ) dalam sehari sebesar Rp 500.000 per bulan dengan asumsi operator ternak hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dalam setiap harinya untuk membersihkan kandang dan memberikan Pakan yang sudah di beli ( tidak termasuk pembelian pakan )

A. INVESTASI TETAP

Kambing betina 20 ekor @ Rp. 3.000.000.
20 ekor x Rp. 3.000.000
= Rp. 60.000.000

Kambing jantan 2 ekor @ Rp. 4.000.000
2 ekor x Rp. 4.000.000
= Rp. 8.000.000

Kandang 2 unit @ Rp. 7.500.000
2 unit x Rp. 7.500.000
= Rp. 15.000.000

Peralatan kandang Rp. 1.000.000
Total investasi tetap:
Rp. 60.000.000 + Rp. 8.000.000 + Rp. 15.000.000 + Rp. 1.000.000 = Rp. 84.000.000

B. BIAYA PRODUKSI
Biaya pemeliharaan kambing induk (22 ekor)
Biaya pakan ternak = 2.500/ ekor / hari
22 ekor x 2.500 = Rp 55.000/ hari
Biaya dalam satu bulan = 55.000 x 30 hari = Rp 1.650.000
Biaya Pakan selama 24 bulan = Rp 39.600.000

- Gaji karyawan
Rp.500.000 : 30 hari 22 ekor
Biaya gaji selama 24 bulan = Rp.12.000.000

Total Biaya Produksi :
Rp 39.600.000 + Rp 12.000.000 = Rp 51.600.000

C. PROYEKSI PENDAPATAN

Penjualan cempe
108 ekor x Rp. 1.500.000
= Rp. 162.000.000

Penjualan induk afkir
20 ekor x Rp. 1.500.000
= Rp. 30.000.000

Penjualan pupuk kandang
7,5 kg x 12 bulan x 2 tahun x Rp. 200 x 20 ekor
= Rp. 720.000

D. REKAPITULASI PENDAPATAN

1. Biaya-biaya:

- Biaya investasi Rp. 84.000.000
- Biaya pemeliharaan selama 2 tahun Rp 51.600.000

Total biaya Rp. 135.000.000

2. Pendapatan;

- Penjualan cempe Rp. 162.000.000
- Penjualan induk afkir Rp. 30.000.000
- Penjualan pupuk kandang Rp. 720.000

Total pendapatan Rp. 192.720.000
Keuntungan yang bisa diperoleh adalah sbb:
Rp. 192.720.000– 135.000.000
= Rp. 57.120.000

Penghasilan per bulan
= Rp. 57.120.000 : 24 bulan
= Rp. 2.380.000

Dengan 20 ekor betina kita per bulan mendapatkan penghasilan sebesar = Rp. 2.380.000 Estimasi keuntungan tersebut belum termasuk kalau hasil cempe yang di keluarkan berkualitas super. Karena pada dasarnya harga cempe yang bener-bener super itu tidak ada batasan harganya . sebagai gambaran, penulis pernah menjual cempe jantan umur 3 bulan dengan harga 7,5 juta seekor.

jadi barometer penghasilan tersebut di atas adalah mengacu pada criteria terendah di pasar kambing etawa Desa Pandanrejo

dan estimasi ini berdasar waktu terpendek untuk mencoba dalam waktu produksi total tentunya akan memakan waktu selama 5 tahun yang akan menghasilkan perhitungan yang berbeda sebab investasi kandang akan berumur lebih dari 5 tahun .

Tags: analisa usaha, Analisa Usaha Budidaya Kambing Etawa, artikel kambing etawa, beternak kambing, budidaya kambing etawa, Gunung Kelir, Kambing Etawa, keuntungan beternak, management ternak, pengalaman, peternak etawa, peternakan kambing\, ternak, ternak kambing etawa

81 Responses to “Analisa Hasil Usaha Ternak Kambing Etawa”

  1. pokoke wes, pokoke… saya ikutan

  2. Hmmm…modale seharga 1 mobil…

  3. Waw, jane nek gelem tenanan bisa cepet sugih yo mas Totok? :lol:

  4. Kalo kita mau tenanan, jane isa cepet sugih yo mas Totok? :lol:
    -
    Komengku barusan ndotcome ngilang mas. lontoooooonggg… :D

  5. Mas, aku serius pengen melu ki.. oleh ra?
    Nek oleh mbok kirim msg nanti kita bisa diskusi..
    Suwun :)

  6. modale iku kang tekan ngendi??

  7. hmmm…modal sih bisa diusahain melalui kredit bank, cuma tempatnya yang agak susah…

  8. waduh, yakin dadi pengen.
    apa daya hidup di rantau orang sebagai kontraktor

    Teruslah berkarya karena Kerja Keras adalah energi kita

  9. walah, komentku keno sensor maning

  10. cuma nduwe kambing biasa

  11. samaaaa…. ikutan kang (money)(money)

  12. wakh hasil yang bagus nih

  13. wah, cukup menggiurkan, mas totok. pingin juga nyambi usaha yang menjanjikan ini. sayangnya, sudah tak ada sejengkal tanah pun yang tersisa. doh. makasih infonya, mas.

  14. mau lebaran qurban nih

    asyiiiiiiiik

    makan kambing lagi

  15. sejak seko gunung kelir.., sakjane aku pengin banget usaha kambing etawa…
    sayang duwik rung ono…

  16. cepat atau lambat harus kesampaian…

  17. hitungan BEP-nya mantab juga

  18. Lah kok pindah ning kene?? Opo memang sengojo digawe ning kene??

  19. wah njlimet sekali mas, itung2annya. tapi luar biasa deh analisisnya
    salam.

  20. Prospek yang sangat menjanjikan

  21. baca judulnya tadi aku kira, kambing ketawa.. >.<

  22. bagusnya di silangkan lagi dengan boer bos…jadinya boerawa,..sudah ada soalnya yg ternakkan di daerah jawa barat… hasilnya daginya dipastikan lebih banyak, tulangnya besar seperti etawa

  23. Number tlp nya mana

  24. kayaknya soal usaha kambing yang jago tuh daerah ketawang mas di sana dah brani usaha sapi.
    kalo aku belum pernah xixixixixi………

  25. Insya allah akan saya coba, walaupun tidak harus 20 ekor langsung….semoga berhasiiiil.

  26. mas,kmrn aku coba domba 19 ekor.belinya sih msh kecil jantan semua.pd saat kurban krg 1bln sdh laku smua dgn hsl yg memuaskan.saat itu kan kandangnya asal2an,trus skrg mau saya tembok keliling,ada nggak efek ke kambingnya ,,,,maturnuwun

  27. tambah semangat berternak nih, eh mas agus nurhadi, kambing bek sapi bedho loh, sapi suwi tp nek kambing cepat menghasilkan

  28. Mas, saya ada tempat 300m tapi dekat kampung/rumah, modal saya ada, cuma cari tenaga yang rawat memang susah. kalau ada tenaga yang serius dengan gaji spt yang sampean jabarkan saya siap mulai usaha

  29. Ternak kambing memang cepat,tapi pakannya yang susah,minta hijau2an melulu..kalo dikasih makan daun mahoni sering2 ada efek buruknya g ya?

  30. kirimi tah carane gawe tempate karo pakane
    BEN NDANG SUGIH
    MATHUR TQ

  31. Yth.Mas Tok,
    Saya berminat, menurut pengalaman tentunya ada kendala dalam perjalanannya, kira2 apa saja yang menjadikan masalah.
    Kemudian yang paling efektif berapa ekor ya, terus saya menawarkan kepada penggemar ternak kalau ada yang bersedia kerja sama, kami akan buat di Kab. SERANG. Terimakasih, Sugianto,081316358881

  32. mas tok saya beminat ternak kambing, tp saya belum punya pengalaman, saya minta alamat tempat magang pelatihan budidaya ternak kambing….terima kasih

    suro karjanto
    purwakarta-jabar

  33. Saya selalu menemukan kelayakan usaha atau analisis ekonomi itu lebih banyak yang kesimpulannya “layak” dan “menguntungkan”. Atau mungkin saja analisis yang hasilnya layak memang tidak harus dipblikasikan ya :)

  34. untuk analisis / kemungkinan kerugian kok gak dimasukkan ?
    karena semua usaha pasti ada kemungkinan kegagalan..

  35. Wis gek ndang diwiwiti mumpung masih booming ngko gek koyo bunga anthorium….

  36. boleh tu dicoba

  37. mitrasatwamandiri
    May 17th, 2010 at 10:53

    Maap gan numpang iklan,,,

    Kami menjual Obat-obatan hewan ternak dan hewan kesayangan dari berbagai produsen obat dan importir. Melayani grosir dan eceran untuk
    wilayah Banyumas, Cilacap, Brebes dan Tegal. HARGA TERJANGKAU!
    Kontak kami: 085221481571.
    Obat Scabies (budug, gudig), Vitamin, Perangsang napsu makan, Penggemuk dan pakan tambahan. Juga menyediakan bahan untuk fermentasi
    pakan ternak.

    Mitra Satwa Mandiri
    MITRA PETERNAK DAN PEDAGANG HEWAN!! Kontak kami: 085221481571
    - Obat scabies (gudig,budug) eceran mulai Rp.4000 -an
    - Mineral biasa dan premix (sapi, kambing, babi) mulai Rp 5000-an/kg
    - Vitamin B12 mulai Rp. 14.000 -an. Vitamin B-Complex mulai Rp 5.600-an

    Juga tersedia BERBAGAI OBAT HERBAL PERANGSANG NAPSU MAKAN dan OBAT PENGGEMUK.
    HARGA SANGAT TERJANGKAU!!

  38. menarik juga..

  39. maaf pak analisa ini tahun berapa, terus andai kita mau mulai ternak dimana saya bisa komunikasi dan bisa beli bibit

  40. peluang bisnis yang bagus…
    kunjungi juga blog saya di ichwana.blogdetik.com
    website kumpulan jurnal : http://repository.unand.ac.id

  41. Gan numpang iklan boleh,

    Assalamu’alaikum wr wb.
    Teman-teman kami menjual Jual Sapi Perah dan Kambing PE, lokasi desa
    Cibodas Lembang, Bandung. Bagi yang berminat bisa hubungi kami di :022
    7515 4432. Terima Kasih

  42. maturnuwun kang informasine

  43. mas tlg informasi pelatihan peternakan kambing, dan gimana caranya kalau kambingnya mau dibawa ke sumatera

  44. nek nang daerah pesisir cocok ora … (daerah bugel) soale daerah panas

  45. bth modal yg cukup besar.bagaimana dgn kami yg kecil .apakah kambing ini hanya untuk yang bnyk uang.ini adalah perhitungan bukan dari golongan saya.saya sedang berdoa menjelang tidur untuk bermimpi menjadi juragan kambing bermodal doa dan bantuanNYA………

  46. itu hanya analisa mas jadi anda juga bisa memulai dengan analisa skala kecil
    analisa itu kan bukan hal yang siap di makan semua perlu di masak dan di pahami
    sedangkan kelas kambing nya juga ada yang berharaga cuman 500 ribu kok bergantung kepandaian anda menalarkan nya
    siapapun bisa asal mau berfikir jernih bukan sebagai pemalas nek hanya berputus asa melihat angka analisa yah bisa jadi nggak bakal maju bro

  47. minta artikelnya ya buat tambahan ilmu
    http://www.aishachantik.wordpress.com

  48. bisnis yg sangat menggiurkan
    bagaimana tidak hoby sekaligus investasi
    ibarate atine seneng ketele yo ra njomplang..

    ‘walaupun kecil2lan saya jg uda ngerasain
    pokok nya tidak kecewa’

  49. boleh dicoba gan…..sangat mengasyikan pastinya

  50. mas q melu promosiya kie q due peternakan kambing jawa randu…

    5blan-1th kedepan q pan ternak kambing etawa..sing kaya mase ternak emen omsete luwih akeh.. men cepet sugih

  51. Mas mau nanya, kalau didataran tinggi seperti kledung temanggung (diatas 1000 m) baik tidak untuk perkembangan etawa, kendalanya dan efek daerah dingin apa terhadap kambing etawa?
    Kalau pesan kambing indukan kemana?

    Matur nuwun

  52. Selamat ya om Totok , tambah sukses aja usaha peternakannya , kapan ada waktu mau belajar ternak kambiong PE , analisa usahanya menggiurkan untuk di uji coba

    ttd

    Suryadi
    { Cangkreplor }

  53. modal ya kegedean mas…

  54. copy juragan…

  55. opo iyo to…. dadi ingin ngingu wedus aku.

  56. Suatu pencerahan..
    Trm ksh mas..

    Apakah ada perhitungan yg lbh update??

    Atau adakah tawaran utk kerjasama/investasi mas??

  57. Saya akan coba,sebagai bahan infi letak geografis daerah saya di ketinggian 900 dari permukaan laut apakah cocok untuk beternak etawa ?

  58. mas saya ingin bget trnak kmbing, gimna sululi yg mas berikan pda sya ,
    hub 081945095677,

  59. 20 wedhus = 30 juta…?? wedhus opo kui? ck..ck.. ck…
    terdengar mudah tapi sulit diraih.. :(

  60. WASPADA ! DENGAN DISAKSIKAN TUHAN ALLAH SWT. SUKIJO GUNUNG PENTUL, KARANGSARI, PENGASIH TENAGA BENGKEL SEPEDA MOTOR UTARA MASJID AGUNG WATES ADALAH PENADAH DAN PEMAKAI BARANG-BARANG CURIAN, KERUGIAN PARA KORBAN MENCAPAI 75 JUTA RUPIAH. PENGIRIM BERITA PAIJO INTEL

  61. kabarnya etawa sekarang harganya turun terus perkembangan budidayanya gimana

  62. Ass..
    Pa Santoso,ni Rusman d indramayu,mski trlmbat tp gk pa2 dripda gk sma s’x…
    Sy trtrik bddya kmbing etawa,tp sy trbntur mdl tk bl kmbing’y sdngkan lhan ckp luas,gmna kl kt brmitra sy siap mngurus n merwat.. Kntk sy 083824035270 mksh..

  63. Hrga msh trun..? S’da da kbr knaikan blm mas…

  64. SUPLEMEN ORGANIC CAIR (SOC)
    Sangat cocok digunakan untuk seluruh jenis hewan, bisa dengan dicampur ke minuman atau untuk fermentasi pakan
    SOC (Suplemen Organik Cair) mutlak diperlukan untuk setiap langkah-langkah aplikasi agar hasil bisa maksimal.
    SOC adalah Nutrisi Bio Organic yang dikembangkan oleh PT HCS untuk mendukung terwujudnya Peternak Andalan dan Sukses.
    Sedangkan manfaat SOC untuk hewan ternak adalah :
    • Menyehatkan ternak.
    • Mengurangi biaya produksi dan pemeliharaan
    • Mengurangi stress dan menambah daya tahan terhadap penyakit
    • Meningkatkan Antibodi pada ternak
    • Menyeimbangkan microorganisme dalam rumen hewan dan meningkatkan nafsu makan
    • Mempercepat pertumbuhan ternak
    • Meningkatkan kesuburan dan meningkatkan produksi daging
    • Mengurangi angka kematian pada anak Ayam
    • Mempertinggi kwalitas pada telur
    Selengkapnya kunjungi http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html

  65. METHODE PRAKTIS PENGGEMUKAN KAMBING GIBAS.
    PT HCS memberikan methode praktis melalui pelatihan GRATIS untuk penggemukan kambing gibas. Sudah banyak yang telah membuktikannya dan hasilnya memuaskan. Bukti di lapangan setelah mengikuti petunjuknya, penambahan berat badan rata-rata 2.5 kg – 3.2 kg per minggu. Ternak kambing dari berat 18 kg – 20 kg dalam waktu 3 bulan (siap jual) berat badannya bisa bertambah 30 kg s/d 39 kg. Luar biasa. Selengkapnya kunjungi http://hcssukses.blogspot.com/p/peternakan.html

  66. ternak kambing etawa salah satu Peluang usaha menjanjikan yg patut dipertimbangkan nih! Tq artikelnya

  67. MAU TERNAK KAMBING YANG NDAK PERLU NGARIT, NDAK PERLU TANAM RUMPUT, KOTORAN NDAK BAU. KAMBING MAKAN NDAK PERNAH KENYANG, MAU MAKAN APA SAJA. BIAYA OPERASIONAL MURAH, UNTUNG BESAR, PELATIHAN GRATIS. INFO HUB: MAS DWI, KEBUMEN, HP. 081915014300.

  68. mboten cucok sama modalnya om……………BELUM CAPEKNYA BELUM OBATNYA … HADUH……..

  69. wah sukronn inponaa

  70. Tempat menjual urine kambing,tau ngga gan alamatnya.trims.

  71. wkk

  72. keuntungan apa sajak yang kita dapat dalam beternak kambing

  73. Thanks gan infonya

  74. pak pakan/rumputnya beli dimana?kalau musim kemarau pripun?
    tlong di jawab ngeh pak.
    saya dri desa hargorojo brminat brternak kambing

  75. modal ada,tempat ada tinggal pengalaman ternak yg belum ada,

  76. boleh minta no hpnya pak,tertarik mau usaha kambing,thx

  77. Thanks infonya bermanfaat sekali,…
    salam sukses gan.

  78. Gan no hp nya ada ga???

  79. It was hard for me to find your posts in google. I found it on 20 spot,
    you should build some quality backlinks , it will help you to increase traffic.
    I know how to help you, just type in google – k2 seo tricks

Trackbacks/Pingbacks

  1. Galeriukm | Direktori Usaha Kecil Dan Menengah Indonesia» Peternakan » Analisis Usaha Ternak Kambing Etawa
  2. Analisa Hasil Usaha Ternak Kambing Etawa | Tani Ternak

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>