Melanjutkan tulisan saya mengenai Batik Tanjung Bumi di tulisan sebelum nya yang sedianya adalah merupakan sebuah pertanyaan yang terlontar saat saya menjadi pembicara di sebuah seminar yang di Selenggarakan oleh Id Blognetwork dan Komunitas Blogger madura yang bernama Plat M di Bangkalan Madura

Menggelitik sekali akhirnya saya mencari tahu tentang Batik Khas Madura ini kemudian membuat saya ingin tahu lebih jauh mengenai keunikan Batik Tanjung Bumi ini

Batik itu sendiri sebenarnya memang sudah menjadi pakaian tradisional yang menasional hampir di setiap acara besar bahkan di hari hari tertentu orang seperti wajib mengenakan batik.

Di Indonesia banyak sekali motif dan corak serta warna batik yang tentunya memiliki kesan filosofis dan penggambaran keseharian dimana asal batik tersebut.

Batik Khas Madura ini seakan memiliki makna filosofi yang luar biasa di samping pembuatan nya yang lumayan susah dan unik , Batik Tanjung Bumi seperti menggambarkan kehidupan keberanian masyarakat madura.

Batik Tanjung Bumi ini berasal dari sebuah kampung nelayan di sudut Bangkalan konon butuh kesiapan ekstra untuk mencapai wilayah ini karena akses jalan menuju tempat ini lumayan susah dan sebenarnya tempat ini wajib di kunjungi bagi para wisatawan penggemar batik.

Istimewanya batik tanjung bumi adalah memiliki warna yang mencolok , hal ini menjadi ciri Batik Khas Madura yang terkenal pemberani dalam memadukan pilihan warna.

Karakteristik lain dari Batik Khas Madura yang terkenal dengan sebutan Batik Tanjung Bumi ini adalah seni corak dan motifnya yang menggambarkan aktifitas nelayan serta hewan hewan yang di temui saat melaut, memang sebagian warga tanjung bumi adalah seorang nelayan yang handal.

Seni Batik Tulis yang menjadi Batik Khas Madura ini biasanya di kerjakan oleh para perempuan istri seorang nelayan yang di setiap goresan nya memaknakan kesetiaan sang istri terhadap suaminya.

Dalam goresan goresan seperti menyimpan kerinduan seorang istri saat di tinggal suaminya melakukan aktifitas pekerjaan nya menjadi nelayan maka tak heran seni batik khas Madura ini di kerjakan secara turun temurun oleh masyarakat Tanjung Bumi dan di kerjakan saat senggang sambil menanti sang suami pulang kerja, maka tak heran jika Batik Tanjung Bumi ini prosesi pembuatan nya memakan waktu yang cukup lama dan sudah barang tentu memiliki harga yang mahal karena di dalam nya terkandung saat berdoa untuk keselamatan sang suami dalam bekerja.

Jadi terasa kurang lengkap koleksi batik anda jika belum memiliki Batik Khas Madura yang terkenal dengan sebutan Batik Tanjung Bumi

 

Tags: , , , , , , , ,

13 Responses to “Batik Khas Madura”

  1. Makasi DSLR-nya mas.. Maaf klo jelek hasilnya, baru belajar.. 😀

    #Blogilicious Madura 2012

  2. oh tak menyangka sedalam itu filosofi sebuah batik. terutama batik tanjung bumi yang diulas. makasih, mas. ini memberikan nilai tambah buat saya

  3. batik…, sebuah khasanah budaya yang kaya nilai…

  4. sudarto siswosumarto
    July 19th, 2012 at 14:43

    Batik Madura dulu Norak skr dicari dan sudah banyak dikenal masyarakat kita skr
    sebagai batik yang berani menampilkan warna2 yang kontras dalam satu lembar kain batik. Baik batik tulis maupun batik cap.

    bravo >>>>

  5. Jadi penasaran. Kayak apa sih penampakan batiknya?

    Salam persahablogan,
    @wkf2010 😉

  6. ayo mas. buka toko kambing etawa di madura

    di madura juga banyak pengusaha kambing kok 😀

  7. Aku punya cerita soal batik Madura
    masih di draft
    Tunggu yah mas 😀

  8. Batik Tanjung bumi memang lebih miyayeni dengan motif-motif klasiknya…

  9. terimakasih infonya mas bro… batik madura memang bagus-bagus dari corak warna yang dipadukan dan motifnyapun tak kalah dengan batik lainnya.

Trackbacks/Pingbacks

  1. BATIK KHAS MADURA « Batumarta VI
  2. Harga Kambing Terbaru 2012 | www.KambingEtawa.org
  3. Kisah Sukses Anak SMA | www.gunungkelir.com
  4. kopi khas bogor simbol persahabatan | Gunungkelir

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>