Beberapa saat lalu saya sempat membaca tentang sebuah institusi pendidikan non formal yang menyelenggarakan pelatihan scenario  yang di asuh oleh banyak ahli professional di bidang tersebut.

Tentu sebuah wacana yang menarik serta merupkan solusi terbaik pagi semua teman teman yang ingin memperdalam ilmu serta menambah wawasan dalam bidang scenario dan semua hal yang berhubungan dengan hal tersebut.

Satu hal yang lebih terasa akan familiar karena ternyata ada Mbak Luvie Melati yang selama ini saya kenal sebagai sahabat Blogger , Pluker , Facebook rupanya beliau menjadi salah satu pengajar di sana  yang tentu saja akan menjadi lebih gampang untuk berkonsultasi.

Melongok sejarah berdirinya tempat belajar yang merupakan Institusi ini memang cukup panjang sejarahnya karena Institusi ini berdiri di dasari dari sekumpulan penulis sekenario yang tergabung di Klub Penulis Sekenario dan di prakarsai oleh Perdana Kartawiyudha pada 2 April 2007 kemudian sejarah panjang nya dapat di baca di sini hingga pada  akhirnya resmi menjadi satu institusi non formal yang memiliki program pendidikan dalam bidang secenario dll

Berikut sekilas kutipan tentang Serunya Scriptwriting

Serunya Scriptwriting adalah pusat pelatihan dan pengembangan skenario untuk media audio-visual. Kami berusaha mengakomodasi kebutuhan (calon) penulis skenario untuk menghasilkan karya terbaiknya dengan menyediakan berbagai macam pilihan:

  1. Kegiatan (Seminar, Konsultasi, Workshop, Agency, Komunitas)
  2. Program (Film Bioskop, Film Televisi, Film Pendek, Dokumenter, Program TV non drama, Serial Televisi, Sitcom)
  3. Tutor/Konsultan (Salman Aristo, Aris Nugraha, Armantono, Dennis Adishwara, Rayya Makarim, Abduh Aziz, Donny Akbar, Titien Wattimena, dan juga para ahli dari bidang di luar skenario ataupun film)
  4. Media Komunikasi (Tatap muka, online)

Kegiatan di atas berlangsung dari hitungan jam sampai bulan. Materi yang dididiskusikan oleh tutor/konsultan bersifat praktis dan aplikatif. Khusus bagi lulusan workshop skenario otomatis menjadi anggota Alumni Serunya dimana mereka akan mendapat prioritas informasi dalam hal bursa kerja, pelatihan, kompetisi, dan kegiatan-kegiatan lain yang berhubungan dengan penulisan skenario.

Kami berharap agar semakin banyak individu atau instansi bidang media audio-visual (terutama penulis) bisa mengikuti kegiatan ini sehingga bisa dihasilkan lebih banyak produk audio-visual yang mampu mengakomodasi kepentingan setiap pihak yang berhubungan dengannya (penulis, produser, sutradara, sponsor, investor, penonton, dll).

Nah akan lebih detail dan lebih mengerti tentang Institusi tersebut  silahkan kunjungi  di www.skenario.org

Tags: cara belajar scdenario, cara membuat scenario, Gunung Kelir, Kambing Etawa, memandang, membuat scenario cerita, menulis, pelajaran tentang skenario, pengalaman, penulis, Project, scenario

27 Responses to “Belajar Skenario”

  1. aku pengen

  2. worship dah, di review bos kelir

  3. Ikuuuttttttt

  4. aku belajar kang.. ajarono yo… :D

  5. bikin lomba yuk… :D

  6. ayo bikin pilem pendek

  7. pengeeen…

  8. yuuuuuuk…D

  9. yuk.. sama2 belajar bikin skenario.. :D

  10. aku malih pengen

  11. ikutan gabung aku…

  12. hai….

  13. Plurker kabeh kiye…

  14. melu…melu…aku emtuk melu po ora?

  15. Wah sedelok meneh kowe dadi sutradara film Epitaph kang :)

  16. filem biru?

  17. film tanpo skenario, ajar karo senoaji (lmao)

  18. wah bisa bukin skenario baru untuk eNdonesia neh..!

  19. mau dong ikutan belajar

  20. salut satu wacana baru mas

  21. wah, makin mantab, mas totok. di tengah kesibukan, masih sempat2nya ikutan belajar penulisan skenario. jangan lupa saya dijawil kalau ingin memproduksi film atau sinetron, mas, hehe ….

  22. kapan – kapan lirik ampah juga(kalteng) kalau main bikin film..heehehee

  23. Disadari sebuah film yang bagus didasari oleh penulis skenario yang baik, sehingga memudahkan sutradara untuk mengadaptasikan ke dalam bentuk filmnya, adegan2 nya.

  24. salam sobat
    saya juga pingin belajar skenario.
    ok saya kunjungi http://www.skenario.org.

  25. … pengetahuan baru yg belum pernah dicoba, thanks ea info’a.

  26. thanks atas infonya,,, jdi tambah penetahuan

  27. yaahhh ketinggalan ni informasinya ..

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>