Donorejo LongsorKamis dini hari warga Kayugulo dusun Denansri desa Donorejo kecamatan Kaligesing di kagetkan oleh longsornya tebing setinggi kurang lebih duapuluh meter.

Tebing yang oleh masyarakat sekitar sering dinamai gunung Keseneng itu terdiri dari batu kapur yang menjulang dan berdiri di perbatasan tanah warga dan perhutani.

Fonomena longsornya tebing ini dimungkinkan karena hujan yang beberapa hari mengguyur wilayah desa Donorejo beberapa waktu lalu.

rengkahan donorejosakjane rendeng wingi wis gugruk tur rengkah ning ra parah njur udan taun iki njur bengkahe dadi ombo”(sebenarnya musim penghujan tahun kemarin sudah retak longsor tapi tak terlalu parah kemudian tahun ini rengkahan menjadi lebar) ujar Sumadi salah satu warga yang rumahnya juga terkena dampak rengkahan.

bencana DonorejoRengkahan batu yang longsor kemudian menancap kedalam tanah ini mengakibatkan retak tanah sepanjang kurang lebih limaratus meter dan sempat mengakibatkan satu rumah warga terangkat, serta menimbulkan ledakan mata air di beberapa titik, hal ini mungkin disebabkan adanya sungai dalam tanah yang tersumbat oleh rengkahan batu.

Ada sekitar lima keluarga yang terkena dampak bencana longsor tebing ini dan satu rumah yang terpaksa dibongkar karena kondisinya sangat parah terkena sembulan tanah, namun tidak ada korban jiwa dalam bencana ini.

nggih untunge mpun meh isuk leh kedadean dados mpun sami sigap” (untungnya sudah menjelang pagi jadi sudah terjaga saat terjadi bencana) ujar Kasman ketua RT.

BPBD purworejoBencana yang menimpa warga Kayugulo, Donorejo ini langsung tertangani secara gotong royong oleh warga Donorejo disamping juga peran BPBD Purworejo yang langsung sigap datang ke lokasi bencana dan memberikan bantuan beberapa alat standart kebutuhan darurat bencana.

Donorejo yang memiliki letak geografi di atas pegunungan kapur memang memungkinkan menyimpan sungai sungai bawah tanah serta cukup rawan pada bencana tanah longsor.

Kondisi trauma masih di alami beberapa warga yang terkena dampak secara langsung, umumnya masih merasa ketakutan apalagi melihat rengkahan tanah yang lebar dan memanjang, warga memiliki kekawatiran apabila tanah sempat bergeser yang akan mengakibatkan runtuhnya rumah tinggal mereka.

Donorejo Longsorlokasi bencana masih ramai karena warga sekitar masih berduyun duyun menyaksikan longsoran yang terjadi di tebing gunung Keseneng, dusun Denansri tersebut, hal itu disebabkan karena fonomena air yang muncul di beberapa titik meyembul ke atas tanah akibat longsornya tebing tersebut.

warga sekitar bencana berharap tak terjadi hujan susulan secara terus menerus hingga tak berdampak longsoran tambahan.

Sampai saat ini warga masih siaga dan berjaga sebab masih memungkinkan ada longsor tambahan apabila tebing terguyur hujan terus menerus.

Tags: , , , , , , , ,

7 Responses to “Bencana longsor di Donorejo”

  1. semoga semuanya diberi kesabaran ya kang..

  2. iya mas terima kasih untuk doanya

  3. Semoga dimudahkan dan diberi ketabahan bagi yang terkena bencana. Gunungkelir, Donorejo, Kaligesing, Kaligono adalah tempat hati dan kenanganku tinggal. 😉

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

  4. Kesigapan warga untuk segera membantu, patut diacungi jempol

  5. alhamdulilah, sudah tertangani,… gotong royong untuk siaga bencana

  6. MElihat kondisinya sangat memprihatinkan sekali ya mas, mudah mudahan tidak akan ada lagi bencana longsor dan buat semuanya sabar ya ,,

  7. usahakan jangan bikin rumah deket tebing

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>