Jelajah MenorehMenjelajah di perbukitan menoreh akan menemukan pedesaan yang memiliki potensi wisata alam yang indah, sebut saja Desa Donorejo.

Desa yang terletak di perbukitan menoreh, dengan ketinggian antara 800 meter dpl ini memiliki jumlah penduduk kurang lebih 3800 jiwa.

Desa Donorejo ini masuk di wilayah Kec Kaligesing, Kab Purworejo, Prop Jawa Tengah yang berada di perbatasan dengan Desa Jatimulya, Kec Girimulya, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Potensi Wisata unggulan yang dimiliki oleh Desa Donorejo sebagai Desa Wisata adalah Wisata Alam cagar budaya seperti Goa Seplawan, Sumur Tegasih, Watumejo, Makam Pangeran Tejo Amangkurat.

Goa Seplawan sebagai salah satu tujuan wisata memang memiliki kelebihan dibanding Goa Alam lainya disamping keindahan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk indah dari endapan kapur menghias dinding Goa namun disebalik keindahanya menyimpan Misteri budaya dan sejarah peradaban jaman dahulu yang belum terungkap seluruhnya.

Tanggal 28 Agustus 1979 didalam Goa Seplawan ditemukan kendogo atau patung emas yang sering disebut Arca Kencana seberat 1,5 kg, sebagai penggambaran Dewa siwa dan Dewi Parwati.

goa seplawanTersebutnya Wisata Goa Seplawan menjadi salah satu wisata cagar budaya karena disamping keindahan alam sekitar serta eloknya pemandangan ruang goa, Goa Seplawan memiliki misteri peninggalan peradaban masa silam dengan ditengarai adanya Lingga Yoni serta ditemukannya batu berserak yang memungkinkan bahwa dimasa lalu adalah wujud sebuah bangunan.

Disamping wisata alam Goa Seplawan potensi wisata alam lainya masih banyak yang belum terangkat ke permukaan, daerah ini juga memiliki banyak goa yang juga menjadi wisata penelitian dan pendidikan tentang Goa alam.

Kontur pegunungan yang hijau dibalut pepohonan pinus milik Perhutani serta asrinya pepohonan milik perkebunan warga Desa Donorejo membuat udara Desa Wisata Donorejo kaya akan kesejukan dan oksigen.

goa seplawanMasih dalam wilayah Desa Wisata Donorejo terhampar juga tebing batu yang menjulang dan sering dikenal sebagai Gunungkelir karena menyerupai kelir (background) yang memutih dalam seni pedhalangan.

Desa Wisata Donorejo yang berada di atas Gunung Kelir memanjang memungkinkan sekali kita melihat Golden Sunrise seperti diatas  gunung sikunir Desa Sembungan.

Jalan perhutani dan lingkungan pedesaan yang asri juga merupakan surga bagi penggemar wisata bersepeda downhill atau mountain bike.

Tak hanya pesepeda saja anda yang memiliki hoby trabas atau menjelajah menggunakan kendaraan Trail ataupun Trial akan dimanjakan oleh lika-liku jalan tanah disela perkebunan dan hutan yang menantang adrenalin.

Tak hanya wisata alam yang indah dan menyenangkan namun Desa Wisata Donorejo juga memiliki potensi Agrowisata yang melimpah.

Tanah subur yang dimiliki Desa Donorejo membuat desa ini menjadi kaya akan tumbuh-tumbuhan Desa Wisata Donorejoyang menjadikan hasil pertanian menjadi bagus.

Desa Wisata Donorejo yang memiliki penduduk mayoritas petani ini mampu menghasilkan agro wisata yang banyak dengan hasil alam seperti cengkih, kopi, panili, kakao serta hasil perkebunan lainya.

Desa Wisata Donorejo juga memiliki pengrajin Gula Kelapa yang organik sebagai salah satu aset ekonomi penopang perkembangan penduduk Desa Donorejo.

Kekayaan Agrowisata Desa Donorejo juga ditopang oleh hasil Peternakan Kambing Etawa yang juga merupakan unggulan Ternak Kab Purworejo, Propinsi Jawa Tengah.

Akses Jalan menuju Desa Donorejo dari Kab Purworejo maupun dari Yogyakarta yang semakin hari terus diperbaiki makin menunjang kemudahan akses perjalanan menuju Desa Donorejo.

Kambing EtawaSebagai Desa Wisata maupun Agrowisata Desa Donorejo juga mempercantik diri dengan kelompok-kelompok sadar wisata juga berhias dengan kelompok kelompok budaya yang ada di Desa Donorejo.

Paguyuban sanggar Budaya Krawitan, Kethoprak, Campursari, Pedhalangan “Langen Budoyo” masih menggeliat bergerak aktif sebagai pelestari budaya dikawasan Donorejo.

Tak ketinggalan pula seni tari yang tergabung dalam Paguyuban Bekso Langen Budoyo, Kuda kepang atau sering disebut Jathilan, Campur Asih dan Turonggo Adi Putro juga melengkapi geliat masyarakat Desa Wisata Donorejo.

Tak hanya menggarap seni kreasi baru namun Desa Donorejo juga masih melestarikan seni Budaya Tari Dolalak sebagai kesenian khas asli Kec Kaligesing.

Masih banyak Ritual desa yang juga merupakan Kekayaan Wisata Budaya Desa Donorejo yang pasti akan menjadi hiburan serta menjadi tujuan wisata namun saat ini Desa Wisata Donorejo sedang bersiap dan berbenah untuk menjadi surga wisata desa.

Tak perlu ragu untuk datang ke Desa Wisata Donorejo sebagai tujuan wisata akhir pekan anda karena ndolalak purworejoselain menjanjikan relaksasi dan rekreasi alam,budaya anda juga bisa merenangi dunia maya dengan fasilitas free hotspot yang ada di kawasan Gunungkelir yang tentunya tetap memungkinkan anda yang berada di atas gunung akan terhubung dengan luasnya Dunia Maya.

Selamat Datang di Desa Wisata Donorejo.

 Tracking menuju Desa Donorejo

Dari Yogyakarta

Terminal Giwangan-menuju terminal Kentheng Nanggulan –ke barat menuju Pasar Jonggrangan desa Jatimulya- sisi Goa Kiskendho- Desa Tlogoguwo masuk ke Desa Donorejo.

Dari Purworejo

Menuju Kec  Kaligesing, via Cangkrep –Brenggong –Plipir-Kaliharjo-Kaligono – sisi jalan ke Curuk Siklotok –masuk ke Desa Donorejo

Kedua Rute ini memungkinkan untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

9 Responses to “Desa Wisata Donorejo”

  1. wah mantafff. semoga diberi kesempatan berkunjung ke sana

  2. keren ya, sepertinya wajib dikunjungi. tapi kok di desa saya sering ada dolalak dari purworejo, penarinya seksi2 bin erotis2 puolllll semakin malam katanya semakin hotttttt

  3. Sekilas melalui wilayah Kaligesing, jalan dan pemandanganya sangat exotis…kambing Etawanya yg mendunia sgera di patenkan biar ga dicuri negara tetangga…agrobisnisnya sgera di telusuri….dll…daerah yg layak dikunjungi bagi penggiat dan yg mau belajar sosekbud…

  4. wah potensial sekali wisata di Desa Donorejo

  5. Keren mas. Semoga wiasatawan banyak datang sehingga meningkatkan pendapatan penduduk.

Trackbacks/Pingbacks

  1. Profil Wisata Donorejo | Arca seplawan
  2. Profil Desa Wisata Donorejo | Arca seplawan
  3. Travel Dialog Pariwisata Purworejo | Gunungkelir
  4. Gunungkelir Adventure | Gunungkelir

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>