Dimanakah Gunung Kelir…..?

dsc00450adalah sebuah pertanyaan yang sering muncul di antara sahabat dan beberapa teman .

Memang banyak daerah yang memiliki kesamaan nama dengan Gunung Kelir ,contohnya di daerah wonosobo ada juga Gunung Kelir, didaerah Semarang ada juga Gunung Kelir. namun Gunung Kelir yang tertera sebagai judul Blog ini adalah salah satu daerah yang berada tepat di perbatasan Jogjakarta dengan Purworejo, tepatnya di sepanjang perbukitan Menoreh yang melintas dari Magelang hingga mendekat pantai selatan.

Sebenarnya nama Gunung Kelir itu di pakai oleh sebuah dusun di daerah Kelurahan Jatimulya ,Kecamatan Girimulya , Kabupaten Kulon Progo.

Sedang kenapa di sebut Gunung Kelir ,menurut cerita asal usulnya karena ada sebuah lereng yang memiliki ketinggian atau tebing yang di curam dengan dasar warna putih yang disebabkan karena dinding tebing tersebut terdiri dari batu putih yang menjulang hingga menyerupai Kelir ( Background ) yang di pakai para dalang wayang kulit

Di Lintasan Koordinat S7 45 44.0 E110 06 52.5 tepatnya di dusun Tlogosirah ,RT 07 RW 01 Katerban,Desa Donorejo,Kec Kaligesing,Kab Purworejo , disinilah rumah dusunku berdiri.

Kawasan yang tinggi dan dingin lengkap dengan kesejukan dan luasnya pandangan yang menghampar.

Lokasi wisata Goa Seplawan yang Indah dan alami juga terletak tak seberapa jauh dari rumahku sementara Goa yang lain seperti Goa Kiskendho ,Goa Semar dll , sementara beberapa keunikan seperti Watu Blencong , Watu Mejo juga terpampar di sekitar bukit Kelir .

Udara yang segar serta pemandangan yang indah di sekeliling Gunung Kelir menjajikan kesegaran yang akan melepaskan kepenatan yang terbawa di benak anda dan bila berkenan singgah di rumah dusunku anda tetap bisa Online dan ngeblog hahaha ……...( BW saya sediakan gratis ….baca juga Gunung Hotspot….)

Watu Blencong adalah Batu yang menyerupai lampu di dalam pementasan wayang ( Lampu yang menyorot ke Kelir pewayangan ) .

Sedang Watu Mejo adalah Batu bulat yang menyerupai meja untuk persembahan ,namun ada dua versi yang muncul dalam sejarah Watu Mejo ,versi yang pertama menyebutkan batu tersebut konon di buat untuk meletakkan persembahan para dewa dewa ,namun ada yang menyebutkan batu tersebut di buat para alim ulama untuk sebagai tempat bermusyawarah para alim ulama termasuk Sunan Geseng dan para aulia yang lain.

Wisata yang sedang berkembang dan menarik di lingkungan saya memang banyak namun pesona Goa Seplawan masih mendominasi yang lain , karena sejarahnya di Goa tersebut dulu di temukan Patung Emas seberat 3 kilo gram yang akhirnya di bawa ke musium Jakarta.

Namun situs sejarah serta peninggalan yang lain seperti bekas tungku dan peninggalan peradapan masa silam jelas tergambar di lingkungan Goa Seplawan.

” Kalau Pak Sawali Menulis tentang Negeri Kelelawar di Goa inilah dulu kerajaan Kelelawar “

sebenarnya banyak cerita tentang Goa Seplawan namun karena terlalu banyak versi silahkan kunjungi saja Keindahan Goa Seplawan ini.

Menuju ke Goa Seplawan berarti anda melintasi perbukitan Menoreh yang berarti juga melawat ke Gunung Kelir ( dimana rumah dusunku berada )

Bila Kejenuhan menjelang dan Kepenatan memuncak taburkanlah dan Uraikanlah di Gunung Kelir .

Untuk Yang berkenan belajar beternak kambing etawa tidak ada salahnya jika anda juga singgah di rumah dusunku dan bercengkrama langsung dengan peternak dan boleh juga sama Kambing hahahaha.

kedepan memang kepingin sekali mendirikan suatu tempat pendidikan atau sarana bertukar wacana tentang Kambing Etawa , namun masih belum memiliki kemampuan yang lebih dalam bidang ini, namun jikala anda juga berkenan dengan fasilitas seadaanya silahkan saja datang dengan gratis untuk menginap dan tinggal di rumah dusun saya …….( Bersama Kambing hahahah )

Namun saat ini silahkan yang memiliki keinginan belajar tentang Kambing Etawa atau sekedar berwisata sekaligus menambah wacana , kami juga memberikan tempat se adanya .

Ada beberapa jalur yang bisa di tempuh untuk menuju ke Gunung Kelir ( Dot ) com .

Dari Arah Purworejo kota :

jika anda dari kota purworejo dan di perempatan pantok atau jalan Jend Ahmad Yani di sana anda akan melihat patung WR Soepratman ( pengarang lagu Indonesia Raya yang berasal dari Somongari Kec Kaligesing ) perhatikan patung tersebut , maka anda melihat tangan kiri memegang biola dan tangan kanan menunjuk ke arah Rumah saya ( Ding ….BuZZ BuZZ)

Ikuti jalan yang mengarah ke Timur , dan menuju arah Kec Kaligesing , bila sudah sampai kota Kec Kaligesing anda terus ke arah timur dan akan mendapati pertigaan , kemudian ambilah ke arah kanan menuju Goa Seplawan ( maaf jalan agak menanjak dan sedikit buruk karena lama aspal rusak ) ,tapi jika anda takut jalan yang terjal anda bisa mengambil arah lurus ke Desa Pandanrejo ( tempat pasar kambing Etawa ) ,dan setelah sampai Desa Pandanrejo anda dapat mengambil arah ke Goa Seplawan .jika sudah sampai di Desa Donorejo anda akan melihat salah satu bukit yang lebih tinggi dan bertengger di sana beberapa Tower dari operator GSM dan tower ISP yang menjulang. disitulah Rumah dusunku berada ” SELAMAT DATANG”

Dari Arah Wates ,Kulon Progo kota :
Anda ke arah utara menuju Kec  Pengasih ( wisata pemandian sendangsari ) Clereng , anda akan melewati beberapa Desa lengkap dengan indahnya pemandangan di sekitar jalan menuju desa Jatimulya ,melalui jalur ini anda melewati jalur di bawah tebing Gunung Kelir, hingga sampai arah Goa Kiskendho anda tinggal mencari arah selatan ke jalan yang menuju Goa Seplawan ….. Sampai Di Rumah ku juga

Dari Arah Wates ,Kulon Progo kota :

Dari arah pusat kota jogjakarta anda akan menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit menuju rumah saya, melewati jalan Pintas , dari pusat jogja kearah barat menuju Godean atau bila anda mengelilingi Ring Road jogja anda akan menemui perempatan Demak Ijo ( Asrama Tentara ,Batalyon 403 ) .silahkan mengambil arah barat menuju Godean ,setelah sampai Godean anda lurus kebarat dan menuju pasar Nanggulan setelah melewati lampu merah perempatan Kenteng , silahkan lurus terus ke barat dan mengikuti jalur yang ke arah Jonggrangan dan anda akan sampai juga ke arah Goa Kiskendho , sesampai di lokasi ini anda tinggal menuju arah Goa Seplawan 5 menit sampai juga ke rumah saya ” Monggo Pinarak Mampir “

Dari Arah Magelang kota :

dari arah Magelang berarti sama dari arah Semarang , anda silahkan memilih melalui Purworejo atau melalui Muntilan setelah melintas Candi Borobudur anda tinggal melanjutkan perjalanan ke arah selatan menuju Kulon progo yang akan melewati jalan yang ke wisata Sendangsono ( Goa Maria ), namun anda mengambil arah sampai ke perempatan Nanggulan , sesampainya di perempatan anda tinggal mengambil arah pasar dan ikuti jalur yang sama ketika dari arah jogjakarta ……………Sampai juga di Gunung Kelir. “Sugeng Rawuh”

atau anda bingung dengan penunjukan arah route tersebut silahkan anda membeli GPS dan masukan saja Koordinat S7 45 44.0 E110 06 52.5 maka beberapa satelit akan menuntun anda sampai halaman rumah saya .

Akses jalan menuju rumah saya hanya bisa di gunakan untuk Truck , Mini Bus ,Mobil Roda 4 ( segala jenis termasuk sedan dll asal produksi tahun 1990 ke atas karena tanjakan ) , sepeda motor ,dan kendaraan bermotor yang lain . sedangkan kendaraan yang tidak mungkin sampai ketempat saya adalah : Kapal Terbang, Kapal Laut,Kereta Api,Dokar, Becak, Andong,

Silahkan Datang ke Gunung Kelir , dengan segala tujuan dan pencarin mungkin anda akan menemukan yang anda cari dan bonusnya menemukan yang tidak anda cari juga ……….

anda akan bertemu manusia peninggalan sejarah lengkap dengan Ndesonya yang terlahir di perbukitan menoreh yang bernama ” Mbah Totok ” ( Bukan Mbah Maridjan )

Silahkan Datang kami menunggu selalu …………………………………………

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

110 Responses to “dimanakah gunung kelir”

  1. menunggu ada kontraktor tower yang memberangkatkan saya ke gunung kelir… kekekeke *mengharap*

  2. kontraktor dari mana kang

  3. Ganti Klambi kok rak bancaan…
    Wah, penjelasannya tirik2 cetha wela-wela, lengkap dengan foto dan koordinatnya.
    Sayang GPS saya dibawa anak saya.
    Judule kok ungu sajake meh puber maneh kiye Mas Totoke.
    Ora gelem jalah karo etawane sing pijer pubar-puber wae…
    Sukses buat Mas Totok sekeluarga (termasuk etawane)

  4. hahaha monggo rweh pinarak lenggah ten gubuk kulo pak

  5. Ya, saya juga punya seorang tetangga di madiun yang juga berasal dari gunung kelir ini.
    Seorang intel polisi yang suka mbanyol, dan setiap kali bercerita tentang gunung kelir, selalu ditegaskan bahwa diawali dengan huruf K dan bukan P 😆

  6. kalo P lain maksudnya hahaha

  7. Gunung kelir…
    Wah indah sekali panoramanya..

    Kalo di Jambi hanya ada satu gunung, yakni gunung kerinci…

  8. kalo di sini banyak kang

  9. Pada suatu saat saya pengin berkunjung ke sana boss menikmati keindahan gunung kelir dan berguru tentang Etawa

  10. silahkan di tunggu sekali Pak

  11. daftar kendaraan yang tak bisa sampai ke gunung kelir bikin saya ngakak deh.
    wah, jadi tertarik buat jalan-jalan ke sana. tapi kalau musti nginep sama kambing, gimana gitu loh, mas. hehe!

    gunung kelir indah sekali ya?

  12. kambing… jangan nginep sama kambing dong haha

  13. wah mampan dan mudah mudahan ada sekolah beternak kambing etawa biar gampang tpi kan gratis toh hahahaha

  14. Insya Allah

  15. Kapan-kapan ke Gunung Kelir ah … diterima Ma Tok ngak ya?

  16. Sangat di terima sekali Pak

  17. oya, pak konco2ku di salaman magelang juga banyak ternak kambing etawa… katanya kulakannya dari porworejo. opo dari gunung kelir yaw?

  18. Kemungkinan besar dari sini mas atau sekitar daerah ini

  19. kayaknya suatu saat saya harus mampir ini. bolehkah, ki sanak?

  20. Monggo Paman silahkan mampir

  21. mas,melihat foto2nya.
    Rindu akan gunung kelir saya.hehe..

  22. Emang Gunung Kelir sampean mana mas

  23. Saya sambut undangannya. Tunggu saja kedatangan Abu kesitu…
    Hehehehe….

  24. selamat datang Kang ABU

  25. Woalaaahhh sampeyan tiyang Kaligesing to Pak?? lha nek kulo asli Wates e…blakang terminal wates persis rumah saya, monggo pinarak… tapi sekarang saya banyak di Solonya, ngrampungke sekripsi…

    Salam hangat selalu kagem sampeyan Pak…

  26. tonggo mas hahaha

  27. Rincian koordinat yg mangstafff.. Iso dirudal teko suroboyo.. Hahaha..

  28. hahaha itu tak mlencengin dikit kok mas hahaha

  29. Sudah ganti “baju” tho, mas. Penjelasan panjenengan disertai foto-foto emang maknyuss. Kapan ya kesana? Saya sudah dua minggu ini di pedalaman Labuan, Banten “membedaki” pekerjaan CME tower Indosat. Bos mau narik yang lima prosen.

  30. sip selamat beraktifitas kita lagi sepi nih sampe awal tahun

  31. kayaknya enak tuh tempatnya..
    adeem…
    🙂

  32. dingin sekali mas hahaha

  33. tempatnya kereeeennn…pengen kesanaaaa!!! 😀 😀

  34. sekalian Reffresing mbak

  35. oo jadi disitu to letaknya.. bersekongkol ma gajah pesing buat ngerudal….

  36. hahaha di Rudal mas

  37. Hawanya pasti suejuk…suejuk…tenannnnnnnnn! Gunung kelirnya nggak keliahatan mas….?!

  38. karena dari puncaknya jadi repot fotonya Pak Dhe

  39. Makanan khasnya apa ya mas..?

  40. makanan nya GEBLEK sama TIWUL kekeke DJelata kan

  41. ooo west prog to

  42. yoiii mas

  43. hmmm
    suatu waktu …
    mungkin aku akan tiba di sana…
    siapa tahu

    EM

  44. semoga dan kita Tunggu

  45. Nah-nah-nah… Inilah salah satu daerah yang sungguh ingin kuhampiri…

  46. Ditunggu kang DM

  47. wah, setiap kali ketemu temen dari purworejo, saya selalu tanya ttg lokasi gunung kelir, mas totok, hehehe …. kayaknya pemandangannya benar2 indah dan eksotis. saya masih punya keinginan yang kuat utk bisa dtaang ke sana. siapa tahu pusat negeri kelelawar itu sesungguhnya ada di gunung kelir ini, kekeke … duh, theme-nya ganti ya, mas. wah, ternyata buku saya ikut nampang di bar samping juga. jadi tersandung, eh, tersanjung betul, matur nuwun, mas totok.

  48. hahaha itu cuman gurauan pak sebab namanya goa lawa haha di tunggu pak

  49. kapan2 mampir ke purwerejo. Sbb kbtulan ada tmn sih tinggalnya di wates. Jd rasanya kl kesitu nggak terlalu jauh, pemandangannya kelihatan indah juga ya 🙂

  50. di tunggu kang Norjik deket dari wates 15 menit sampe

  51. Pabila sempat mampir, mohon disiapkan kopi ya pak.

  52. sip kopi sekaligus makanan ringan pasti hahaha

  53. Saya dulu sering mancing di waduk sermo, sampai 3 hari 3 malam wakaka. Juga punya teman asli Menoreh. Jadi teringat, Klo ada waktu bolehkah saya mampir ke rumah?

  54. walah itu udah dekat dengan sini mampir kang kalo lewat lagi

  55. Jamaah blogger jawi wetan akan mengadakan ziarah ke petilasan gunung kelir

  56. di Tunggu Kyai

  57. wah isih arep tak tekok ake kok wis diposting terima kasih ait wingi aku bingung gunung kelir itu ad dimana makasih atas infonya pakdhe

  58. hahaha di tunggu mas karebet

  59. pemandangan gunung kelir sungguh indah..
    butuh “sentuhan” lagi tuk mengoptimalkannya sehingga gunung kelir dpt dijadikan sebagai DTW di Jateng..kren mass

  60. pengen kesana bro
    fotonya diambil taon kapan
    apik tenan 😀

  61. baru kemarin ambil fotonya

  62. apa benar petai menyababkan pusing?
    dengan siapa lagi aku bertanya….wahai para blogger mania 🙂
    i love you all bibe…

  63. hahaha masak sih mendingan jengkol kali

  64. beda banget ya ama jakarta. kyk nya bakalan tenang deh tinggal di gunung kelir. eh, tapi tower nya sama itu tuh. sama di jkt juga banyak,hheeheh.

  65. hahaha sepi disini pakdhe nggak pernah macet hahah

  66. kapan ganti theme nya mas? baru nyadar saya, kyknya ga gini deh terakhir berkunjung kesini. 😀

  67. sekedar nyoba aja pak

  68. saya kadang ke arah nggombong Mas Tok, dari semarang kan lewat magelang tuh. nah, kira2 dari magelang berapa kilo ke arah purworejo ?
    yah, sapa tau tiba2 saya mak jedul, mampir di padepokan Mbah Totok, sekalian mau sundang2an sama wedus etawa, hehehe…..

  69. sip telp dulu biar bisa di jemput

  70. Saya tahunya Api di Bukit Menoreh…
    Awalnya saya pikir Kelir = warna, nggak tahunya kelir yang di wayang. Sepertinya udara di sana segar sekali. Menarik Mas.

  71. kelir backgruond pewyangan itu kok hahaha tapi warnanya putih

  72. jadi inget judul pilem jadul kalau nggak salah perawan bukit menoreh he.. he..
    saya pernah main ke salaman kayaknya di lereng perbuktan menoreh.
    sebenarnya pengen banget mampir kesana tapi apa daya mobil saya di produksi di bawah tahun 1990, jadi nggak kuat deh he.. he.., tapi untuk nanjak di baturaden kuat…

  73. kalo ke tempat saya kuat juga kali mas

  74. Wah, bgus juga ya..

  75. silahkan datang saja di tunggu kedatangannya

  76. Aseli apal mati ku dalan nek seko domakijo patndhol lu,..
    Ngerti ngerti aku…

  77. hahaha pat dollu nggulon terus godean trus kenteng trus ke atas tekan cedik toh

  78. asli aku pengin mrono, karo anak bojo oleh to pak…

  79. boleh sekali silahkan ditunggu disini

  80. kapan2 tak sowan kesana ya mas dab

  81. ditunggu sekali kangmas

  82. wow,, indah sekali,,,,
    ga ada polusi ,,tapi inet tetap sip

    hehe,,, klo udah ada internet seperti itu sudah ga butuh yang namanya mal 😀

  83. lha kendaraan jarang tidak macet dan sejuk silahkan datang ke gunungkelir

  84. mengapa ya nama blog ini juga gunung kelir. indahnya gunung ciptaan tuhan !

  85. Saya menyesal waktu kunjungan kawan2 ke GK menjelang akhir tahun kemarin saya ndak bisa ikut, padahal saya sedang berada di Minomartani Sleman, di rumah mertua saya.. hiks.. gak entek2 nyeselku.. hiks..

  86. saya baru tahu kalo ada nama gunung kelir n salam kenal ajah…

  87. oh…..ini dia tempat gunung kelir?
    salam kenal mas

  88. .
    Weh, ndeso gitu sekarang ada internet ?
    Gretongan pula ???

    :roll:

  89. Gunung Kelir ini apa sama dengan tempat sebuah Gereja Katholik yang bagus itu?? Saya pengen ke sana.
    Terus, kalau dari poto njenengan (gb.1) sepertinya mirip dengan sebuah tempat yang jika terlihat dari Candi Borobudur terlihat kecil di puncak Menoreh. Kata sesorang di Borobudur dinamakan ‘Suroloyo’. Apakah itu yang dimaksud.

    (*belum pernah ngambah tlatah purworejo*)

  90. wates wis ono hoptspot tenan po dab?

  91. salam kenal,

    Senin 9 maret 09 saya mo ke rumah jenengan mas, berburu Etawa, tapi motor ga mau kompromi. maklum belum kenal medan dengan baik. jadinya rantai copot. untung ada adek jenengan yang namanya Mas Bambang ya. sampein MAKASIH BANYAK ya, udah dibantu masang rantai dan sekrup. tak tahu klo ga dibantu. gimana nasib saya, mau naik ke atas ga bisa. turun ya ga bisa.

    Masih penasaran dengan Donorejo dan Gua seplawan. kapan2 mampir boleh ga? he he he

  92. wates wis ono hoptspot tenan po dab?
    mbok dijawab dab..

  93. wates kalo wates saya nggak tahu yah tapi kalo di rumahku ada hotspot nya kalo di rumahku sampai 1,5 mega free hotspot mas kalo wates aku nggak tahu jeh

  94. oke mas matur suwun..
    wah repot je wates kota nangung..cari hotspot setengah mati..
    mau pake wajanbolic gak ada yang ditembak juga..
    hehe..nasib

  95. seru tuh gunung kelir………
    kalau ada waktu pasti saya maen kesana mas………
    salam keluarga mas…

  96. enake kapan aq iso mulih yo aq asli cah kaligesing tepate kaligono sedandang padahal dek mbiyen aq tiap minggu mesti mlaku2 numpak motor tekan gunung kelir tekan sribit tekan seplawan kiskendo wis pokoke enak nek kelingan rasane sedih wis ra tau bali neng omah

  97. lha kok nyebut Mbah Totok lha kui aku heee. ki punyae sopo blognya?apik tak melu admin

  98. Mas gentokelir nderek nepangaken kulo asli banyunganti lembah gunung kelir

  99. Mas genthokelir penjenengan daleme pundi

  100. sippp

  101. hospotnya di rumah ato tower mas,,,aku seng ngecek listrik

  102. jd pengen mudik..ne dah 6 thn ra bali…

  103. kapan kapan kulo pinarak ning daleme njenengan

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ziarah Blogger; datang tak diundang, pulang tak diantar… | Berpikir Merdeka
  2. Selamat Datang di Gunung Kelir
  3. Ziarah Wali Blogger, Sugeng Rawuh di Kotareyog | Kotareyog.com
  4. Draft created on January 20, 2009 at 3:32 am | Azaxs Dot Net
  5. Selamat Datang Di Musium Trinil | KOTA NGAWI
  6. Selamat datang para Blogger Peziarah | Komunitas Blogger Madiun
  7. selamat datang ngopikere | Gunungkelir

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>