cadweldingMungkin asing sekali istilah tersebut di atas bagi anda yang bukan orang tehnik

baiklah saya akan menjelaskan sedikit tentang Exotermic cadwelding, itu adalah cara pengelasan atau penyambungan grounding dari Kabel tembaga atau kabel BC dengan cara di las dengan bubuk mesiu cadweld.

penggunaan jenis sambungan ini biasanya atau kebanyakan untuk penyambungan Grounding yang terangkai dari penangkal petir ,penggunaan jenis sambungan ini adalah untuk mencapai nilai sambungan yang paling baik serta untuk mendapatkan tahanan tertentu yang di ijinkan untuk instalasi penangkal petir.

sedangkan cara pengelasanya tidak menggunakan mesin las atau yang sejenisnya, namun menggunakan bubuk mesiu cadweld ,jadi jangan bayangkan seperti mengelas listrik atau asetelin.

pertama adalah kita harus menggunakan tungku cadwel sebagai tempat peledaknya ,setelah di tata rapi dan di tuangi bubuk mesiu cadweld kemudian di bakar  dan jadi lah sambungan tersebut

mudah kan

tapi masalahnya disini apabila kita menemui beberapa bubuk yang tidak mau meledak oleh pemicu mesiunya ,nah ini masalahnya

membakar mesiu cadweld biasanya mudah dengan kompor gas tangan ,namun jika kita berada di daerah pedalaman kemudian tidak tersedia gas tangan maka sousinya adalah dengan korek api ( bukan korek gas )

nah kembali jikala anda menemui bubuk yang tidak mau terbakar tentu sangat kesal dan rugi karena harga bubuknya lumayan mahal,dan jika gagal maka uang terbuang dan kesal datang.

oke jangan kesal dulu saya memiliki pengalaman untuk mengatasi masalah tersebut :

pertama adalah jemur bubuk mesiu cadweld tersebut sampai kering

kedua cari korek api gesek ( yang penthol itu ) dan ambil ujungnya yang berwarna coklat ,kemudian kumpulkan yang banyak dan campurkan di bagian paling atas dari mesiu tersebut

kemudian bakar …… sukses

ini solusi jika kita di pedalaman dan tak mungkin mencari bubuk pengganti dan bila kita kehabisan gas dari kompor tangan …..selamat mencoba

bila anda berkenan melihat klik disini

Tags: , ,

12 Responses to “Exotermic Cadwelding”

  1. Aku hanya bisa membaca postingan ini hingga tuntas sembari manggut-manggut, Mas… Hehe.

    gentho :
    hahaha kalo ada kesulitan masalah M/E panggil saja bos saya meluncur hehehe special for Mr Daniel discount hahaha

  2. saya yang orang bengkel aja asing lho pak mendengar istilah ini. kalau kabel bc biasanya cuma saya sambung dengan clamp.
    kalau welding yang saya tahu TIG, MIG, MAG.
    terima kasih pak nambah wawasan saya

    gentho :
    ah itu cuman pengalaman karena keterbatasan kok mas hehehe salam kenal juga mas makasih

  3. wah…asing mendengar kata2 diatas hehehe..

    soal M/E hanya tau tentang pipa chiller….sprinkler…dan kawan2nya hehe

    gentho :
    eh mbak Khie gimana tuh kabarnya dan kalo pipa chiler tuh tuk sistem pendingin ( tata udara )
    trus splingker ( sistem pemadam ) dan keduanya masuk di mekanikal dan ngomong2 kok kenal juga dengan barang tersebut hehe
    salam ya

  4. bener banget, mas totok. mas totok selalu bisa menghibur orang yang buta masalah teknik, termasuk saya, hehehe … kan dulu saya pernah bilang, dalam soal teknik, saya makmum saja sama mas totok, kekeke ….

    gentho :
    awas lho pak bisa meledak ntuh hahaha

  5. Hua ha ha… ini bener-bener inovatif.. Mas Gentho ini seharusnya ganti nama menjadi McGyver van GunungKelir, hehehe

    gentho :
    saya cuman karena kepepet mas hahahah

  6. Kerjaan pean nampak keren dibanding kerjaanku ik.. (sembari memandang jari jemari yg nampak makin tebal akibat terlalu banyak bers*nggama dengan keyboard laptop) Hahaha..

    gentho :
    hahaha karuan mas nak sampean kan di belakang meja terus hahaha aku kepanasan kudanan haha tambah gelap terus ( hitam )

  7. baca posting ini saya jadi inget jaman kecil dulu, suka bikin meriam denga kaleng atau bambu yang dipendam di dalam tanah dan disulut ujungnya…

    satu lagi, waktu kecil itu, kalau main petak umpet, dibarengi dengan menggunakan patrom.
    patrom itu sebenarnya jari-jari sepeda atau sepeda motor yang dibenamkan di bilah kayu segenggaman tangan. trus, bagian atas jari sepeda yang sudah dibalik, diisi dengan bubuk pentul korek api, setelah itu ditutup dengan kulit korek api yang untuk menggosoknya. baru di tutup dengan paku, beri tekanan dengan dipukul dan Duarrrr!!

    hehehe….

  8. hehe tau itu karena sering baca penawaran2 M/E di proyek..

    sering buat rekapannya juga hehe

    dan baru ngeliat bentuk2nya pun pas di proyek ini hihihi 😀

  9. pake-pake mesiu segala mas..awas lho..ntar dikirain teroris!..dicariin oleh mas densus 88!

  10. hehehhe pasti karena jaman kecilnya sering main mercon, jadinya bisa mengkombinasikan korek api dengan bubuk mesiu

  11. Melu kursus gawe mercon…

  12. cocok untuk pekerjaan cme tower bts

    thanks infonya

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>