Filmpelajar.com didirikan di Jakarta pada 2 Mei 2009 untuk mendinamisasi tumbuhkembangnya komunitas dan karya film pelajar diIndonesia. Situs ini merupakan ruang belajar bersama, berbagi, dan silaturahmi komunitas dan karya film pelajarIndonesiadengan lingkungannya.

Komunitas dan karya film pelajarIndonesia(baik yang secara khusus belajar seni film di lembaga pendidikan formal maupun yang otodidak), adalah bagian penting dari dinamika dunia perfilman Indonesia mendatang.

Aktivitas belajar dan memahami seni film sejak dini akan memberikan ragam pengalaman. Diantaranya adalah pembelajaran berpikir kritis melalui kegiatan menganalisis logika cerita film, pembelajaran analisis isi/pesan media film secara keseluruhan, pembelajaran karakter manusia yang ada dalam tokoh-tokoh cerita, pembelajaran manajemen dan praktek organisasi dalam produksi film, pembelajaran memahami etos kerja tim/berkelompok, pembelajaran olah rasa/seni audio visual, pembelajaran komunikasi antarbudaya melalui kegiatan festival film, dll.

Kegiatan yang berwujud apresiasi, produksi, dan ekshibisi film memberikan peluang untuk belajar memahami berbagai persoalan dan cara mengatasinya dengan baik.

Aktivitas-aktivitas ini memerlukan perencanaan/persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi yang matang,Pada setiap tahap akan terjadi proses interaksi, baik secara langsung maupun tidak, antarindividu yang memiliki kepentingan berbeda. Negosiasi menjadi hal yang tidak akan pernah terlewatkan, Pada tahap inilah proses pembelajaran bersama menemukan maknanya. Keragaman karakter para pembelajar film ini akan memberikan pengalaman silaturahmi yang luar biasa.

Proses-proses di atas merupakan implementasi dari konsep kegiatan belajar bersama, berbagi dan silaturahmi. Hal ini akan mendinamisasi komunitas dan karya film pelajar diIndonesiaserta bergerak beriringan dengan perkembangan dunia perfilman Indonesia yang lebih luas.

Persinggungan yang terjadi akan menemukan hubungan saling memanfaatkan yang positif, Seluruh ikhtiar ini dilakukan untuk mendukung perkembangan dunia perfilman Indonesiayang lebih baik.

silahkan lirik ke www.filmpelajar.com

Tags: bikin film, cara bikin film sederhana, festival film pelajar, film pelajar, kontes video blog, tomy taslim, video blogg

5 Responses to “Film Pelajar”

  1. ASlkm,,,, setuju pemikiran di atas mas totok. sama mungkin sedikit saran kalau bikin film yang bener-benar bermanfaat seperti tema2 pendidikan atau kisah sukses dll. Banyak sekarang film yang bukan membangun malah merusak generasi muda. Ngawe film ojo mung asal payuuu.

  2. Keren nih wadah kreasi semacam Media Pelajar. Sangat positif dan mendidik. ;)

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

  3. Jurnal ini langsung pingin kusodorin ke Lik TommyTaslim ajalahhh…

    Nyohhh… ;)

  4. langsung ke tkp ah

  5. selalu senang membaca geliat teman yg berdedikasi buat pelajar dan pelajar yg kreatif

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>