bam-kambSelepas Subuh di menjelang akhir romadhon ini saya di usik oleh embik kambing di kandang sebelah rumah saya ,semakin lama semakin keras kambing itu mengembik memaksa saya untuk bangkit dari depan laptop saya kemudian mendekati kandang dimana kambing tersebut mengembik,setelah saya amati ternyata ada satu kambing indukan yang masih muda mau melahirkan anak pertamanya ,kemudian saya segera mengeluarkan kambing itu dari kandang ( untuk proses persalinan jenis Kambing Etawa memang seringnya harus di bantu dan di keluarkan dari kandang )

bam-k2Selang beberapa saat kelahiran yang ditunggu itu terjadi ,Kambing Etawa yang masih induk muda atau pertama kelahiran biasanya melahirkan satu anak tapi juga tidakmenutup kemungkinan melahirkan dua anak dalam waktu bersamaan seperti induk yang melahirkan dua atau tiga kali,tapi untuk kelahiran yang kembar tiga atau satu itu terhitung jarang ,kali ini kambing saya beranak dua ,betina semua dengan kepala di dominasi warna bulu hitam ,sejak saya liburan puasa berarti saya telah menyaksikan enam kali kelahiran dari total 8 induk yang berada di kandang rumah saya sendiri,disamping beberapa kelahiran induk yang dipelihara oleh orang dengan sistem bagi hasil dan gaji

Istimewanya kelahiran kambing pada hari ini adalah menggenapkan hitungan jumlah kambing saya menjadi seratus ekor ,ketika awal puasa kambing saya total masih 89 ekor di tambah kelahiran awal puasa hari ketiga 2 ekor kambing ,pada puasa hari ke empat 2 ekor kambing dan heri puasa ke delapan dua induk melahirkan masing masing 2 ekor kambing di susul di hari puasa ke sebelas induk kambing muda melahirkan 1 anak kemudian pagi ini kambing saya melahirkan 2 ekor jadi genap 100 ekor kambing etawa milik saya .

sedang rincian total kambing saya sebagai berikut :

Induk Etawa   29
Pejantan    4
Calon induk    31
Anak betina    22
Anak jantan    14

saya mencoba belajar beternak di awal tahun 2003 dengan memiliki 2 ekor induk yang waktu itu masih agak murah satu induk seharga 2,5 juta dan satu lagi seharga 1,7 juta ,saya titipkan pada petani dengan sistem bagi dua ( Gaduh ) yang di atur oleh pasal bagi hasil yang saya sepakati berdua ,berangsur setelah beranak saya menambah membeli indukan lagi ,pada masa masa tertentu seperti masa anak masuk sekolah say biasanya dapat beli kambing bagus dengan harga murah karena kebanyakan para petani menjual nya untuk biaya masuk sekolah,di tahun 2004 saya membangun beberapa kandang termasuk di samping rumah saya dan menambah jumlah indukan dengan sistem memelihara menggaji orang untuk merumput di lahan saya ( lahan hijauan makanan ternak ) sebenarnya memelihara atau beternak kambing etawa kita hanya membutuhkan waktu kurang lebih 2 jam dalam setiap harinya ,setengah jam untuk mambersihakan kandang satu jam untuk cari pakan ternak kemudian sore hari setengah jam untuk memberi makan , kalo waktu tambahan paling pada waktu memandikan kambing sebulan sekali , jadi saya meyakini infestasi ini masih prospek sekali ,karena saya sendiri masih bisa malang melintang dengan dunia proyek dan tidak mengusik kegiatan saya sebagai kontraktor………….

Bayangkan bila satu induk beranak dua satu tahun, akan menjadi berapa kambing anda di tahun depan ?

saya masih iseng membuat Analisa hasil usaha Kambing Etawa anda mau membantu ?

anda tertarik dengan hal seperti ini dan anda akan membuktikan bahwa BERBAGI TIDAK MENJADI MISKIN…….

Untuk yang memiliki BW leluasa lihat kolesi foto kambing saya disini

Tags: , , , ,

25 Responses to “Genap Seratus Kambing”

  1. wah selamat mas totok…
    saya juga dah nyampe mudik di kampung. tapi kok gak ada kambing ya…hiks

  2. Wah, tambah mantap saja Juragan yang satu ini. Ini namanya berkah di bulan Ramadhan. Atau dapat lailatul qadar. Seratus ekor kambing Etawa banyak juga ya. Bisa-bisa nanti naik Haji karena Kambing. Semoga makin Sukses juragan

  3. mas serius, kalau mau ngangdu kawruh boleh kan?

    Genthokelir : Wah mbah slamet jangan gitu dong saya masih belajar kok saya siap membantu sebisa saya

  4. wah tambah banyak dong kambingnya bos
    Segenap Anak Buah di Bogor mengucapkan Selamat Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Bathin
    Terima Kasih Atas Semua Bimbingan dan arahan dari Mas Totok
    Dan Sukses Selalu Untuk Mas Totok

  5. Selamat Lebaran Bos
    Mohon Maaf Lahir Batin
    Terima Kasih

  6. Selamat Tambah Kambing tambah kaya

    selamat lebaran Mohon maaf lahir bathin

  7. Wah, seneng denger filosofi terakhirnya …

    [quote]anda tertarik dengan hal seperti ini dan anda akan membuktikan bahwa BERBAGI TIDAK MENJADI MISKIN…….[/quote]

    ( tolong benerin kalau code-nya salah 😀 )

    Moga2 makin banyak orang2 model2 kayak sampeyan

  8. beneran salah kan 🙁

    Genthokelir :
    Salam Kenal juga mas aku malah nggak tahu kalo salah hehehm

  9. Alhamdulillah.. tambah berkah di akhir Ramadhan…
    *Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin
    (sesekali saya ingin berkunjung ke GunungKelir, mungkin bisa melakukan sesuatu kerjasama karena kebetulan Sekolah Rakyat mempunyai dampingan petani yang cukup banyak, dan selama ini pun telah memelihara kambing)

    genthokelir : : silahkan saja bertandang ke gungung kelir

  10. astaga….

  11. Wah, hebat. Saya mau tuh beternak kambing. Tapi gak punya lahan sayangnya. Setau saya sering kena penyakit pada bagian bulunya, kayak ada ketombe gitu ya? Ha..ha..

  12. wah juragan kambing neh mas saya kepingin juga tapi ga punya lahan hehehe

  13. Mohon Maaf Lahir dan Batin atas berbagai kesalahan baik yang disadari maupun yang tidak disadari.

  14. Wow!!! Banyak betul, Mas? Tekun betul. Salut aku.

  15. sukses selalu dg kambing2 ettawa-nya, mas totok, semoga makin beranak-pinak. suatu ketika saya mau berguru pada mas totok ttg ternak ettawa ini. btw, numpang OOT, Kami sekeluarga turut mengucapkan selamat hari raya idulfitri 1429 H, mohon maaf lahir dan batin. Semoga kita bisa kembali ke fitrah-Nya, amiin. Salam silaturahmi.

  16. Kagum dengan ketekunannya. Jadi iri (yang baik) deeeh.
    Salam kenal dari kota pahlawan.

    genthokelir;
    terima kasih sekali mas

  17. wah selamat ya mas!!!!!!! tapi omong-omong alamatnya dimana?
    soalnya aku juga ada rencana mau ternak kambing etawa di jajar,wates,kediri. barangkali mas bisa bantu.

  18. Kambingku juga banyak masalahnya di pemasaran, mas ada saran aku di trenggalek 085854354754

  19. minta tolong pak , dimanakah saya bisa mendpatkan cd/dvd cara memelihara kambing etawa yang baik, mulai dari bentuk kandang, sampai dengan penyakitnya. dan bagaimana cara saya mendapatkan bibit kambing etawanya. saya berlokasi di palembang, no. hp saya 081532741538-07118330358.tks bantuannya

  20. saya punya impian bahwa ekonomi kerakyatan dengan berternak kambing bisa diwujudkan di desa kami.alangkah sejahteranya masyarakat jika punya sudut pandang seperti anda.tolong kasih tips2nya atau sistemnya yang bisa saya terapkan untuk kesejahteraan masyarakat di desa kami.
    thx atas bantuannya

  21. Mas,,,,, aq mo minta tolong alamat peternak kambing etawa di kediri bisa gak? Soalnya aq mo coba beternak kambing etawa, tapi aq mungkin perlu belajar lagi ma peternak yang sudah berpengalaman di kota kediri. tak tunggu infone mas……… Trims

  22. Wah Q jg pengen beternk kambing ni Mas….Tpi 6 punyamodl..?Bisa 6 Mas…By anak jepara,Nalumsari, pringtulis,dowoso RT 01/05

Trackbacks/Pingbacks

  1. Seratus Kambing « Gunung kelir’s Weblog
  2. Sejarah Baru « PT. Aneka Sentratama Cahaya Optima
  3. …durung kuwat kanggonan pulung « Saktipaijo’s Weblog

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>