global-warmingDalam Perjalanan saya ke jakarta menggunakan Kereta api saya duduk bersebelahan dengan seorang pemuda yang kebetulan memiliki tujuan yang sama ke Jakarta , sesaat setelah berbasa basi kami pun terlibat ngobrol dan saling berbasa basi mengisi perjalanan.

Ketika saling menanyakan untuk apa ke jakarta maka saya hanya menjawab untuk bertemu dengan teman dan menjenguk saudara di Jakarta agar tidak memperpanjang kalimat, Kemudian saya yang berbalik bertanya :

“Mas Ke Jakarta dalam rangka apa..?” saya Balik bertanya kepada nya

” saya ke Jakarta untuk bertemu dengan teman teman untuk membahas Program penanganan Pemanasan Global atau Global Warming “ ia menjawab dengan penuh semangat

Kemudian saya iseng bertanya tentang hal yang mendasar mengenai Global Warming mengenai penyebab dan dampak dari pemanasan global bagi kita semua.

” Mas Apa sebenarnya Global Warming atau pemanasan Global itu apa penyebabnya dan apa dampaknya …..i?” saya bertanya padanya sambil menawari makanan ringan.

” Pemanasan global adalah meningkatnya suhu rata rata yang di sebebkan oleh beberapa efek termasuk efek rumah kaca dan banyak lagi pak termasuk meningkatnya carbon yang di hasilkan oleh kendaraan bermotor yang akhirnya menciptakan penyekat di atmosfir dan meningkatkan efek pemanasan terhadap bumi pak ” dia Menjelaskan dengan panjang lebar.

Sesampai di stasiun Purwokerto kereta berhenti sejenak dan setelah berjalan kembali dan kami pun terlibat pembicaraan kembali dan iapun melanjutkan menerangkan mengenai dampak pemanasan global terhadap banyak hal yang sebenarnya saya pun sudah mengerti, namun memang sudah merupakan kebiasaan saya selalu berlagak tidak mengerti dengan hal tersebut untuk bermaksud menambah atau melengkapi informasi maupun wawasan mengenai hal tersebut.

Pembicaraanpun kami lanjutkan sampai pada penanganan serta program program untuk mereduksi dn mengatasi pemanasan global tersebut dan saya juga setuju dengan cara paling mudah yaitu dengan mereduksi karbon atau mengurangi jumlah karbon dengan cara menanam banyak pohon, menanam pohon memang sangatlah efektif untuk mengikat karbon di udara yang kemudian memecahnya dalam proses fotositetis dan menyerap kedalam kayunya.

Panjang lebar dia berbicara tentang global warming yang kemudian mengerucut setelah saya bertanya pada dia mengenai program program pengendalian global warming yang di konsepkan dia dan kawan kawan.

Sejauh ini ternyata masih berkutat di tingkat konsep dan perencanaan mereka dan kawan kawannya sedangkan saya juga di ajaknya untuk ikut untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, dalam bathin saya berkata wah saya udah di ajak juga sama kang Suryaden DKK untuk masalah seperti ini.

Kemudian saya bertanya secara pribadi apa yang telah ia lakukan secara real dalam masalah ini dan Diapun masih sampai pada melakukan kampanye serta sosialisasi di mana mana .

Waktu berjalan semakin larut malam dan saya mengakhiri pembicaraan dan dalam benak saya berkata ”  ah kamu masih berjalan di atas aplikasi saya telah tanam ribuan pohon mahoni dan albasiah dengan tujuan menyelamatkan perut saya dan berefek menahan karbon wakakakakaka “

Saya akhirnya menyadari dan berterima kasih untuk para petani di lingkungan saya yang selalu mengajak saya untuk menanam pohon di sisi untuk penghijauan dan makanan ternak rupanya berfungsi juga menahan carbon dan lebih jauh tanpa sadar mereka mengajari saya untuk ikut menyelamatkan dunia dari isu global warming.

Tanpa sadar mereka memikirkan lingkungan dan berdapak secara nasional bahkan internasional ……

Hidup Petani Indonesia

Trus apa yang sudah anda lakukan ……..?

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

58 Responses to “Global Warming Vs Petani”

  1. (dance) Besok aku diajak sama panitia HUT perusahaan tempat kerjaku untuk menanam 1000 pohon…. piye jal…??

  2. numpang petromaxxxx!!!

  3. kalo saya masih pada tataran menanam… ya, menanam benih saya dimana-mana… kekekeke

  4. Petani masih hidup… Selamatlah dunia ini….

    mereka2 yang hingar bingar di kota-kota itu cuma bisa merusak dan memproduksi carbon di muka bumi…. bisanya cuma mencibir kaum petani.. menipu kaum petani…

  5. hidup petani….semoga masalah yang berhubungan dengan globar warming, bisa berkurang bahkan gak ada lagi *mungkin gak yah*

  6. “Trus apa yang sudah anda lakukan ……..?”

    saya pertahankan satu pohon di depan rumah, tanem sedikit bunga-bunga di halaman .. baru itu. 🙂

  7. untuk sementara, saia hanya menikmatinya belum dapat berbuat apa-apa

  8. saya belum berbuat apa-apa, mas 🙁
    Kalo di kampung alhamdulillah daerah saya cukup rimbun. Kalo disini saya hanya ikut partisipasi aja 1 pohon 1 jiwa.

  9. terima kasih udah mampir dan sukses selalu,….
    Mantabss….

  10. Aku wis nandur wit sengon ning kampung Mas…
    Tapi nek wis wayahe nebang yo tak panen.

    Seperti itu kira2 sudah termasuk penerapan apa masih berkutat soal perut ya Mas…

    Tapi bar ditebang ditanduri maneh…
    Lumayan, bisa nambah ongkos ngeblog karo nguliahke anak

  11. Menarik sekali… petani yang gak ngerti global warming memang seperti yang disebut GUS MUS, “… sawahku kau tanami rumah-rumah!”
    Salam.

  12. banggalah saya jadi anak petani

  13. kasihan sekali bumi kita ini

  14. Semoga dapat terlaksana sesuai rencana..

  15. Semoga sukses dan terlaksana

  16. dan layaklah kita memberikan penghargaan untuk para petani yang dengan kesadarannya beliau menjaga lingkungan ini

  17. yang merasakan dampak dari global warming ya petani.

  18. ayo kang…selamatkan pertanian pwr, dgn meningkatkan kualitas dan kuantitas supaya bermanfaat dgn kota laen 😀

  19. wah pastinya petani yang akan kalah lhaa…. iya tooo……..

  20. Hidup petani! HIDUUUP…
    Terus apa yang anda lakukan? Saya lagi bagi2 buku gratis nih. mau?? Ditunggu kedatangannya di tempatku ya…

  21. Kalau nggak ada petani … terus dapat beras dari mana ?
    Hidup petaniiii !!!!!!

  22. Saya orang desa mas. kemarin malah nanam pohon 40 buah. ya asal jangan menjelaskan bahwa akibat GW qiyamat semakin dekat, he..apalagi di 2012, bulsyeet sekali mas.

    salam.

  23. aku penghijauhan pak…

  24. kalo saia udah nanem kacang ijo di gelas aqua, pak
    *tugas praktikum biologi
    hahaha :mrgreen:

  25. mmmm…jadi malu…apa yg sudah saya lakukan ya?
    cuman turut mendukng aja mas blom ada tindakan yang berarti. 😀

  26. Waaah… ternyata anda juragan kayu mahoni dan albasiah ya, hehe…

    Karena saya bukan petani, maka yang saya lakukan sementara ini adalah mengurangi penggunaan plastik serta menghemat penggunaan kertas dan listrik, hehe…

  27. Yang pasti memang dunia tengah kian menjadi panas. Untuk mengurangi hal tersebut di rumah saya banyak nanam bunga berdaun hijau. Begitu saja, dan hasilnya memang terasa, suasana rumah jadi lebih adhem and fresh.

  28. nganu…nak sampe setasiun Purwokerto, bisa ngabar2i saya

    kalo ndak sempat mampir ke rumah di kampung…ya salaman aja di setasiun 🙂

  29. Saya nanem pohon dikampung, tp dijakarta krja dipabrik bikin motor. Piye jal pak? Mereduksi sambil memproduksi CO2. Isin aku.

  30. Saya ikut berdoa aja, Mas…
    Karena di sini ngga bisa sembarang nanam pohon, maka hal yang paling penting adalah ngirit air, ngirit listrik dan nggak buang plastik sembarangan…

    Gitu, Mas Tok 🙂

  31. Kalimantan aja sekarang hutannya tinggal dikit
    Dibabat abisssssss………….
    Kunjungi juga blog saia yang lainnya di http://rizaherbal.wordpress.com/

  32. bepergian dengan menggunakan kereta api juga salah satu cara untuk berpartisipasi dalam pengendalian global warming 😉

  33. ASSALAAMU’ALAIKUM..

    KEPADA SAHABATKU… SAMBUTLAH UCAPAN DARIKU. SERANGKAI KATA PENGGANTI DIRI. UNTUK MENYAMBUT HARI PERTEMUAN YANG BESAR. JARI SEPULUH KU SUSUN JUGA. AGAR KESALAHAN DIAMPUN SEMUA. TANDA IKHLAS PERSAHABATAN KITA.

    SALAM DUNIA, SALAM SEMUA, SALAM HARI RAYA EIDUL ADHA DAN SALAM PERPISAHAN “BERJARAK” DARI SAYA DI BANGI, MALAYSIA.

    -SITI FATIMAH AHMAD-

  34. aku kmarin sudah nandur mangrove di kampus…

  35. wah, kalau saya belum berbuat apa-apa nih gan, tetapi habis baca artikel ini, jadi pengen berbuat sesuatu seperti yang sudah pada dilakukan teman-teman yang lain. Terimakasih untuk menginspirasi kita semua!

  36. baru baca tulisan ini mas yang diriku lakukan

  37. hmmm bisa2 2012 bener terjadi

  38. kasian para petani ya mungkin karena dampak dari global warming itu bisa mempengarui hasil yang mereka dapatkan

  39. menanam pohon di lingkungan kita ternyata tanpa kita sadari berdampak baik untuk mencegah global warming ya mas

  40. yuk kita tanam pohon sebanyak-banyaknya

  41. Mari selamatkan semampunya

  42. Betul om.. do something is better. dalam skala kecil saja semisal gak menggunakan kantong plastik saat belanja yang kecil kecil.

    do something to save our earth!

  43. Belum bisa berbuat banyak selain hal-hal kecil yang gak jauh beda dgn yg lain; mempertahankan satu, dua pohon buah didepan rumah 😀

  44. hem nganu mas nanam bunga didepan rumah masuk hitungan ngak ya?

  45. Setidaknya saya ikut memelihara lingkungan ditempat saya tinggal. Nanam pohon dulu pernah, next…perlu diperbanyak.

  46. wah, bener juga mas….! aku baru ngerti! seumur hidupku ini, perasaan baru pernah nanem pohon klengkeng 2, pohon jeruk 1, pohon salam… berarti lumayan membantu.

  47. kang, jarene Bruno longsor yah?

  48. hidup petaniiiii…!!!

  49. saya menanam pohon anggur di rumah, maklum di pekarangan dah ga ada lahan lagi, itu bisa ngurangin gombal worming eh **global warming** juga kan??

  50. saya baru mau nanam mas 🙂

  51. Hidup penuh perjuangan, kadang susah kadang senang. Tapi kalo susah terus gimana yo maz yo??

  52. Memang masih banyak yang baru sekedar berbicara teori, padahal yang penting adalah aplikasinya.
    Wah kalau ketemu mas Totok mesti hati-hati…tapi sekarang kan memang lagi musimnya orang lebih suka berbicara daripada bertindak..walau saya percaya yang diam tapi langsung melakukan tindakan juga banyak, namun tak terlihat.

  53. cilakanya, kalo cuman abab dan teori yang ngabisin kertas dan pohon itu kok nggak di perkirakan sebagai percepatan rusaknya bumi yo mas… wkwkwkwk

  54. apiiiiikkk tenaaaaannn…. 😀

  55. aku wes urun nandur wit tomat, wit cabe, karo wit-witan.. nang ngarep kosku… :d lumayan ngurangi panas ‘global warming’… ra meng urun abab lan teori…whuahahaha (copy pasti mas suryaden :D…peace..kang.)

  56. kakek & ayah saya punya kebun coklat..tp cita cita saya pengen punya kebun albasiah kya mas Genthokelir ini,jadi jurgan albasiah + ikut menyelamatkan dunia dari isu global warming,amiiin..hehe..

Trackbacks/Pingbacks

  1. internetsehat generasi penghujat | Gunungkelir
  2. Global Warming Vs Petani

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>