arca seplawanGoa Seplawan adalah salah satu goa yang berada di kabupaten Purworejo. Goa ini terletak di gugusan bukit menoreh perbatasan Kab Purworejo dan Kulon Progo tepatnya berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, sekitar 20 kilometer ke timur dari pusat kota Purworejo dan berada di sekitar 700 meter dari Permukaan laut.

Goa Seplawan itu merupakan peninggalan sejarah peradaban masa lalu terbukti dengan ditemukannya sebuah arca emas 22 karat setinggi 9 cm dengan berat 2,5 kg. pada 15 Agustus 1979  di salah satu sudut goa

Arca Kencana itu berupa patung sepasang pria dan wanita yang sedang bergandengan tangan.

Para ahli arkeolog meyakini bahwa patung itu adalah Dewa Siwa dan Dewi Parwati, Arca itu merupakan peninggalan pada zaman Hindu Siwa.

Kini arca tersebut disimpan di Museum Nasional dan sebagai gantinya Pemerintah membangun replika arca didepan mulut goa, replika itu ukurannya lebih besar dari yang sebenarnya .

goa seplawanAda sebagian ahli sejarah juga menyatakan bahwa di sekitar Goa Seplawan pada jaman dahulu pernah di tinggali oleh Ratu atau Raja, hal tersebut diperkuat dengan ditemukan Lingga Yoni yang melambangkan Kesuburan dan Kemakmuran .

Selain memiliki keistimewaan sebagai situs pra sejarah, Pesona Alam disekitar Goa Seplawan memang menghampar indah dan menyejukan, ada juga keistimewaan lainnya yaitu keindahan goa Seplawan itu sendiri. Goa itu memiliki ornamen-ornamen yang sangat indah dan mengagumkan seperti adanya stalaktit dan stalakmit dengan ukuran beraneka ragam.

Ornamen lainnya pun tak kalah menariknya seperti Flow stone, helektit, soda straw, gowerdam dan lain-lain.

Salah satu hal yang lebih menarik lagi bahwa di dalam goa terdapat sumber air yang menyegarkan dam di atas telaganya terdapat tulisan kuno yang berbunyi Saplo wan yang memiliki arti saplu : suci . wan : manusia yang bisa diartikan manusia suci atau tempat mensucikan manusia.

ada cerita mistik yang berkembang barang siapa yang membasuh muka dengan air di dalam goa seplawan dan memiliki niat yang baik dengan berdoa penuh keiklasan pada Allah SWT Insya allah akan segera terjawab ke inginannya.

gardu seplawanGoa Seplawan mempunyai panjang kurang lebih sekitar 500 Meter sedangkan cabang-cabang goa sekitar 150-300 meter.

Sedangkan jalur yang khusus untuk para pengunjung sudah ada penerangan lampu sedangkan untuk cabang-cabang goa tidak dipasang lampu karena kondisinya yang berlumpur.

Lokasi obyek wisata Goa Seplawan sangat mudah di capai karena Akses jalan untuk kendaraan roda empat bisa mencapai lokasi dengan mudah dan sudah dilengkapi dengan fasilitas sarana dan prasana seperti tempat parkir kendaran, kamar mandi/WC, Mushola kecil yang sederhana, Gashebo, Gardu Pandang, Aula untuk Pementasan / Pertemuan dan juga ada taman-taman bunga yang indah.

taman seplawanLokasi Goa seplawan juga sangat memungkinkan untuk pelatihan Pecinta Alam dibuktikan dengan seringnya pelatihan dari beberapa Pecinta alam yang berasal dari berbagai daerah.

Pesona Alam di sekitar Goa Seplawan juga memiliki camping ground atau lokasi berkemah yang cukup luas serta memungkinkan untuk berwisata berkemah.

Pemandangan di sekitar goa seplawan sangat indah selain itu udaranya juga sejuk karena kawasan ini berada di ketinggian sekitar 700 mdpl.

Melalui gardu pandang pengunjung bisa melihat pantai selatan, kota Kulon Progo, serta Waduk Sermo, bahkan jika naik ke salah satu bukit di kawasan goa itu pengunjung bisa melihat Gunung Merapi, Gunung aula seplawanMerbabu, Gunung Sumbing dan Sindoro dan juga Gunung Slamet.

Namun gunung-gunung itu hanya bisa dilihat pada pagi hari, maka banyak para pengunjung yang camping di Seplawan sehingga pada pagi harinya bisa melihat keindahan alam dari kawasan Seplawan itu.

Saat ini segmen pengunjung masih didominasi dari kalangan muda dan wisatawan domestik namun tak jarang juga mendapat kunjungan beberapa wisatawan manca negara,  walaupun saat ini lokasi Goa Seplawan memang belum memiliki penginapan,  jadi untuk sementara masih jarang yang menginap di sekitar Goa Seplawan kecuali yang berkemah disana.

Tidak sedikit orang yang datang ke Goa Seplawan untuk melakukan ritual Spiritual dengan melakukan meditasi di sana, seperti yang dituturkan bapak Ngudiyo ( mantan Lurah Donorejo ) bahwa sering sekali menerima tamu wisata yang memiliki hajat untuk melakukan Meditasi di lokasi Goa Seplawan.

Mungkin anda jenuh dan penat dengan kesibukan serta hiruk pikuk perkotaan lepaskan lah kepenatan anda dengan menghirup udara segar dan melihati pesona Indahnya pemandangan Goa Seplawan.

Jangan lupa saksikan pula keunikan beberapa tempat wisata yang juga terletak di sekitarnya seperti sumur tegasih (tegal asih) sendang denansri, watumejo, serta kemolekan puncak gunung kelir yang menghampar, dilengkapi dengan masyarakat desa ternak kambing etawa di Donorejo yang ramah dan santun.

Terselip pula agro wisata seperti perkebunan salak, kakau, dan jangan ketinggalan makanan khas seperti gembel sengek serta dawet goreng yang unik.

Jika berkenan datang ikuti route ini :

Dari Purworejo – ke arah Kec Kaligesing melalui Cangkrep – Brenggong – Plipir – Kaliharjo- Kaligono – Donorejo atau menggunakan Primkopol jalur 44 dari terminal Pasar Baledono Purworejo

Dari Jogja / Magelang / Godean / Wates : bisa melalui Kenteng Nanggulan arah Jonggrangan jatimulyo – Tlogoguwo – Donorejo.

Untuk panduan jikala anda melihat ada lima Tower Seluler yang berjajar di atas Gunungkelir berarti itu dekat dengan lokasi Goa Seplawan.

Selamat Datang Di Goa Seplawan

Di Persembahkan oleh : www.gunungkelir.com

Tags: arca kencana, desa wisata, donorejo, goa seplawan, Gunung Kelir, indahnya purworejo, japan tour, Kaligesing, Kambing Etawa, pesona gunungkelir, pesona seplawan, wisata goa, wisata hotspot, wisata purworejo

50 Responses to “Goa Seplawan”

  1. Nek dalane munggah mudun, dijamin megap megap aku…

  2. wakakaka tentu kang sampean tambah cilik awake kempes

  3. Gayeng sajakke dinggo refreshing… Mingin-mingini wae…

  4. lho ternyata bukit menoreh itu beneran ada tho kang? tak kiro mung neng sandiworo2 kae..

  5. berarti awak ndewes kudu ngisi absen nang kono

  6. Woh, njanur gunung mas.. nulis maneh..
    Pripun kabare? Sehat?

  7. lah, dadi pengen dolan pak

  8. hingga sekarang, masih jelas goa seplawan terbentang dalam memori dan kenangan saya, mas totok. goa ini bener2 indah dan eksotis. gimana kabarnya, mas totok? posisi sekarang di manakah? semoga selalu sehat dan sukses selalu!

  9. Selamat ngeblog lagi…
    Update terakhir kalau nggak salah bulan Maret…
    Sekarang sudah hampir maret lagi… :D

  10. wah keren sekali…. kapan ya bisa berkunjung ke goa seplawan ….

  11. nak seko ndaleme njenengan, tebih nopo mboten Kang?
    dhadhi pengin merono… ;)

  12. seneng aku, njenengan aktif ngeblog meneh…
    ojo lali ngeplurk sisan Kang…
    wakakakakakak… :D

  13. saya sudah pernah ke sana, memang sungguh menawan

  14. Selamat menulis kembali…. welkambek kang….

  15. Komenku koq ra methungul yaa…??

  16. wah, mantap tenan…

  17. yang indah-indah begini ini yang saya suka.
    Semoga ada rejeki kapan-kapan bisa kesana ..
    salam sehat Mas

  18. pengen main maian kesana juga niue….., secara dah bosan ngeliat alam yang terus diperkosa

  19. belum pernah kesana dan ingin main kesana….

  20. jadi teringat pertama kali ke gunung kelir dengan modal nekat tahun lalu pak :-)

  21. Jadi teringat tahun lalu pas sowan ke sana kang.. pengen sowan lagi.. kapan yo??

  22. mau dunk ksana,….

  23. suwe ra nang seplawan nganti biasane keblasuk ae gagal :D

  24. saya sudah pernah ke sana, memang sungguh menawan

  25. semacam rekomendasi yang patut di datangi jikalau memang diri ini ada kesempatan berkunjung ke sana :D

    kalo nda salah ketika kemaren pulang dari solo trus ikutan pulang bareng Estiko dan kang Novil Malhikdua ke Terminal Purwokerto sepertinya meliwati kab. purworejo yah (thinking) bener? ato saya sedang nglindur di bis yah (doh)

    pantes jarang metunghul om, ternyata ngabil cuti yah.
    salam sukses dari gunung ciremai om (worship)

  26. Salam Blogger
    Para sahabat blogger, bila ingin mengetahui tentang seluk beluk tinta cetak dan percetakkan bisa berkunjung balik, boleh juga tukeran link gratis dengan blog saya yang punya PR 3.
    Makasih

  27. wah iku nduwur omahku…

  28. Salam kenal
    mohon foto tempatnya di upload di Google Earth supaya orang dari luar Purworejo bisa melihat lokasinya di peta, terima kasih

  29. Saya orang purworejo sudah merantau 22 tahun, baru sekarang dapat informasi goa seplawan,sungguh menakjubkan,mudah-mudahan pemerintah kab.Purworejo selalu mempromosikan dan mengembangkan wisata goa seplawan,sebaiknya cari investor untuk membuat hotel,terima kasih dari Maryono di Palembang

  30. Jadi inget jaman kecil dulu….waktu SD sampai SMP dulu sering jalan kaki sama teman2 dari Semagung…..lewat slewah,jatirejo…trus lewat hutan pinus….langsung tembus ke Terban – Donorejo – Goa seplawan.nek saiki kon mlaku mesti lempoh.

    Dulu tahun 90 an….masih ada warga donorejo yg tiap hari jalan kaki jual sirih,pisang dll sampai kepasar semagung…(Jaraknya brp ya?…..yg pasti jalan kaki kurang lebih 2 jam).

    Aku mengenal goa seplawan karena salah satu juru kuncinya (Mbah Somo Inangun) masih kerabat…beliau yang sering mengundang kami utk datang kesana….

    Terakhir ke goa seplawan kira2 tahun 96 an….

  31. Intriguing read. There’s currently quite a lot of details all over this topic close to and about about the net and some are most defintely much better than others. You might have caught the detail the following just suitable which makes for a refreshing change – thanks.

  32. dadi kelingan aku pacaran biyen yo,hihihii
    persis ning kono kuwi mas hahaha
    semangat salam kenal ae kanggo sedulur kabeh!
    suwun

  33. jadi kangen ,ingin ke sana.Sya ingat ke sana bersama Muh. Sulaiman.Pemandangannya memang Indah dan menakjubkan.Sayang waktu itu sudah sore jadi tidak bisa berlama-lama.

  34. pemandangan.e emang T O P B G T…
    aq j mpe trpesona paz dteng kcna…
    kpan” aq dteng lg akh..

    GOA SEPLAWAN…
    I AM COMING…

    :)…

  35. Pengen dolan…. nunggu di ajak…

  36. ingin menjejaki peninggalan Kerajaan Singosari
    bloggercamp enak kali ya?!

  37. Yang bikin tulisan ini harus tanggung jawab karena menyebabkan pembacanya ingin ke sana. Kapan diajak ke Seplawan? ;)

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

  38. wah bagus bener, kl ada rezeki pengen ke sana … mau juga kl diajak gratis ke goaSeplawan #modus eh

  39. Gua Seplawan emang keren, 2 kali kesana ga pernah berani utk masuk lebih dlm. Habis baca tulisan ini, jd pengen lagi maen ke Gua seplawan. Keren, top banget mas

  40. Promosikan lebih banyak lagee ,,untuk Purworejo Berirama
    Seplawan emang cantik,paling suka duduk di taman depan Goa
    Rasanya pemandangan sekitar mulut goa seperti lukisan hidup
    Di dalam Goa stalagtit nd stalagmit tlah menanti,di tambah ornamen2 di dinding Goa yang mengajari kita tentang sejarah …
    Wajib di kunjungi oleh sedulur sekalian …
    Salam kenal ,,

  41. ak kelingan jaman biyen , isih sd, remaja sak kampung kebon romo , heking nang seplawan , rute sribit kebon romo , patihan , gendu, trus mungah mungah ra apal daerahe lali barang 25 taooon lebih yg lalu,,, waktu kui seplawan dah bagus , apa meneh saiki,,,,,,,, pengen rasane ngajak anakk2 kesana lagi..

Trackbacks/Pingbacks

  1. Donorejo Desa Wisata « Kambing Etawa
  2. Donorejo Kaligesing Sebagai Desa Wisata « Gunungkelir
  3. Perawatan Kambing Etawa | www.KambingEtawa.org
  4. menjalani hidup lebih mandiri » Blog Archive » Perawatan Kambing Etawa
  5. Jalur Wisata Gunung Kelir - Waduk Sermo - Pantai Glagah | KECaKOT
  6. Tentang Goa Seplawan « Arcaseplawan's Blog
  7. Perawatan Kambing Etawa « goatmilkhealthy
  8. Menyingkap Misteri Goa Seplawan | Gunungkelir
  9. Tentang Goa Seplawan | watumejo

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>