Partisipasi Komunitas 4xJ (jip jimny jangkrik jogja) pada Jambore Nasional lj80 di Semarang.

4xj ( jip jimny jangkrik jogja18 mei 2014 para penggemar serta pemilik suzuki lj 80 atau sering disebut jimny jangkrik berkumpul pada jamnas lj 80 tahun 2014 yang diselenggarakan oleh JJS (jip jangkrik Semarang) bertempat di wana wisata Penggaron Semarang, Jawa Tengah.

Bertepatan pada acara tersebut berbagai klub serta komunitas jimny jangkrik dari berbagai daerah hadir mengikuti jamnas lj 80, mulai dari Bali, Surabaya, Ngawi, Jepara sampai Bandung dan Bogor, tidak ketinggalan klub 4xj (jip jimny jangkrik Jogja) yang berasal dari yogyakarta ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.

Acara yang digelar mulai sabtu 17 mei 2014 meliputi acara gathering, kontes modifikasi jimny, CR (country road), champ of the champ serta berbagai acara game dan hiburan memeriahkan kegiatan tersebut.

jambore lj80 semarangAcara jamnas lj80 merupakan kegiatan hoby pemilik kendaraan suzuki jimny lj 80 atau dikenal juga dengan sebutan jimny jangkrik, jimny kotrik tersebut adalah kendaraan yang termasuk jip dengan penggerak 4×4, tentu saja disamping para penggemar mobil klasik tidak sedikit yang hadir adalah para offroader yang biasa memiliki kegemaran menjelajah medan offroad.

Pada acara pertama para peserta dimanjakan dengan country road atau berkendara dimedan offroad yang hanya bisa dilakukan oleh kendaraan berpenggerak empat roda yang dikenal dengan istilah 4×4, dalam gelaran acara ini tak ketinggalan komunitas 4xj (jip jimny jangkrik jogja) juga andil berperan memeriahkan CR yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas CR Fun atau 4×4 non winch dan CR extreme yang mewajibkan peserta dengan perlengkapan recovery lengkap termasuk winch.

jambore lj 80 semarangPada kelas CR non winch komunitas 4xj menurunkan beberapa mobil diantaranya adalah milik Bagus, Andri, Dwi, Bowo, Subari dan Totok, sedang pada kelas CR extreme komunitas 4xj hanya di wakili oleh Erwin dengan navigator Brahm Gandewa.

CR yang digelar di wana wisata penggaron tersebut menjadi obat kerinduan para pecandu offroad yang gemar memandikan mobilnya dengan lumpur, serta menjadi sepenggal surga bagi pemilik 4×4.

Komunitas 4xj yang di ketuai oleh Iqbal atau dikenal dengan sebutan pak Bram ini juga berpartisipasi dalam kontes modifikasi yang diwakili oleh mobil milik Guntoro dan dua mobil milik Lilik Aryanto yang salah satunya dibawa oleh Subari Sofyan dan sempat menyabet gelar juara.

jip jimny jangkrik jogja 4xjDalam acara jamnas lj 80 tahun 2014 yang berlokasi di wana wisata penggaron ini juga menjadi ajang ke akraban para pemilik lj 80 serta menjadi ajang beramah tamah menjalin keakraban komunitas, hal ini dibuktikan dengan hadirnya sebagian besar teman 4xj seperti Indro, Joko, Heri, Anto, Purwito meski terhitung tak muda lagi namun semangat kebersamaan serta jiwa petualang masih melekat pada tetua komunitas 4xj tersebut.

Acara jamnas lj 80 tahun 2014 ini diselenggarakan dua hari satu malam, dimana para peserta jamnas lj 80 bermalam di wana wisata penggaron berbaur dengan berbagi peserta yang berasal dari berbagai kota, ada yang bermalam di mobil ada yang bermalam di tenda yang telah disediakan panitya dan tak sedikit beberapa peserta yang mendirikan tenda (dome) sendiri.

Berbagai acara malam hari termasuk api unggun, sarasehan serta tari melengkapi malam jambore nasional lj 80 Semarang yang pada keesokan harinya dilanjutkan dengan acara Champ of the Champ atau balap 4×4 pada lintasan kecepatan, tak ketinggalan pada acara ini komunitas 4xj menerjunkan tiga mobil pada dua kelas dari tiga kategori perlombaan, pada kelas 1000 cc komunitas 4xj diwakili oleh Erwin kemudian pada kelas bebas diwakili oleh kendaraan Totok dan Probo.

Pada perlombaan kelas bebas salah satu mobil 4xj milik Probo sempat terguling yang oleh teman teman offroader disebut dengan istilah Klonthang (tergelincir terbalik), namun karena safety rollbar yang bagus pada kendaraan tersebut maka Dwi pengemudi dan Bram navigator tidak mengalami cidera pada insiden tersebut.

Minggu 18 mei 2014 tengah hari acara usai dengan ditutup pembagian doorprise dengan hadiah utama motor matic, setelah pembagian hadiah juara champ of the champ dilanjutkan dengan pemberian kenang kenangan dari panitya penyelenggara Jamnas lj 80 kemudian acara berakhir dengan ucapan selamat jalan dari JJS (jip jangkrik Semarang).

seiring selesainya acara jambore jimny lj 80 tahun 2014 peserta dari komunitas 4xj juga berpamitan untuk kembali beriring ke Yogyakarta dengan bersama sama, hingga sampai di rumah masing masing peserta dalam keadaan selamat dan siap berpartisipasi pada gelaran acara acara serupa dimanapun.
salam ……

 

Tags: , , , , , , ,

5 Responses to “Jambore lj 80 Tahun 2014 Semarang”

  1. Apa pun, selalu asyik jika dilakukan dan bersama orang-orang seminat.

    Salam persahablogan,
    @adiwkf

  2. benar sekali pak, tidak hanya menyalurkan hobi tetapi juga menambah pesaudaraan.

  3. Roy Jangkar ( LJOC )
    May 21st, 2014 at 12:14

    Salam sejahtera, untuk semua penggemar jimny jangkrik
    salut buat JJS sebagai panitia sudah sukses menyelenggarakan event jamnas lj 80 2014, kita tunggu tahun depan di kota bahari rekan-rekan.semoga persahabatan dan persaudaraan semakin solid dan terjaga.

    Salam

    RJ

  4. sukses jamnas jangkrik semarang, siiiiiiip lahh sayang saya gak ada tugas yang tak mungkin bisa di tinnggggal. semoga tahun depan bisa lebih menarik dan mudah mudahan kami sekkeluarga bisa ikut.

    saran : kalu bisa di utamakan kamar mandi dan toilet yang cukup ,atau pakei gerobak toilet yang bisa di akses para jamnas heheheheh.

  5. terima kasih buat sodaraku di khususnya 4xj yg telah berperan aktif didalam pelaksaan kegiatan jambore th 2014, semoga tali persaudaraan tetap terjalin …slam krik..krik

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>