Agustus 2010 lalu saya memperingati HUT RI dengan berbagai acara lomba dan pentas budaya dirumah saya sekaligus syukuran komunitas gunungkelir.

Gunung kelir sebenarnya hanya nama sebuah bukit di barisan bukit menoreh yang memanjang dari Magelang hingga Kulon Progo, asal muasal disebut gunungkelir hanya karena ada dinding batu yang terjal menyerupai kelir atau background dalam pagelaran seni padhalangan.

Bukit menjulang dihiasi batu putih yang curam tersebut di atasnya berdiri lima buah tower selular atau sering disebut BTS (Base Transmisi Station).

Gunungkelir juga sebagai nama sebuah dusun yang terletak dilembah bukit tersebut yang termasuk wilayah Desa Jatimulya, Kec Girimulyo, Kulon Progo, sedangkan Puncak Gunung Kelir berada di wilayah Desa Donorejo, Kec Kaligesing, Kab Purworejo, Jawa Tengah lebih tepatnya tebing Gunungkelir sebagai pembatas antara Jogjakarta dan Jawa Tengah.

Tempat tinggal saya sendiri sebenarnya masuk wilayah Kab Purworejo namun karena bermukim di Puncak Gunung Kelir maka sering kami menyebut sebagai kawasan gunungkelir, hingga saat membuat beberapa kegiatan dan berkelompok kami menamakan komunitas Gunungkelir.

Gunungkelir.com memang web pribadi saya dan gunungkelir community adalah komunitas kreasi anak remaja di kawasan gunungkelir yang salah satunya bergerak di bidang peternakan kambing etawa dan seni budaya daerah.

17 Agustus 2008 adalah awal berdirinya komunitas budaya gunungkelir yang para pelakunya adalah sebagian peternak muda, Remaja dan masyarakat Donorejo.

Komunitas gunungkelir berangkat berbudaya dengan maksud ikut melestarikan warisan kebudayaan leluhur berbagai kesenian khas daerah mulai dihidupkan kembali.

Krawitan atau seni bermain musik gamelan jawa (alat musik jawa) adalah yang mendasari kegiatan seni budaya yang lainnya di tempat kami yang kemudian disebut sebagai sanggar budaya gunungkelir.

Sebagian pemain gamelan atau krawitan adalah ibu-ibu kemudian mulai banyak diikuti oleh beberapa kalangan termasuk anak remaja di lingkungan saya.

Untuk melengkapi kegiatan seni budaya di lingkungan gunungkelir kemudian saya mengajarkan beberapa tari-tarian seperti tari kupu-kupu, tari abyor dan tidak lupa adalah tari dolalak (tarian asli purworejo).

Bertambah usia gunungkelir community bertambah juga simpatisan yang bergabung di dalamnya, makin banyak juga kegiatan yang digemari remaja dan kami sepakat untuk membuat seni tari jathilan (seni tari kuda kepang).

Berangkat dengan kemauan yang besar dari beberapa anak-anak kemudian kami membentuk kelompok seni tari jathilan.

Awalnya jathilan gunungkelir hanya sebagai bentuk kreatifitas dan penyaluran hobi bagi remaja, lama kelamaan seiring waktu tarian jathilan ini sering dipentaskan dalam setiap acara memperingati hari besar Nasional, namun sempat juga beberapa kali pentas di momentum lain seperti peresmian Pasar Desa Donorejo, juga tasyakuran Kepala Desa Pandanrejo.

Seni tari jathilan gunungkelir saya buat sebagai bentuk penyaluran kegiatan bagi para remaja di kawasan gunungkelir yang juga saya maksudkan penggalian kreatifitas dan pelestarian budaya.

17 agustus 2012 kebetulan dalam suasana puasa Ramadhan maka pada kesempatan kali ini tidak dipentaskan yang Insya Allah akan ditukar nanti pada perayaan silaturahmi lebaran dan memeriahkan tempat wisata goa seplawan.

Dalam kesempatan malam tirakatan 17 agustus 2012 saya mengucap Dirgahayu Rebuplik Indonesia dan selamat Ulang Tahun Jathilan Gunungkelir semoga bertambah usia semakin berarti dalam pelestarian budaya tidak lupa untuk kelompok seni budaya pedhalangan (krawitan pewayangan) gunungkelir.com makin sukses.

untuk yang berkenan melihat beberapa kegiatan dalam bentuk video sudah kami upload ke youtube silahkan klik tautan di bawah ini:

Jathilan Gunungkelir

Jathilan Gunungkelir pentas malam hari

Tari Abyor

Tari Ndolalak

Tags: , , , , , , , , ,

8 Responses to “Jathilan Gunungkelir”

  1. Selamat hari jadi untuk Komunitas Jathilan Gunungkelir. Semoga terus maju dan besar. 🙂

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

  2. terima kasih doa nya pakdhe

  3. 1. Selamat ultah komunitas gunung kelir
    2. Selamat ultah republik Indonesia
    3. Berkarya teruslah Resi Gunung Kelir, kangen ngobrol nih 🙁

  4. Met Milad buat Jathilan Gunungkelir, dan Met Lebaran, Mohon Maaf Lahir Batin ya om (worship)

  5. padahal jathilan kie kesenian seng apik nggo anak putu, ngono kok eneng seng maido jathilan kie kesenian seng olo?

    kudune seng ngomong olo, moco tulisan iki disek sak durunge sumaur 🙂

  6. Ouuuhhh jadi tahu banyak budaya Jawa 😀

  7. belum pernah sukses melaksanakan rencana nginap di gunungkelir dan membuat api unggun di sana 🙁

Trackbacks/Pingbacks

  1. gunungkelir | Gunungkelir

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>