Selasa Kliwon 23 November 2010

Pagi itu saya terbangun dari tidur yang tak lama karena malam harinya saya ngobrol panjang lebar dengan teman teman di Joglo Abang Jogjakarta seusai nonton film bareng para pengungsi yang di selenggarakan oleh tim Internet Sehat ( kang Dony BU dan mas Arief TS ) tambah kang Andy Mse (kecakot) Suryaden dan Yoyok (Joglo Abang) dan sedikit diskusi bersama mas Suparno, Dion,Darmanto Dkk (Pro fauna)

Menjelang pagi kami baru bisa terlelap namun jam 6 pagi sudah terbangun oleh persiapan dari teman teman pro fauna yang menata BBM solar untuk membakar bangkai ternak di seputar pangukrejo Umbulharjo.

Dengan sedikit mengantuk saya pun mandi lantas berganti baju dan bergegas menyiapkan kendaraan 4×4 saya untuk membawa logistic dan sebagai pembuka jalur kea rah Umbulharjo.

Beberapa menit kemudian Team Relawan dari Profauna semua sudah siap dan rapi dengan semua peralatan mereka untuk membakar bangkai ternak yang mati terkena awan panas Merapi.

Briefing sebelum berangkat dalam tugas

Sekitar jam 7 pagi kita berangkat ke Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan kabupaten Sleman untuk bertemu  dan melakukan koordinasi dengan kepala dinas dan tim yang juga Ikut mendampingi prosesi pembakaran bangkai hewan yang kebanyakan adalah ternak sapi milik warga,

Setelah ada beberapa persiapan kecil menambah bahan bakar Bantu yaitu ban bekas serta olie bekas kita melakukan briefing bersama dengan tim dari Dinas Peternakan Kab Sleman .

Tim Pembakaran Bangkai ternak akhirnya terbagi beberapa Mobil , Mobil pertama adalah mobil saya sebagai pembuka jalur lengkap sebagai rescue dengan 3 orang penumpang penyedia logistic solar dll, mobil selanjutnya Kijang pickup milik disnak yang juga berisi sepasukan pembakar bangkai dan mengangkut ban bekas sebagai bahan baker pembantu dalam membakar bangkai binatang, Mobil ketiga adalah Kuda berisi team Profauna dengan beberapa alat medis utuk safety semua pasukan pembakar , lanjut mobil berikutnya adalah relawan dari Tim Internet sehat yang juga membawa sepasukan kecil untuk membantu proses pembakaran bangkai ternak , dan di iringi mobil yang membawa kepala Dinas Peternakan Kab Sleman .

Setelah semua tim kami siap maka kami berangkat dan melalui pos polisi yang berada di RM Morolejar ,dari sana kemudian kita di Bantu 2 mobil TNI berikut pasukan nya untuk memback up pekerjaan kita setelah kita memasuki desa Umbulharjo kita juga di dampingi beberapa personal dari kepolisian yang juga membantu pekerjaan membuka Blokade pohon yang tumbang serta pagar penghalang.

Animal Rescue Team dengan Mobil 4×4 memanfaatkan Winch menarik pohon

Bekerja sama dengan TNI dan Polri tim Internet sehat dan Profauna membuka Blokade pohon tumbang yang menghalangi jalan masuk ke daerah Kawasan Rawan Becana ( Blokade dimaksudkan agar orang yang tidak memiliki kepentingan tidak masuk ke area ini dengan tanpa koordinasi dengan satuan pengamanan bencana agar tak menambah daftar korban bencana Merapi baik korban jiwa maupun material )

siera 4×4 kanvastop berjaya membuka blokade dan membawa logistic

Dalam pelaksanaan pembakaran bangkai ternak yang di laksanakan di kawasan terkena bencana tim Profauna yang bergabung dengan tim dari Dinas Peternakan di bantu dan di kawal oleh satuan PATWAL polri dan dua Mobil  pasukan TNI yang bahu membahu bekerja memusnahkan bangkai ternak dengan di bakar agar tidak menimbulkan penyakit.

Identifikasi ternak dengan lokasi pemilik untuk kelengkapan data sebelum pembakaran

Sebelum melakukan pembakaran bangkai ternak semua tim membuat data terlebih dahulu dengan memberikan nomor serta mengenali daerah di buat dalam dokumentasi foto sebelum pembakaran untuk melengkapi data yang dibutuhkan dinas peternakan Kab Sleman.

Demang Joglo Abang In Action

Dalam Proses pembakaran bangkai ternak ataupun hewan akan dilakukan di lokasi sampai tak bersisa (dipastikan tidak ada sisa bangkai ) agar tak menimbulkan penyakit bagi manusia.

Gambar kedasyatan awan panas Merapi di Pangukrejo Umbulharjo


Semoga tak terulang lagi

Dalam hati kecil saya tak mampu berucap banyak hanya sepatah doa semoga ketabahan dan kesabaran melimpah atas semua dan semoga mampu mengambil hikmah terbaik ats segala kejadian ini.

Semua yang terjadi adalah di atas Kehendak Allah dan atas kekuasaan nya pula kita akan kembali bangkit di atas bencana ini semoga Allah SWT juga memberi kekuatan dan kekuasaan Nya

Berbagi Paket Sembako untuk masyarakat yang berjaga di KRB (Kawasan Rawan Bencana)

Terima Kasih untuk semua doa dan uluran bantuan  kawan kawan yang sangat berati meringankan beban bagi sesama

Tags: , , , , , , , , , , , ,

16 Responses to “Kabar Profauna dan Merapi”

  1. betul2 bencana yang cukup besar
    semoga tidak terulang lagi

  2. semoga ini adalah kemarahan terakhir sang merapi

  3. bangkai-bangkai itu jika tidak dibersihkan.. bahaya kolera akan sangat mengancam…

  4. ah… “hanya” melihat bangkai hewan-hewan itu saja airmata menitik…
    apalagi melihat keseluruhan bencana di sana ya…

    Kadang kami tidak terpikirkan sampai harus membakar hewan-hewan yang mati itu ya. Meskipun mungkin bukan wewenang aku, tapi terima kasih untuk tim Pro Fauna dll yang sudah mengamankan bangkai hewan ternak tersebut.

    EM

  5. sebuah tindakan yang mulia, semoga semua mendapat berkah

  6. Wah, edan… bisa sampe kayak gitu…
    Kuwi foto bathang sapine iso nganti kisut ngono saking panase ketoke yo Mas

  7. mengerikan…

  8. well done brada…
    semoga segala daya upaya yang dilakukan bisa segera memulihkan keadaan yang ada.

  9. mantap jaya….

  10. Semoga segala usaha, biaya dan tenaga yang dikeluarkan oleh para relawan mendapat balasan yang setimpal dari Yang Maha Kuasa.. Amin

  11. Turut mendoakan saja mase, gak sempet membantu langsung ke TKP. Semoga segala yang terjadi bisa diambil hikmahnya.

  12. Mantaps …siera..siera…lolos di sleman maupun klaten….TOP BGT

  13. apdeeeeet…. etawaaaaa… 😀

  14. Salu untuk Pro fauna dan mas Totok 🙂

  15. tindakan yang kau lakukan sangat membantu.. bangkitlah

  16. WASPADA ! DENGAN DISAKSIKAN TUHAN ALLAH SWT. SUKIJO GUNUNG PENTUL, KARANGSARI, PENGASIH TENAGA BENGKEL SEPEDA MOTOR UTARA MASJID AGUNG WATES ADALAH PENADAH DAN PEMAKAI BARANG-BARANG CURIAN, KERUGIAN PARA KORBAN MENCAPAI 75 JUTA RUPIAH. PENGIRIM BERITA PAIJO INTEL

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>