kam-anka1Beternak kambing Peranakan Etawa sudah lama diusahakan oleh petani atau masyarakat di wilayah Desa Donorejo, Kec Kaligesing, Kab Purworejo,d an wilayah sekitarnya .

Saya sendiri di luar kesibukan saya sebagai  Kontraktor, juga mencoba untuk berinfestasi dalam beternak kambing jenis Peranakan Etawa ini sebagai usaha sampingan atau tabungan karena pemeliharaan dan pemasaran hasil produksi (baik daging, susu, kotoran maupun kulitnya) relatif mudah.

Meskipun secara tradisional telah memberikan hasil yang lumayan, Namun apabila pemeliharaannya ditingkatkan atau dilakukan secara intensif, tentu sangatlah memungkinkan untuk mendapatkan hasil yang lebih , dan juga menjadi salah satu alternative usaha sendiri yang prospektif.

Untuk memulai usaha ternak kambing jenis Peranakan Etawa ini Ada beberapa hal pokok yang harus diperhatikan , di antaranya adalah:

1. Bibit, ( calon indukan atau calon pejantan )

2. Makanan Ternak .HMT( Hijauan Makanan Ternak ),

3. Management dan Sistem Perkandangan

BIBIT

Dalam hal ini saya belajar pada para petani secara wawancara dan mengambil garis besar dari beberapa sumber baik petani dan tenaga penyuluh peternakan ,bahkan kadang juga mengadakan waktu kusus untuj mendatangi beberapa orang yang sudah dianggap tokoh dalam memelihara kambing jenis Etawa ini.Pada perinsipnya memilih bibit adalah harus disesuaikan dengan tujuan kita untuk usaha ternak kambing jenis ini

Sejak tahun 2001 saya memulai dengan panduan beberapa petani ternak di Desa Donorejo , mecoba memilih bibit dengan Kriteria seperti yang banyak di tuturkan oleh kebanyakan para petani tersebut .

Pada dasarnya beternak kambing Jenis Peranakan Etawa ini  adalah dengan tujuan untuk produksi susu ( di perah ) namun untuk kebanyakan masyarakat di lingkungan saya masih sekedar membibitkan dan untuk proses perah tidak dilakukan disini.

Secara umum ciri bibit yang baik adalah yang berbadan sehat, tidak cacat, bulu bersih dan mengkilat, daya adaptasi tinggi terhadap lingkungan.

Untuk memilih bibit Kambing Etawa ini ada beberapa ciri yang umumnya untuk pedoman para petani ternak di sekitar saya :

Calon Indukan

Kepala jenong ,Telinga lemas dan panjang kira kira 30 cm ( Warna bulu kepala hitam )

Tubuh Besar ,Perawakan gempal dan tinggi, dada dalam dan lebar,

Punggung dan pinggang memiliki tulang yang lurus,

Jinak ,Tidak Cerewet ( tidak suka mengembik )

Bentuk Kaki panjang ,lurus,tumit tinggi.jenis kukunya terbelah rapi

Bentuk Rahang kokoh Gigi lengkap, mampu merumput dengan baik (efisien)

Dilahirkan dari Induk yang muda serta memiliki garis keturunan baik

Ambing simetris, tidak menggantung dan berputing 2 buah.

Calon pejantan

Bentuk kepala yang jenong dan memiliki dahi yang berjambul

Tubuh besar dan panjang dengan bagian belakang lebih besar dan lebih tinggi,

Dada lebar, tidak terlalu gemuk, gagah, aktif dan memiliki libido (nafsu kawin) tinggi.

Memiliki bulu jenggot dan kulit leher yang lemas

Warna bulu kepala hitam legam dan memiliki tanduk yang rapi

Telinga lemas terjurai kebawah dan panjang

Kaki lurus dan kuat.bulu kaki panjang ( rewos )

Umur antara 1,5 sampai 3 tahun.

nah dari paparan tersebut kita baru memiliki poin pertama untuk memulai usaha beternak kambing Peranakan Etawa ini ,karena secara garis besar untuk usaha beternak kambing Jenis ini memang harus selektif sekali karena jika tidak hati hati dalam memilih bibit yang baik kita hanya merugi ,karena daya jual anakan kambing ini tinggi jika memiliki kriteria yang banyak di sepakati oleh pasar.

Beberapa pengalaman dan pengamatan saya selama ini jika salah dalam memilih induk maka kita hanya mendapatkan besarnya tapi tidak menghasilkan keturunan yang baik dan tidak memiliki daya jual yang tinggi ,untuk anda yang berminat beternak ini nantikan postingan saya selanjutnya dan untuk analisa hasil usaha Insya Allah masih dalam prosses

Anda tertarik memiliki bisnis infestasi seperti di atas silahkan mencoba kami siap membantu

Sumber : Petani ,PPL ,Pengalaman Pribadi

Donorejo 12 Sep 2008

Tags: , , , , ,

31 Responses to “Kambing Etawa 2”

  1. coba bukit menoreh itu dekat yah 😀 *menghayal ternak kambing*

    Gentho : Aha nggak harus dekat om Infestasi aja disini dan nikmati hasilnya

  2. Wahhhh Informasi bermanfaat nih mas klo mau beralih profesi ke perkembang biakan kambing

    Salut mas atas informasinya mas

    Gentho Say : heheh makasih mas dan saya juga masih belajar kok mas

  3. Salut Mas, ditengah kesubukannya masih ada waktu buat ngingu wedhus, bgeblog dan mampir ke blog saya.
    Trims atas apresiasinya.
    Percayalah, saya tak akan gegabah pejet2 tombol “undo”.
    Sukses selalu…

    Gentho say: iya Pak Marsudianto Makasih atas kunjunganya membawa berkah di Gunung kelir nih hehehe

  4. saya lebih percaya teori Njenengan soal beternak kambing akan membebaskan prmiliknya bebas finansial dari pada ceramah R. kiyosaki dan penganutnya

    Gentho Say : weh Mr Gus bisa Aja nih jadi mau nih

  5. Mr Gus Bisa aja nih heheh saya masih belajar dan praktek belum lama kok Makasih Mr Gus

  6. wah ilmu yang menarik pak 😉

  7. emang kambing mas Totok udah banyak trus siapa yang merumput mas apa mas bisa heheheheh kalo nggak salah kan mas totok……….Udah Mbos jadi kalo pas dinas luar atwa ke luar kota trus kambingya gemana …..

  8. weh sekarang di rumah sambil njuragan kambing to mas …aku dapat kabar dari Benno ….
    Kapan maen ke Kantor weeeh dah jadi Bos di kantor sendiri jadi lupa nih ………..ama kita kita

  9. Semakin membudayakan usaha peternakan di tanah air pak.

  10. wuihh… sowan sama yang punya gunung ah…

    —ckckck… orang kaya… jangan lupa SPT Tahunannya, mas—

    hahahahahaha

  11. Udah mulai dalam bisnis ternak kambing etawa, Mas? Bagaimana prospek bisnis penggemukan saja tanpa beternak? Terimakasih…

  12. siip bisa belajar nih….
    kang entar japri ya
    😀

  13. Gitu ya pak. wah, kayaknya saya bakal jadi makelar nih. Tawarin k teman-teman bisnis baru. 😆

  14. MAS, apakah bisa belajar / mengadakan pelatihan? sehingga setelah belajar bisa memulai..ternak kambing ini..

    salam/
    Karjatno

  15. mas Karjatno : boleh aja mas tinggal di atur waktu dan tempatnya selamat berkarya dan kita tunggu komunikasinya

  16. Hilman Nur Hidayat
    November 17th, 2008 at 17:50

    Saya pernah belajar tentang Sinkronisasi Estrus di Akademi Penyuluhan Pertanian Magelang di tahun 95-an (Acara ISMAPETI). Disana diajarkan menggunakan Oestradiol Benzoat untuk sinkronisasi estrus tsb. Ada yang bisa membantu dimana bisa dapatkan Oestradiol Benzoat tsb ya?. Ada informasi?

  17. Salam kenal mas.
    Saay tertarik sekali sama dunia ternak menternak. Nah kbtulan skali sy juga masih browse di internet ttg ilmunya.
    Sy jug lagi belajar nernak nih, cuman masih kambing lokal, pengennya si nenak Etawah. Lha kalau nyari bibit sama mas bisa? Trus kalau bibit itu pindah antar propinsi apa ya harus ada surat-menyurat dari Dinas Peternakanya? Msial nih kambing itu akan saya pelihara di Bali, cuman nyari bibitnya dari daerah lain, dari Gn KElir misalnya. Itu gimana mas?
    Thks!

  18. sebelumnya trima kasih atas info yg telah mas sampaikan mengenai beternak kambing etawa. sudah beberapa bulan ini memang sy sudah sedikit demi sedikit mengumpulkan pengetahuan mengenai beternak kambing etawa, karena sy ada rencana utk beternak kambing ini. ada beberapa hal yg ingin sy tanyakan, saya berencana beternak di daerah jakarta atau bogor, tetapi sy masih mencari lahan yg mendukung. menurut mas jika di jakarta sebaiknya di daerah mana yg mendukung beternak kambing etawa? apakah kondisi/iklim juga berpengaruh dlm beternak? pertimbangan sy beternak di jakarta agar mudah dalam pemasaran hasil dan persaingan masih sedikit, tetapi di lain sisi sya kemungkinan akan mengalami kesulitan dlm mencari pakan ternak terutama pakan hijau/rumput. selain itu jika sya ingin mencari bibit kambing yg unggul, kira-kira di daerah/wilayah mana bisa saya dapatkan. atas penjelasan dari mas, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  19. mas djun dah dapat daerah yang bagus untuk bibit kambing etawa tdk? bagi2 kl dah dapat mas.

    dr ari

  20. saya cari indukan susu murah harga 1,5jtan, elek rapopo aku duwe pejantan sik apik.

  21. koploh ora popo, tukar tambah ama dere, aku punya dere 2 ekor harga 1,8jt @ 900rb. bales ke email saya ya. thank kayu.

  22. afilrobjr@yahoo.co.id

  23. wah jadi pada jualan kambing to……..,bawa ke pasar pendem aja….
    he he he……..
    kalau cari rumput jangan nyolong punya tetangga ya semuanya………..

  24. Minta tolong teman-teman yang tau,pembibitan kambing etawa di daerah Jatim. Aku tertarik dengan peternakan ini. semoga ada yang bisa bantu aku,lagi pula akau juga masih mau belajar.

    Salam
    Suparman.

  25. zainal arifin
    May 4th, 2009 at 11:27

    Bos,
    Tanya donk
    aku dimakelarin bapakku dibeliin kambing
    baru lahir dihargain 2.5 jt (jantan+betina)
    aku mau tanya skema bagi hasil umumnya gimana ya?

    kalo yang dimakelarin bapakku itu gini :

    Sekarang beli 2.5 masih berupa bayi, aku minta orang lain sebut saja pak jair melihara.

    Kalo nanti yang jantan dah gede dan dijual, laku berapa akan dibagi 2, misal kalo laku 4jt aku 2jt pak jair 2 jt.

    Kalo yang betina punya anak pertama, kembar berapapun, semuanya akan dimiliki pak jair.

    Terus jika yang betina punya anak ke 2, kembar berapapun, hasil penjualan akan dibagi 2, misal anaknya 2 laku 3 juta, aku 1.5jt, pak jair 1.5jt.

    Tolong dishare ya skema kalo di kampung sampean gimana?

    O iya kampung ane di desa tenggur kecamatan rejotangan kabupaten tulungagung…

  26. Saya mau menjual kambing PE 11 ekor. 1 pejantan usia 4-5 tahunan, 1 indukan usia 4-5 tahunan yang kemarin melahirkan anak 3, 2 indukan tanggung usia 2-3 tahunan, 1 betina usia 10 bulanan, 1 pejantan usia 8 bulanan, 3 pejantan anak kambing usia 5 bulanan, 2 betina anak kambing usia 5 bulanan. Dengan seharga 30 juta (negonya lihat kondisi kambing)
    alamat Bogor, cisarua, Jl batulayang desa batu sapi rt/rw 06/04. Thanks……
    no hp 085697500550
    saya pelajr sma, jadi jam sekolah harap dimengerti….

  27. Sy mau cari indukan PE yg bagus,klo daerah Sleman tepatny dmana?Atau Tlong mau cari yg betina PE.

  28. boleh juga masukannya untuk jadi bahan pertimbangan second job nih

  29. ciri-ciri kambing yang bagus bagaimana?

  30. saya andi dr klaten punya pejantan PE tapi kepala coklat badan bgs libido tinggi kira2 umurnya 2thnan lah mau di jual kalo ada yg berminat hub.081215122303.Gak mahal2 kok.

Trackbacks/Pingbacks

  1. …durung kuwat kanggonan pulung « Saktipaijo’s Weblog

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>