Kambing EtawaKali ini saya akan melanjutkan tulisan saya mengenai Kambing Etawa dan tata cara berternak kambing etawa pada bagian yang terdahulu saya telah menyampaikan beberapa uraian tentang pendahuluan cara pemilihan bibit kambing etawa, sebelum saya menceritakan penjualan atau harga kambing Ras Etawa yang mencapai puluhan juta saya akan menyampaikan macam macam makanan ternak kambing etawa

MAKANAN

Untuk hal ini kalau di paparkan secara rinci munkin butuh waktu lebih dalam waktu sehari namun saya akan menyampaikan uraian singkatnya pada dasarnya Jenis dan cara pemberiannya disesuaikan dengan umur dan kondisi ternak. Pakan yang diberikan harus cukup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral,( bila di pelajari secara runtut menurut disiplin ilmu peternakan ) mudah dicerna, tidak beracun dan disukai ternak, murah dan mudah diperoleh. Pada dasarnya ada dua macam makanan, yaitu hijauan (berbagai jenis rumput) dan makan tambahan (berasal dari kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil kelapa, vitamin dan mineral).

untuk jenis HMT ( hijauan makanan ternak ) dapat saya sebutkan berdasar pengalaman para peternak yang telah memelihara kambing jenis etawa dan berdasar para nara sumber yang berdasar para petani banyak sekali macam untuk HMT beberapa jenis akan saya sebutkan :

Kaliandra

Dadap

Glagahan

Rumput Gajah

Daun Nangka

Daun Singkong ( beserta singkongnya )

Daun Ketul sapi

Jagung Muda beserta pohonnya

Daun Sengon ,Mahoni

Daun Waru Rengis

Daun rereside.

.

.


dan beberapa rumput yang namanya asing untuk di sebutkan..

kemudian untuk beberapa makanan tambahan seperti : Polar,Bungkil,Gula Jawa,Singkong ,Buah nangka (hijau)kulit kedelai.dll

Cara pemberiannya :

  1. Diberikan 2 kali sehari (pagi dan sore),sedang untuk volume kira kira berat rumput 10% dari berat badan kambing, berikan juga air minum 1,5 – 2,5 liter per ekor per hari, dan garam berjodium secukupnya.
  2. Untuk kambing bunting, induk menyusui, dan pejantan yang sering dikawinkan perlu ditambahkan makanan penguat dalam bentuk bubur sebanyak 0,5 – 1 kg/ekor/hari.

Bila mungkin anda belum tertarik dan jika anda butuh bukti kami menunggu kedatangan anda bertandang di wilayah kami anda akan tergiur mendengar harga kambing betina umur 4 bulan sudah mencapai harga diatas 4 juta dan mungkin anda akan lebih tercengang bila menyaksikan kisaran harga kambing ada yang pernah senilai mobil toyota avansa baru mungkin anda sangat di buat heran tapi datanglah dan saksikan transaksinya di pasar kambing etawa di tanah kelahiran saya setiap hari sabtu ………

jadi berbagilah kepada insan petani kita nggak bakalan miskin

Maju Bersama Petani dan Kita Berbagi

Tags: , , ,

32 Responses to “Kambing Etawa 3”

  1. wah, jadi semakin tertarik utk ikutan beternak ettawa, mas totok. kutunggu info penting selanjutnya.

  2. sippp

  3. Boleh copy paste artikel nya Mas
    makasih sebelumnya

  4. denger kata kambing, jadi ingat seseorang 😉

  5. wah bagus nih sapa tau nanti kuro mau banting setir jadi pengusaha kambing 😀

  6. Sequel Kambing Etawanya sampai berapa ya… Kok seperti Rambo. Ada Rambo1, Rambo2 dst…
    Sukses buat Mas Totok sekeluarga…

    genthokelir: heheh itu karena kalo di sampekan sekali menjenuhkan dan sebagian masih dalam proses melengkapi data dari petani hehehem

  7. Makasih infonya mas Gentho! Tips and tricks part-1 dan part-2 sudah mulai dipraktekkan di kelompok tani kami. Yang ini menyusul… Masih ditunggu lho part-3-nya.
    Tahun lalu kami ketipu, dapat bantuan dari pemerintah, menurut suratnya adalah PE = peranakan ettawa, namun yang turun kambing jowo alus…
    *Apa kambing PE bila dipelihara bukan di tempat asal juga bisa mencapai mutu dan harga yang sama seperti di daerah asal (Purworejo)???

    genthokelir : waduh kasian mas memang kadang ada yang curang begitu kalau untuk beternak etawa memang memiliki daerah khusus seperti daerah yang tidak terlalu panas dan perinsipnya bisa di mana saja asal cara merawatnya sama untuk harga sama saja karena dilihat dari bibitnya selamat beternak kalo nggak ingin repot ya infes saja di petani lingkungan saya hehehem

  8. sharing ilmunya bagus mas , cukup bermanfaat terutama untuk peternak kambing etawa . Di musim kering ini kita mempunyai kendala terutama dalam pengadaan pakan ternak .

    BR//crew

    kambingonline.net

  9. hmmm…kambingnya menggairahkan

    Genthokelir : Kebetulan yang di foto kambing betina siap kawin hiks hik

  10. wah saya tertarik nih… email ke saya donk.. kalo bisa sih nomer hape sampeyan.. biar bisa konsultasi… hehehe

    email saya ya yg ada di komentar…

    genthokelir : woke mas apa yang saya bisa bantu tak bantu

  11. “Kisaran harga kambing senilai mobil toyota avansa baru?!!!!”
    Aih!!!
    Padahal kalau diperhatikan, makanannya bukan yang njlimet gitu ya? Ini soal ketelatenan barangkali, Mas?

    genthokelir : sebenarnya lebih bisa dikatakan Prestige Mas kalo orang tertentu memiliki kebanggaan dengan memiliki kambing ini terlihat sebagai selera pemiliknya lha saya memanfaatkan celah gengsi orang heheheh jualin kambing untuk orang yang bergengsi saya nikmati hasilnya

  12. Wah peternak yah..sayang modalnya cukup besar..
    Tapi kalau lahan ada bisa juga nih…jadi inget lahan mertua di kampung he..he
    nice info dan bermanfaat mas thx

    genthokelir :
    wah sbenarnya nggak harus modal besar karena saya memulainya dari yang saya mampu makasih salam kenal

  13. Sengon bagus buat etawa dan pohon sengon cepat tumbuh jk diambil daun2 cabangnya (“ditutui”) dan diberi srintil kambing. Alam Indonesia memang luar biasa dan berkah tersendiri. Saya jg baru mulai ternak etawa 8 bulan ini. Saya ingin menyambung kontak dan kalo bisa konsultasi dengan pengusaha sukses spt panjenengan. Kira2 email yg bisa saya hubungi dimana ya pak?

    Salam

    Hendra

  14. salam ternak terima kasih anda telah menyempatkan membac di sisni dan selamat atas percobaannya semoga sukses
    saya sendiri juga termasuk belajar mas dari tahun 2000 saya memulainya dan sekarang juga sedah mulai menikmatinya
    email saya setiap anda berkoment saya akan membalas ke email anda terima kasih

  15. info yg menarik mas..kebtulan dq lg nyarik-nyarik kambing,,mo buat aqeqah putriku..brapaan tu mas ya?

  16. wah wah kalo harga sangat variatif sekali mas tinggal datang ke pasar cari harga yang cocok dan anda bisa meminangnya

  17. wah saya pertama tertarik ternak kambing etawa tapi ketika mulai harga menjadi tidak masuk akal jadi males bukan karena tidak sanggup beli tapi sudah menjadi permainan bukan lagi produk yang bermutu tapi udah kaya ikan louhan, jemani dll yg intinya adalah sarana bisnis pedagang besar yg sedang mencari keuntungan dg menjadikan masyarakat obyek

  18. tertarik dan tidak tertariknya anda masih bukanmerupakan kuntungan dankerugian bagi masyarakat peternak kambing etawa di desa kami kok makasi toh selama ini masyarakat di lingkungan desa kami lah yang menjadi pedagangnya dan tidak seperti jenmani dll yang di monopoli kambing ini di miliki semua petani di lingkungan kami kok dan merekalah yang meraup keuntungannya selesai hahaha

  19. kambing ya harganya tuh maksimal seharga dengan harga daging per kilonya kalau udah seharga avanza yah itu mah permainan dan patut dicurigai dong memang masyarakat mudah tergiur dg untung tapi harus hati2 mensikapi, emang kambing yg seharga avansa tuh bisa beranak sekaligus 100 ekor?kan nggak mungkin paling cuma permainan pedagang untuk mendongkrang animo masyarakat agar rame2 beli/ ikut2an ternak yang ujung2nya yg biasanya harga 1jt jadi 4jt tinggal kalikan aja brp lakunya karena banyaknya masyarakat yg dibodohin

  20. andaikan yang terjadi itu seperti analisa anda mungkin masyarakat desa saya sudah lama dari 4 tahun lalu tak beternak kambing itu lagi dan jika anda mencermati dari semua tulisan pasti tak seceroboh ini saya menulis mas sebab saya tidak memiliki kepentingan memprofokasi dalam publikasi saya juga karena telah banyak terbukti di masyarakat itupun bukan saya dan saya bukan orang yang di untungkan di dunia kambing permainan pedagan ataupun tidak terbukti masyarakat desa kami yang di untungkan selesai

  21. makasih mas penjelasannya sebelumnya minta maaf jika ada kata2 yg kurang sopan,

    makasih

  22. Numpang tanya nih, kalau kambing etawa diambil susunya apa bisa setiap saat atau nunggu di bunting dulu ? atau nunggu anaknya lahir baru bisa peras susunya ? mmaf saya buta sekali hal per kambingan.
    saya ingin nyoba ternak kambing boer dan etawa, saya baca ( masih baca belum action )koq bisa diandalkan sebagai penghasilan ke 2.
    Apa punya info peternak Etawa di Jatim ? kebetulan saya tinggal di Bali kalau ambil di Jateng kayak kejauhan
    Bener tidak ? he…he.. ( maaf niru gaya AA )

  23. mas, saya punya rencana mau kirim kambing jenis ini ke aceh, untuk kegiatan pesantren anak anak korban tsunami disana, bisa nggak saya dapet tehnik tehnik pemeliharaan kambing etawa ini via email, biar bisa jadi bacaan buat mereka disan.

  24. Mas saya sangat tertarik untuk ternak kambing PE, cuman mshnya saya buruh di luar kota , gmn klo kita sisitem gaduh dulu, apa ada yg mau ? trus sistemnya gmn ya, balas ke email saya.

  25. saya sedang memulai berternak kambing etawa,mencari info sebanyak mungkin untuk mengembangkan ternak kami ini,dan pemasaranya untuk perkembangan kedepan lebih baik.jika berkenan mohon bantuanya.hp 081315209323 / ke alamat email kami .terimakasih.

  26. Mas kalau kambing Etawa diberikan makanan kulit kakao yang di fermentasi dalam drum selama 15 hari ga apa2 yah….

  27. bapak totok

    gmn caranya ya?

    agar kambing etawa aseli purworejo itu menjadi Khas Purworejo

    solae aku risi nek di aku2 tempat lain?

  28. Salam kenal,

    Mas, saya mohon informasi.
    kalau mau menernakan (reproduksi) kambing PE, apakah induknya PE juga (jantan betina) atau harus Etawa jantan dgn kacang betina?
    Terima kasih.

    Was.
    RIZA

  29. Salam kenal,

    Thanks ilmunya Mas,kami mhon panjenengan jdi teman kerjasama dg kami!
    Kami Tim ASPEKINDO (Asosiasi Peternak Kambing Indonesia)
    Kami infokan kpd teman2 pembaca semua bahwa BANK JATIM memberi bunga khusus utk Peternak yaitu cuma 0,5% perbulan ato pertahun cuma 6%
    Bagi yg ingin kerjasama bisa menghub kami di 081387121000(Bp. Iwan)
    iwan_ss99@telkom.net
    Kami lagi bangun kerjasama membentuk badan usaha yang bisa menampung susu kambing, air seni, kotoran/ srintil, bibit unggul, dll
    Kami sudah punya lebih seribu anggota peternak yg punya kandang bagus2 yg siap diajak kerjasama bagi hasil, gaduhan 50% : 50% atau sesuai permintaan investor. yg jelas kami ingin kerjasama saling menguntungkan & langgeng.

    Terima kasih.

    Iwan

    Reply

  30. cari bibit etawa dmna yaw?

  31. Salam kenal dan salam sukses mas Gentho

    Jadi ingat masa -masa Ngarit dulu he..he.. , baru tau kita tetangga dekat(10km) , tapi sekarang aku tinggal di kalimantan, kalau boleh tau kali gesingnya mana mas?

  32. salam kenal mas

    mas, klo kambing PE dikasih daun singkong piye mas? sae nopo mboten?

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>