kandang2Menanggapi beberapa pertanyaan teman teman via email dan lainya sebaiknya saya postingkan disini saja , sekalian mohon maaf jikala saya terlambat membalas komentar .maklum masalah ketersediaan jaringan saat tidak di rumah ,jadi terpaksa postingan menumpuk dalam draf .( Berkilah hahaha )

Dalam memelihara ternak kambing etawa tentu akan muncul persoalan tempat memeliharanya , yaitu kandang kambing.

Sebenarnya kandang kambing etawa secara umum memiliki fungsi yang serupa dengan rumah , jadi bayangkan saja ketika kita menjadi kambing ( hahaha ) tentu kita harus memiliki keseriusan dan ketelitian agar kandang tersebut menjadi nyaman bagi kambing yang akan tinggal di dalamnya.

Sedang perinsipnya membangun kandang etawa adalah memiliki tujuan agar kambing nyaman dan bisa bereproduksi secara normal.

Apabila membangun kandang kambing etawa hendaknya memiliki fungsi sebagai berikut :

1. Kandang Kambing adalah tempat aktifitas kambing ,seperti makan ,tidur,kencing,minum dan lain sebagainya.

2. Kandang kambing sebagai tempat berlindung dari panas , hujan,dan terpaan angin.

3. Kandang kambing sebagai tempat berlindung dari pemangsa atau hewan penggangu lainya

4. kandang kambing sebagai pencegah liarnya kambing etawa ,atau menghindarkan kambing untuk memakan dan merusak tanaman lain.

5. Kandang kambing sebagai tempat penjagaan dan pengawasan ternak

Membangun kandang kambing etawa memang agak lain dengan membangun kandang ternak seperti sapi atau kambing domba ,karena ke unikan kambing etawa ini terlahir dari sebuah kebiasaan masyarakat di sekitar ternak itu berasal yaitu Purworejo.

Tentu melalui proses perkembangan serta uji kelayakan di lapangan yang cukup lama dan panjang yang dilakukan para peternak di desa kami hingga kini melahirkan desain yang di sepakati oleh sebagian besar peternak di lingkungan saya.

Kandang Kambing Etawa biasanya di buat berpanggung dengan tujuan air kencing dan kotoran bisa jatuh ke bawah melalui sela lantai panggung ( tataban ) karena kotoran dan air kencing akan menganggu kesehatan ternak jikala bersentuhan langsung dengan kaki kambing.

Lantai bawah panggung biasanya juga merupakan tempat mengumpulkan kotoran kambing yang bisa di gunakan menjadi pupuk, bahkan beberapa teman peternak yang sudah maju biasanya membuat lantai ini dengan di semen dan dibuat kemiringan agar supaya kotoran mudah mengumpul , bahkan ada juga yang di desain untuk mengumpulkan air kencing kambing yang juga sebagai pupuk.

Membangun kandang kambing etawa memang sebaiknya tidak terlalu dekat dengan pemukiman namun jikala terpaksa juga tidak terlalu riskan karena jika kita rajin membersihkan dan dengan sanitasi kandang yang baik tidak menimbulkan bau yang menganggu, kebanyakan peternak di lingkungan saya juga membangun tidak jauh dari rumah, namun jikala anda membangun dengan tujuan untuk memelihara dalam jumlah banyak tentu harus di perhitungkan lebih matang.

Untuk skala pemeliharaan dalam jumlah kecil di bawah sepuluh ekor tentu sangat sederhana dan murah ,karena pada perinsipnya se ekor kambing membutuhkan luas 1,5 m untuk ruang geraknya .

Membangun kandang etawa memang harus di batasi, tentu agar membatasi ruang gerak yang berlebihan ,karena jika berlebihan gerak kambing jenis ini akan lama perkembangannya.

Kenapa kandang etawa harus di sekat….? membuat kandang kambing etawa memang harus di sekat antara kambing satu dengan yang lain kambing ras etawa biasanya beradu jika di kelompokan lebih dari 2 ekor yang tidak se induk.dan kambing ini memang harus di pisah dari pejantan ( trus kapan kawinnya hahaha nanti kita bahas lain postingan )

Membuat kandang kambing etawa haruslah memiliki tempat yang tidak terlalu banyak angin karena kambing jenis ini mudah kembung atau memiliki kelemahan tidak tahan terhadap tiupan angin yang terlalu kencang namun harus memiliki fentilasi yang cukup.

Memperhatikan hal hal tersebut Insya Allah menepis anggapan kalo beternak etawa itu susah, bahkan tidak sedikit orang mengira bahwa kambing jenis ini susah di pelihara di daerah datar ( atau non pegunungan ) sebenarnya hanya karena tidak memahami kemauan dan kebiasaan kambing saja, jika kita memahami dan mempelajari dengan seksama tentu akan mendapatkan solusi dalam beternak kambing ini.

Beternak kambing etawa adalah sebuah Infestasi yang nyata dan tak membutuhkan teori stastistik yang muluk muluk , jika petani dilingkungan saya bisa tentu anda juga bisa…..

Kenapa Tidak Memulai dari sekarang Untuk sebuah Masa Depan

Merubah Hidup sebagai Pengusaha Tak sekedar Bertahan Hidup Sebagai Pekerja

Budidayakan beternak Kambing Etawa ( the Kingdom Of Goat )

Tags: , , , ,

77 Responses to “Kandang Etawa”

  1. la terus kalo kambingnya udah kadung masuk angin gimana tretmentnya oom?
    dikerokin ? apa langsung di sembelih aja?

  2. nanti ada postingan tersendiri untuk mengatasi penyakit dan macam macam nya masih sambil ngumpulin data hahaha

  3. Wah saya semakin bergairah untuk ternak etawa. Nyelengi dhisik…

  4. nggak mesti harus banyak dari sekedar satu juga bisa kok kang

  5. idem kyai slamet ah πŸ˜€ ngenteni celengane kebek πŸ˜€

  6. duwite iso nggambar dewe kok repot sampean

  7. butuh dana berapa tuh?

  8. ada analisa etawa kang klik saja hahaha atau dari sedikit boleh kok

  9. Mudah-mudahan bisa menjadi penghasilan baru dari kambing ini mas

  10. betul sekali sekedar infestasi yang nyata pak

  11. Sepertinya Mas Tok benar2 menjiwai berternak kambing ya, salut…

    Dulu sewaktu masih duduk dibangku Madrasah Ibtidaiyah, Abu juga mengembala kambing setiap pulang sekolah. Bener2 sebuah tantangan menguji fisik, stamina dan segalanya. Apalagi ketika itu dilepas dilapangan rumput. Sedang kita menunggui. Itulah mengapa setiap nabi pasti dari gembala…

  12. hehehe masih sambil belajar di sela sela pekerjaan yang lain kok mas

  13. Saya kenal kambing dari satenya doang. πŸ™‚

  14. hahaha banyak yang begitu pak namun kalo kenal kambingnya jadi kaya hahahaha

  15. aku liat di TV tuh

    mudah-mudahan kambingnya sehatt sampai ngasilin duit

  16. betul mas saya dah dari tahun 2000 cobain dan mulai ngerasa hasilnya

  17. Yang kurang cuma satu mungkin ya… Tempat mandi (kamar mandi) buat kambing, biar ga terlalu bau.. πŸ˜€

  18. tempat mandinya di Umbaran mas tapi mandinya 3 minggu sekali itupun kalau cuaca panas kalo nggak ya nggak mandi makanya bau kayak kita pas nggak mandi hahaha

  19. saya tak nurangi rokok. biar bisa nabung buat beli kambing untuk korban tahun depan. biar kayak iklan di tipi2 itu lo Kang….

  20. beli cempe atau anakan kan murah kalo udah gede baru di korbankan

  21. lebaran kemarin saya pulang kampung. seorang teman yang jadi polisi juga beternak ettawa. saya memang belum melihat kandangnya seperti apa? namun, dari penuturan dia, kambing ettawa konon gampang pemeliharaannya. hasilnya juga gede, hehehe …. jadi kepikiran juga nih, mas totok, utk nyambi jadi peternak. utk 10 ekor saja, misalnya, kira2 butuh biaya berapa, mas, mulai dari bibit, kandang, pakan, dan kebutuhan yang lain?

  22. saya punya sedikit analisa etawa di halaman terpisah pak dhe di atas ada tulisan analisa etawa

  23. mas banyak yang tanya berapa biayanya tuh mas… jawab dong plisss

  24. analisa ettawa di atas jawabnya mas cuman kira kira lho kurang lebihnya pada ruas halaman atas ada analisa etawa silahkan klik

  25. Istri saya yang sebenernya pengen untuk memiliki bisnis offline seperti ini, tapi bingung juga siapa yang mau merawat dan memeliharanya.
    Bikin kandang di perumahan jelas tidak mungkin. Mau nitip ke orang, masih terkendala dengan tidak percaya.
    Entahlah, mungkin nunggu yang nomor 3 lahir dulu, baru memikirkan lagi tentang investasi dalam dunia nyata.

  26. hahaha kalo infes seperti ini di sini lebih mungkin dan saya bantu pengawasanya mas saya juga nggak memelihara sendiri kok di infeskan di banyak petani

  27. Kupikir etawa kuwi ketawa elekctronik jhe (E-tawa)
    We lha jebul sejenis kewan huahuahuahua!

    Sugeng warso enggal!

  28. suwun kang Dony sugeng warso enggal lan sugeng natal
    kambing etawa itu ras kambing di sekitar kaligesing kang

  29. ga boleh dekat-dekat rumah saya, bau..

  30. hahaha kambingnya mandi kok kang

  31. pertanyaan yang sama dengan Mas Sawali, Mas Tok.

    dan satu lagi, mungkin tahun depan mau diadakan jumpa blogger kecil2an di jogja. ya, baru engkreng2an sih. nah, gimana kalo njenengan nyumbang etawa guling, hehehe….

  32. kalo di rumah yah boleh lah etawa guling mas Goen

  33. infonya keren ini.. ^_^

  34. makasih kang

  35. kang…kalo mau jual beli gimmana caranya? atau iukiu milisnya…
    saya punya indukan etawa bagus…
    kalo mau ta jual kesesama peminat kambing caranya bagai mana?

  36. wah belum sempat bikin milisnya masih manual datang ke seton atau pasar kambing di tempat saya mas hahaha

  37. Wah baru tahu kalau mas Totok mempunyai keahlian yang mendalam tentang kambing etawa ya… Semoga sukses peternakannya! Salam hangat. πŸ˜€

  38. masih belajar kok mas

  39. Tulisannya sangat bagus dan bermanfaat.
    Ide beternak dan budidaya kambing sangat bagus dan perlu didukung dan diikuti…

    Saya sendiri termasuk, hobi beternak..
    Bahkan saya punya rencana utk buka peternakan atau penggemukan kambing atau sapi gitu..
    Tapi, yg membuat repot, mencari org untuk mengurus.. Wihhh. Repot deh mencari org yg bisa dipercaya..

    Dulu, saya pernah buka peternakan ayam broiler. Ngak banyak sih.. sekitar 10.000-an ekor, gitu. Tapi karena harga pakan dan harga jual ayam tak cocok, tutup deh.

  40. hahaha mas ini cuman menuliskan sekedarnya kok mas

  41. Wah jadi ingat masa lalu waktu kecil menggembalakan kambing sebelum berangkat sekolah….

    Salam kenal
    Sutrisno
    http://trisnowlaharwetan.net

  42. tinggal di kenang lagi hahaha salam kenal kembali mas langsung tak link yah

  43. rincian pengeluara biaya bulanan dong mas sekalian,bisa buat ladang invest nih,hehehe.

    tapi emang harus di daerah pedesaan kyknya ya mas, klo di perkotaan agak susah ijin pemda-nya.

    thx ah infonya. πŸ˜€

  44. saya bikin di halaman terpisah klik aja di analisa etawa di halaman paling atas boss tapi itu analisa kasarnya buat gambaran

  45. Saya dulu punya empang alisa kolam ikan, diatasnya dipake kandang ayam Pak……Ikannya montok-montok. Rasanya waktu dimasak..tetep ikan! Aiiiih…masak iya rasanya pahit kan ndak mungkin….Bagus nih pak…mendongkrak ekonomi keluarga….males di kasih makan…suruh makan sendiri jah…..

  46. hahaha sip pakDhe saya juga cuman sekedar infestasi di luar kerjaan rutinitas saya kok hahaha

  47. saingannya mas sapimoto nihh

  48. hahaha ini masih kecil kalo di banding kang sapimoto hahaha

  49. Posting tentang penyakit-penyakit kambing juga, biar tambah jelas infonya. Terutama yang terlanjur kembung masuk angin. Pa dikasih semacam jamu tolak angin gitu. Biar bisa kentut dan bersendawa si etawanya. Ha.ha..

  50. hahaha Pak Suhadi Insya Allah doakan nanti saya akan postingkan tentang penyakit dan pengobatanya maklum sambil belajar hahaha

  51. baru denger kambing etawa … di pisah ke kamar yang punya blog ini aja betina nya… he2

  52. hahaha kalo yang punya blog harus di campur terus kang soale sopan hahaha

  53. Informasi yang lengkap dan sangat bagus untuk ditindaklanjuti.

  54. silahkan mencoba mas

  55. serius amat bahas kambing nya kang πŸ˜†

  56. hahaha iseng saja mas daripada kosong hahaha

  57. saya salut dan mau kasih saran

    buat aja blog khusus tentang cara beternak dan seluk beluk tentang kambing etawa

    kalau saya perhatikan sepetinya belum ada tuh blog khusus yg membahas soal kambing

    dan kalau bisa jgn dicampur ama blog mas yg satu ini

    nanti di blog nya dikasih motto “kambing aja punya blog…” he..he..he

    gimana mas…?

    ma’af kalo kurang berkenan (cuma bercanda koq) πŸ˜€

  58. wah setuju hahaha di kasih judul itu yah atau bloognya Kambing hahaha segera di tindak lanjuti kang sip sip good idea

  59. etawa itu apa mas?

  60. etawa itu ras Kambing hasil persilangan

  61. saya pengen berhenti makan daging kambing… kasian kambingnyaaa T_T

  62. jangan di makan kambingnya dagingnya aja mbak hahaha

  63. setuju dengan mas sigit…

  64. hahaha makasih ya mas

  65. wah
    kebetulan sekali
    saya lagi kuliah di Peternakan mas
    mungkin saya bisa berbincang – bincang dengan anda

  66. hahaha monggo mas sekalian saya juga nggangsu kawruh sama sampean sekalian dan impas

  67. salam dari kenal dari desa kemamang,
    bisa gak kira2 jadi pembicara dalam rangka pemberdayaan ekonomi kerakyatan di desa kami…
    saya tunggu jawabannya via email ke desakemamang@yahoo.com

  68. terima kasih mari kita sukseskan pembangunan dari ekonomi kerakyatan yang handal ” halah ” saya kok jadi sok pinter hahahaha

  69. kira2 berapa harga bibitnya om?

  70. saya nyoba ngitung dan ada di analisa etawa mas klik saja mas

  71. tolong saya diberi informasi harga untuk kambing etawa bekualitas

  72. peternak handal juga rupanya! πŸ˜‰

  73. mas mau nanya kalau air seni kambing biasanya untuk apa trus yang beli biasanya siapa?

    makasih

  74. Waahh…makasi bgt mas atas info2 nya nih..soal nya aku baru mo blajar ternak kambing etawa nee..( kata nya si bisa menguntung kan en kl idul adha bisa potong ndirii..).Kmrn2 kambing nya msh d titipin ama tetangga..Eehh..uda uda banyak yg mati..Nah kyk nya harus turun sendiri nih.. Oh yah mas kl kmbg etawa mudah msk angin brarti kandang nya sisi2 nya harus lbh tertutup yah..?

    Thanks mas

    Regards

  75. Ame yang baik untuk mengenai seluk beluk kambing etawa anda boleh baca selengkapnya di http://www.kambingetawa.org
    salam

  76. Bagus…. Bos…!!! Jangan berhenti bagi-bagi Informasi, manfaatnya banyak. Meski saya sendiri bukan peternak kambing. tapi ini bagus salut… dan terus di update …. dan saran untuk komentar yang masuk dan sdh lama dihapus lebih baik supaya tidak menumpuk dan mengganggu. OK

  77. sangat menarik artikelnya

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>