Snap_2015.09.22 19.12.57_003Kelangkaan bahan bakar gas dimasyarakat secara umum terasa sekali dengan melonjaknya harga gas tabung 3 kg terkadang mencapai 24 ribu per tabung, hal tersebut bukan karena harga yang resmi dari pertamina namun harga yang dipermainkan oleh pedagang pengecer saat kelangkaan yang disebabkan distribusi yang lambat dan makin besarnya ketergantungan masyarakat terhadap gas LPG.

Sebelum tabung gas 3kg dibagikan ke masyarakat secara luas, sebenarnya masyarakat pedesaan tak terlalu tergantung dengan kompor minyak tanah dan kompor gas, karena umumnya mengandalkan kayu bakar dengan tungku tradisional.

kompor biomassaHadirnya pembagian kompor gas berikut tabung 3 kg memang membuat masyarakat pedesaan merasa praktis dan simple menggunakan kompor gas dengan tabung 3 kg, selain dapur sangat bersih dan pekerjaan di dapur menjadi lebih mudah.

Meski dalam awal percobaan di masyarakat tidak sedikit yang menjadi korban meledaknya tabung gas 3kg, karena banyak hal termasuk minimnya pengetahuan masyarakat terhadap oprasional kompor gas, dan sebagian lagi disebabkan karena memang didapati kwalitas tabung gas yang kurang baik, praktisnya menggunakan kompor gas LPG 3kg akhirnya memasyarakat hingga pelosok gunung seperti daerah saya tinggal.

” tinggal klek nyala trus jerang air tanpa harus ditunggui tau tau matang” ungkap ibu RT yang telah beberapa tahun merasakan praktisnya kompor gas 3 kg.

Sayang praktisnya kompor gas tabung 3kg harus dibayar mahal dengan perkalian harga tabung dengan kebutuhan perbulanya, nyaris kita lupa mengapa perlahan kebutuhan terasa tidak pernah cukup bahkan terasa makin jauh dari cukup dalam sebulan, karena tanpa sadar kita menambah pengeluaran untuk membeli tabung gas setiap bulan, dan boleh dibilang keberadaan kompor gas tabung lpg 3 kg membuat masyarakat menjadi konsumtif.

Rumah tangga masyarakat pedesaan yang semula menggunakan tungku kayu secara keseluruhan terganti oleh kompor gas, karena masyarakat merasa lebih praktis tak harus membuang waktu banyak untuk mencari kayu bakar yang boros sekali pemakaianya, serta memakan waktu untuk memasak.

Tungku kayu tradisional yang semula ada di masyarakat umum memang banyak sekali kelemahanya, disamping memiliki resiko kebakaran dapur, tungku tradisional juga relatif boros untuk pemakaian bahan bakar kayunya, hingga ibu ibu banyak tersita waktunya untuk mengumpulkan dan menumpuk kayu bakar buat persediaan memasak, tungku tradisional juga tidak efektif untuk ibu rumah tangga yang sibuk oleh pekerjaan rumah tangga, karena memasak menggunakan tungku tradisional nyaris membuat ibu ibu harus berada setiap menitnya di depan tungku untuk membenahi kayu bakarnya secara konvensional.

Setiap kepraktisan tentu akan dibayar oleh sebuah resiko mahal, hal tersebut adalah ungkapan yang tepat untuk menggantikan ribetnya menggunakan tungku tradisional dengan kompor gas LPG 3 kg yang akhirnya membuat limbah kayu atau limbah pertanian di pedesaan nyaris tidak terpakai.

Untuk orang cerdas tentu saja akan berpikir mencari solusi agar tehnologi bisa digunakan untuk mengambil garis tengah antara praktis dan mahal menjadi tetap praktis namun murah, lantas seperti apa dan apakah ada?

Tungku tradisional dikenal ribet dan boros kayu bakar hingga pemakaian secara ekonomis hanya selisih sedikit dengan pemakaian kompor gas LPG tabung 3kg yang dikenal praktis dan membuat dapur bersih, tapi kalo ada tekhnologi yang bisa berada di tengah keduanya tentu akan menjadi solusi cerdas mengatasi masalah kecil yang ada di masyarakat pedesaan.

Kompor praktis bersih namun menggunakan bahan bakar kayu yang hemat itu adalah solusi cerdas untuk kedua masalah yang timbul.

lantas apakah ada?

Tehnologi kompor biomassa merupakan tehnologi yang cerdas memanfaatkan perbedaan suhu serta tekanan udara hingga menghasilkan api dengan panas maksimal serta irit dalam pemakaian bahan bakar kayu limbah pertanian.

Kompor biomass selain irit dalam pemakaian kayu, kompor ini juga sangat praktis karena tehnologi yang dipakai membuat kompor ini tidak menimbulkan kekotoran yang berarti di dapur kering yang kita miliki.

Kompor biomass menggunakan bahan bakar biologi dari kayu atau limbah pertanian sebagai sumber panas, dan biomassa adalah energi yang terbarukan selalu karena di konsentrasikan oleh karbon dioksida yang dipancarkan dapat diserap kembali dengan kita menggantikan sumber biologi yang kita gunakan dengan menanamnya kembali.

Kompor biomass sekarang banyak sekali beredar dengan harga yang relatif beragam berdasar bahan baku kompor tersebut dan dalam kesempatan ini penulis telah mencoba menggunakan efektif dan praktisnya kompor biomassa sebagai pengganti kompor gas tebung LPG 3 kg .

Kesempatan yang diberikan oleh Antok Sulistyo atau yang sering dikenal sebagai Demange Suryaden pada senin malam 21 September 2015 memperagakan bagaimana menggunakan kompor biomassa yang sangat praktis dan irit dalam penggunaan bahan bakar.

Kompor biomas mampu menggeser kompor gas LPG 3 kg, selain sama sama praktis dan minim polusi kompor biomass lebih murah biaya oprasional bahan bakarnya karena menggunakan limbah pertanian yang ada tak termnfaatkan.

Masyarakat yang cerdas akan menyikapi bijak dengan hadirnya kompor bertehnologi biomassa.

Untuk mencoba demo dan mendapatkan info lengkap tentang kompor biomasa silahkan berkomentar dibawah kolom komentar dan nanti akan di jawab oleh teman teman yang telah menggunakan berikut info untuk penjualan dan lain sebagainya cukup meninggalkan komentar di kolom yang tersedia.

Tags: , , , , , , , ,

9 Responses to “Kompor Biomass untuk orang Cerdas”

  1. Aku pengen cerdas

  2. Solusi hemat energi…
    #NyicilAyem

  3. mohon info detail terkait kompor tsb, demo dan harga retail dan wholesale.. lokasi di mana jika kami ingin melihat proses produksi.

  4. masih ga faham seperti apakah bentuknya

  5. Yth mas mas yang cerdas,

    apakah saya boleh dapat ilmu untuk membuat biomas dan juga kompornya. Bagaimana caranya? Saya pingin kembangkan untuk pesantren2 disekitaran Jakarta. Mohon kabar dan terimakasih atas bantuannya.

    md.

  6. kalau pintar bisa iritkan

  7. kalau di fasilitasi orang indonesia juga bisa lebih makmur

  8. Qta menjual kompor biomassa merk prime.. bahan bagus dari stainless stell dan plat garvanis.. untuk info silahkan kunjungi wwww.bukalapak.com.

  9. laila dwi setyawti
    June 2nd, 2016 at 09:47

    tks infonya, dimana saya mendapatkan kompornya dan bgmn cara menggunakannya n brp harganya

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>