gunungkelirMinggu 24 November 2013 pemuda yang tergabung dalam komunitas gunungkelir mengadakan latihan dasar caving atau sering juga disebut penelusuran goa.

Latihan dasar tehnik penelusuran goa yang di asuh Hari Nugroho S.si dan Sidik Harjanto ini diikuti oleh dua belas orang peserta yang terdiri dari pemuda Desa Jatimulya kecamatan Girimulyo Kulon Progo dan dari Desa Donorejo kecamatan Kaligesing Purworejo.

Dua kelompok pemuda itu tergabung dalam komunitas Gunungkelir yang dilatar belakangi letak geografi serupa ini kemudian sepakat mengadakan latihan bersama mengenai tehnik penelusuran goa.

gunung kelirLatihan dasar tehnik penelusuran goa ini diawali dengan kegiatan ngecamp atau camping diatas komplek menara gunungkelir pada sabtu malam sebagai pembuka keakraban dan silaturahmi antar pemuda kedua desa tersebut.

Setelah bermalam di atas puncak gunungkelir kemudian pagi hari setelah menikmati sejuk dan indahnya pemandangan indah yang tersaji dari puncak gunungkelir, para pemuda ini kemudian dilatih mengenali alat susur goa.

Masing masing peserta dikenalkan dengan alat pelindung diri seperti helm, lampu kepala, sepatu, serta beberapa alat pengaman diri lainya.

Alat penelusuran goa ini antara lain adalah alat naik (ascender) yang terdiri dari foot loop jammer, chest jammer yang masing masing terhubung dengan sit harnes.

desa wisata donorejoKemudian peserta pelatihan juga diperkenalkan pada alat turun (descender) vertikal seperti, figure of eight, bobin descender, rack, auto stop descender, cow’s tail, sit harnes, foot loop,carabiner serta alat alat lainya.

Pada pelatihan pertama para peserta diajarkan tehnik menelusuri goa vertikal dengan tehnik SRT (single Rope Tenik) atau bisa disebut tehnik menelusuri goa dengan satu tali.

Masing masing peserta kemudian diperkenalkan teknik tersebut dan mencoba teknik single rope dengan media salah satu tower yang ada di kawasan BTS Gunung Kelir.

Single Rope Teknik atau yang sering disebut SRT ini sebenarnya memiliki beberapa cara yang umum yaitu  sit and stand (duduk dan berdiri), teknik frog sistem dan texas sistem,Rope walking teknik (teknik berjalan dengan tali)  3gibbs ropewalker system, mitchell system, A Foating Cam system, jummer sistem.dan juga tehnik perpaduan,antara sit stand dan rope walk.

teknik dasar penelusuran goaPelatihan teknik penelusuran goa vertikal ini didasari oleh keinginan para pemuda agar menguasai  cara dan pengetahuan penelusuran goa dengan baik karena letak geografi desa Donorejo kaya akan potensi wisata goa vertikal.

Puluhan goa yang masuk dalam kars jonggrangan ini berada banyak di desa Donorejo dan sampai saat ini masih menyimpan potensi alam yang sangat memungkinkan untuk dikembangkan sebagai wisata adrenalin dan wisata penelitian.

Sejalan dengan pencanangan Desa Wisata Donorejo maka para pemuda desa Donorejo kemudian berinisiatif untuk melakukan pengembangan potensi goa alam tersebut menjadi wisata yang kelak menjadi destinasi para caver di dalam negeri dan mancanegara.

“di tanah saya banyak goa yang menyimpan misteri pengetahuan namun saya belum tahu isi goa tersebut makanya saya berkeinginan belajar menyusur goa” tutur Budi salah satu peserta yang berasal dari Tegasih dusun Katerban, Donorejo.

Pelatihan tehnik penelusuran goa ini akan dilanjutkan dengan agenda berikutnya yang bertajuk “Etika Dalam Penelusuran Goa”.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

6 Responses to “Latihan Dasar Penelusuran Goa”

  1. Keren acaranya, Pak Totok. Salut!

  2. What a data of un-ambiguity and preserveness of precious knowledge concerning unexpected emotions.

  3. apa nih? Kayaknya nyindir tualisn saya di atas yang masih agak bertele-tele kan? 😀 Saya sudah baca referensiya. Thx. Langsung saya edit deh tualisn di atas. Google Chrome 5.0.375.126 | Windows XP@iskandaria, Menyindir bagian mana Mas Is?Mengenai kalimat opini mungkin bisa dipastikan bahwa sebagian besar blog berisi tualisn yang sifatnya opini & kita tahu, blog adalah media yang cukup ideal untuk menulis opini.Melihat tualisn Brian Cray tersebut mungkin banyak yang bisa diambil manfaatnya. Kita tahu, semua orang dapat menulis blog dengan mudah. Dari sisi user, mungkin kita berpikir mengapa peduli? mengapa percaya dengan opini orang?Pengelola blog tentu berpikir, bagaimana agar dipedulikan, bagaimana agar dipercaya oleh pembaca. Sepertinya akan lahir interaksi yang berkualitas di sana :)Oh ya, saya tidak suka menyindir Mas Is. Jangan salah sangka. :)iskandaria Google Chrome 5.0.375.99 | GNU/Linux@ArdianZzZ,Mengapa peduli? Mengapa percaya dengan opini orang? Salah satunya bisa jadi karena kekuatan sang penulis dalam menuangkan/menguraikan opininya. Penyebab lain, mungkin seringkali malah karena kharisma + popularitas sang penulis. Kayak kita yang suka mengidolakan para blogger bule itu..hehehe.Kirain nyindir. Soalnya dalam tualisn Brian Cray tersebut ada yang berisi jumlah kata dalam satu kalimat ^_^

  4. Sulama Projesi diyor ki:yurt içinde 4 yıllık sulama projemizde çalışacak deneyimli ,sertifalı,CTP,PE ve ÇELİK boru kaynak ekipleri oluşturuyoruz. Çalışmak isteyenler adresine mail gönderebilir iletişim bilgilerini bırakabilirler.

  5. Thanks for contributing. It’s helped me understand the issues.

  6. I know exactly how you feel dude. A lot of doctors will tell you to wait it out bc most of the time it goes away once your done w/ puberty. BUT sometimes it doesnt. You just need to find a doctor that will do it for you, most likely they will bc money is money to them. Call around, talk to doctors/staff and see what they say.Good luck man

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>