AscoliteKepada Kawan yang mengantikan saya selanjutnya ( mudah mudahan sukses selalu )

Dan saya selalu lebih suka mengenakan baju yang sama dengan kalian

Siang tadi saya menerima telpon dari sahabat dan mengabarkan bahwa hari ini dia resmi di angkat menduduki kursi jabatan Direktur Tehnik setelah setahun lebih jabatan tersebut di kosongkan dan di take over oleh big boss sendiri,

Saya juga baru menyadari bahwa telah lewat setahun saya tak bersama mereka lagi secara struktural namun masih akrab bercengkrama dengan siapapun di perusahaan tersebut,

konon ceritanya sepeninggal saya telah beberapa kali Big Boss mengangkat pengganti kursi yang lowong tersebut ,namun hasilnya selalu tidak pernah bertahan lama paling dua bulan atau tiga bulan terus kandas, hingga sekarang sudah setahun merangkak kedua tahun jabatan tersebut tidak pernah digantikan oleh sosok yang sesuai.

Di akhir tahun ini sahabat saya di daulat untuk menjadi Direktur Tehnik menggantikan beberapa kandidat yang tumbang karena banyak hal.

Menjadi pemimpin yang ideal dalam perusahan kontraktor mekanikal dan elektrikal sebenarnya tak terlalu susah karena tak berhadapan dengan rakyat seperti seorang kepala desa atau pun Bupati dan sekelasnya.

Siang itu saya juga di tanyain dan diminta nasihatnya saya malah bingung mau bilang apa dan bagaimana, tapi tetap dia bilang masih kaku dan tidak tahu mau berbuat apa dengan landasan yang bagaimana , akhirnya saya memberikan pesanan ” Memimpinlah Dengan Cinta “

Cintailah Pekerjaan itu

Mencintai sebuah pekerjaan tentu membuat kita terus semangat untuk menjaga pekerjaan dan melaksanakan pekerjaan itu dengan setulusnya kemampuan serta keinginan kita, hingga akhirnya terwujudlah pekerjaan yang baik .

sebagaimana kita menjaga cinta kita terhadap sesuatu maka loyalitas cinta kita harus ditunjukan dengan pembuktian dalam menjalaninya ,disiplin ,jujur terpercaya ,dan bijaksana dalam bertindak selaku pekerja ,tentu akan berimbas pekerjaan itu juga memberikan kenikmatan terhadap siapapun yang memberikan cintanya terhadap pekerjaan itu

Cintailah Rekan kerjamu

Anggaplah semua bawahan adalah rekan kerja ,dan jangan pernah menguasai mereka dalam otoritas kita ,dengan sepenuh rasa cinta pahamilah semua rakan kerja itu.jagalah rasa kebersamaan terhadap mereka ,jika kita mencintai mereka dengan tanpa mengukurnya dalam balasan,berpikirlah apa yang bisa kita perbuat untuk kebaikan mereka tentu ibarat kita cermin kita akan menui kebaikan itu pula.

Cintailah Dirimu

Menegurlah dengan cinta terhadap rekan kerjamu dengan unsur ini,satu contoh bila ada salah satu pekerja yang melakukan kesalahan jangan lantas langsung marah namun berusahalah memahami dengan pandangan cinta untuk mengetahui dimana dan kenapa kesalahan itu terjadi, hindarkan konflik terjadi diantara semua rekan kerja dan jadilah jembatang yang menghubungkan antara rekan kerja yang satu dengan yang lain,itu adalah wujud cinta terhadap dirimu,selalu menghargai orang lain akan membuat kita semakin di hargai dan begitu juga kalau kita mencintai orang lain tentu kita juga akan di cintai pula .

Tapi saya bingung harus berbuat apa dan Mulai dari mana mas ” tanyanya menyela antara pembicaraan saya

haaha saya tanya mas waktu kita bersama dan anda adalah salah satu yang hampir selalu bersama di setiap pekerjaan baik dikantor maupun di lapangan tapi pernahkah saya menganggap anda bawahan saya ” tanyaku berbalik

ya Tidak pernah sih mas wong kita juga selalu bareng dengan yang lain dan melakukannya bersama sama kecuali yang kita tidak bisa Mas Tok selalu melakukan sendiri ” jawabnya

Ya tentu lakukanlah dengan bersama sama apapun itu jangan pernah membeda dan membatasi siapapun dalam bekerja , trus selama bertahun tahun saling bekerja pernahkah saya menghardik atau marah marah mas ?” tanyaku kembali.

Iya sih saya memang belum pernah melihat dan mendengar Mas marah marah paling nyidir sambil bergurau ” jawabnyadi telpon

ya begitu sajalah sebagai seorang pemimpin tak hanya harus pandai dalam teori maupun praktek ,tak juga sekedar memahami semua ilmu yang berkaitan dengan tehnik pengerjaan namun lebih pada memberikan contoh dalam mengerjakan dan harus mempu menunjukkan kasih sayang , rasa cinta yang selalu di bawa dan di terapkan adalah pendukung yang kuat dalam menjalani jadi pemimpin ,dengan rasa saling mencintai tentu akan mencairkan semua kesulitan dan dengan cinta kita mampu menyelesaikan setiap masalah yang kita hadapi, buanglah kedengkian , kebencian dan gantilah dengan rasa menyayangi dan mencintai.

Tapi kan Mas  masalahnya jenjang pendidikan saya jauh di bawah mas Tok, saya kan sekedar D3 sedang sampean memang sudah lengkap sampe pasca sarjana, trus apa ya nggak membuat saya di sepelekan ” dia kembali bergumam

mas pernahkah saya dalam setiap bekerja dan selama bekerja saya memperkenalkan semua gelar saya”saya malah balik bertanya

Ya emang belum pernah sih tapi kan akhirnya pada tahu mas ” jawabnya masih meninggi

Menurut saya sekolah dan gelar tidak memegang peranan penting untuk menjadi pemimpin yang di cintai jika di kembalikan masalah memimpin ,cara saya yang utama adalah mencintai rekan kerja dan dengan bersama selalu membangun prestasi , menjadi tempat penyelesaian masalah, tempat mengadu ,dan tempat pencurahan bagi siapapun yang membutuhkan kita itulah yang sangat memegang peran untuk menjadi pemimpin yang di cintai ,saya kan nggak pernah membicarakan gelar bahkan tidak pernah mau mencantumkan gelar dalam kartu nama, juga dalam saat berkenalan , sebab hal tersebut hanyalah akan menjadi bumerang jika kita tidak mumpuni dalam membidangi pekerjaan tersebut,

Tunjukan prestasi dan selalu bersama sama denganmencintai rekan kerja yang lain akan membuat kita semakin tangguh ,karena tidak menutup kemungkinan jika kita menghadapi maslah rekan kerja kitalah yang menemukan ide penyelesaikan atau minimal kita dapat menemukan inspirasi dari rekan kerja kita,

kalau di runtut bukankah beberapa kandidat yang gagal juga memiliki gelar semua ” aku balik bertanya

iya ya mas ” jawabnya sambil tertawa

Nah berarti tak lagi ada masalah kan , jalani semua dengan apa adanya nggak perlu mengubah kebiasaan yang aneh aneh tak perlu mengharuskan orang harus menghargai kita , tak harus mewajibkan orang lain untuk mengikuti kata kita namun berbaliklah kitalah yang selalu menghargai orang lain .

Ku akhiri pembicaraan tersebut dengan menitip salam untuk semua kawan di sana dan mengucap selamat atas jabatan barunya, tanpa saya memberi tahu kalau sebelumnya Big Boss nya beberapa waktu lalu juga meminta pendapat untuk mengangkat dia sebagai Direktur Tehnik

MENJADI PEMIMPIN HARUSLAH DI CINTAI DAN MENCINTAI

Tags: , , , , ,

42 Responses to “Memimpin Dengan Cinta”

  1. Ya ya intinya: cintailah … dahsyat itu. Rasulullah saking cinta pada umatnya ketika mau wafat; Ummati … ummati. Salam.

  2. memang Rosull juga contoh pemimpin yang mencintai umatnya

  3. Ternyata susah juga jadi pemimpin. Mendengar wejangan dari sampeyan, seperti mendapat wejangan dari Mario Teguh, penuh pencerahan!

  4. halah mas Dony masak toh kan itu cuman cerita ke kawan kok mas itu kejadian kemarin trus di posting aja kok

  5. Kenapa ya setiap membaca postingan disini selalu menambah ilmu juga wawasan ke diri ini. Salute deh mas.

  6. ha itu kepandaian pembacanya mas mengambil sisi baiknya saya cuman sekedar menulis saja kejadian yang saya alami kok mas makasih mas

  7. bekerjalah dgn cinta. wew, filosofi yg hebat mas. asal jgn bkerja sambil bcinta. 😀

  8. tapi nak bercinta kan masuk bagian bekerja toh mas

  9. alhirnya dapat diketahui…

    harus mampu menerima orang lain, harus mampu menghormati dan mencintai orang lain, apalagi dalam hal kerjasama di dalam sebuah tim

  10. setuju sekali mas kira kira seperti itulah saya berusaha

  11. Selamat menyambut tahun baru 2009.
    Sukses buat Mas totok sekeluarga.
    Salam Hangat dari jauh…

  12. Terima kasih pak Marsudiyanto saya juga mengucapkan hal yang sama semoga tahun depan semakin baik ketimbang sekarang dan salam juga untuk keluarga mudah mudahan sehat selalu pak
    salam hormat

  13. mudah2an menjadi pemimpin yg baik.
    karena ada tanggung jawab yg sangat besar disana.

  14. saya juga berharap begitu mas mudah mudahan dia bisa menjadi pemimpin yang di cintai anak buahnya

  15. Amin..

    Semoga jadi yang baik..

  16. amin dan makasih doa untuk nya

  17. Karena dengan cinta juga manusia diciptakan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

    Kami pindah di http://catatanmuslim.web.id

  18. makasih segera meluncur dan ganti add link

  19. cintailah cinta…hidup akan tenang dan bahagia

  20. hiya setuju mas

  21. wah, model kepemimpinan yang “nguwongke” uwong, mas totok. model kepempinan semacam ini agaknya mulai langka. banyak orang yang amat mendambakan kursi kepemimpinan, tapi setelah dapat, mereka seringkali lupa dari mana dia berasal. yang lebih repot, bawahn dianggap sebagai robot yang mesti tunduk pada semua perintahnya, hehehe …..

  22. yah betul pak banyak lupa dari mana asalnya tapi kalo selalu ingat maka akan selalu mawas yah pak coba kalo dpr itu berfikir kalo dia rakyat gimana tuh

  23. sekitar jam 21.00 wib tadi, saya ngebel mas totok. yang menerima sepertinya putranya. katanya sedang di yogya. ok, deh, mas totok, selamat tahun baru 1430 H dan 2009 Masedu, semoga tahun depan menjadi lebih baik. sukses selalu buat mas totok.

  24. hiya pak saya sedang mengantar para bloger jawi wetan yang datng kesini pak

  25. sesekali hatrik, kekeke … di blog mas totok. duh, kemarin kok dapat komen “spam” beruntun sebanyak 8 kali. heran saya kok isa urut, ada mas vay, mas andy, mas sandalian, mas totok sendiri, trus mas anang. bener kopdar di gunung kelir toh, mas. kok ndak kabar2 sih? katanya lagi juga mau mampir ke kendal. kapan tuh?

  26. itu pas pada di sini pas saya mau koment trus mas andy yang nulis hahaha maaaaaaf pak

  27. salut salut ..
    selamat atas posisinya, keep up the good work, jangan lupa syukurannya…

    (awas, sampe lupa makan-makan…. embeknya ilang .. hahaha..)

    memimpin dengan hati ? metode yang bagus sekali.
    kalo gak salah Gede Prama pernah mengusung filosofi ini ..

    sekali lagi selamat selamat dan sukses selalu ..

  28. sip mas makasih rujukannya
    dan kalo makan makan dimana mas disini poh sama saya bareng kambing hahahahaha

  29. matur sembah nuwun pak gentho dipun paringi wektu mampir sowan dumateng gunung kelir…

    *menyanyi*

    cintailah diriku selamanya….

  30. ditunggu kembalinya hahahahaha

  31. saya suka gaya kepemimpinan sampeyan. menganggap bawahan sebagai partner kita bukan pembantu kita dan tidak suka marah-marah paling nyindir sambir bergulau. ha.. ha.. ha..

  32. middle top manager sering dihadapkan pada juggling antara keputusan yang memenangkan perusahaan dan karyawan. prestasi yang terbaik adalah bila menyeimbangkan antara keduanya, baik di mata atasan, juga bagi bawahan.
    agaknya mas totok berhasil dalam hal ini.
    sukses selalu untuk mas totok.

  33. mudah bacanya susah nglakuinya bos

  34. hahaha saya sekedar menuliskan pikiran lho hahaha

  35. MAS Totok emang mantabs deh sipp…semangat ngeblog selamat tahun baru dan sukses selalu

  36. selamat tahun baru juga mas ahmad

  37. Selamat Tahun Baru mas Totok, terus berkarya dan sukses selalu

  38. hore apa kabar El hahaha selamat tahun baru juga mari sukses bersama

  39. terima kasih atas pencerahannya

  40. lho sampean kan malah yang sebagai pencerah juga hahaha

  41. Aku pengin ndaftar dadi karyawane Mas Totok…

Trackbacks/Pingbacks

  1. Sudah Ber Artikah Kita

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>