Dunia maya  adalah merupakan  separuh kehidupan bagi kita yang gemar merenangi luasnya samudra jejaring dunia IT.

Memiliki ribuan teman yang jauh dan memeiliki karakter yang berbeda beda tentu saja juga memungkinkan sekali dengan tanpa sadar kita memiliki teman yang mempunya wawasan yang berbeda beda.

Memiliki banyak teman di dunia maya tentu saja juga dapat memiliki dua manfaat yang berbeda dan saling bertolak belakang seperti jika kita berteman di dunia Nyata

Satu sisi kita dapat di Untungkan di mudahkan atau juga kita dapat menjadi lebih pandai karena bias berbagi wawasan di dunia maya dengan teman teman kita

Namun sisi terbalik nya kita juga dapat sangat di rugikan oleh sebuah pertemanan di dalam dunia maya

Sebenarnya tidak jauh berbeda dalam mengambil efek manfaat didalam berteman di dunia maya  seperti kita memiliki teman yang sesungguhnya di dunia nyata sebeb pelaku pertemanan di dunia maya juga terdiri dari manusia manusia social yang juga memiliki pergaulan di dunia Nyata jadi bagaimana kita menghadapinya tentu juga tak akan jauh berbeda saat kita bergaul di dalam kehidupan sehari hari

Seribu teman berarti juga seribu kepala yang me mungkinkan sejumlah itu juga karakter dan pola pikir seseorang dalam berteman tentu saja juga hal itu berbanding seimbang dengan wawasan masing masing serta gaya bicara atau gaya berteman yang unik.

Sebagian orang juga susah memisahkan antara dunia maya dengan dunia nyata karena adanya keterkaitan usaha maupun jalan hidupnya , namun sebagian lagi sangat mampu memisahkan antara dunia maya dan dunia nyata karena kehidupan sehari harinya nyaris tidak ada hubungan dengan teman dunia maya

Berangkat dari dunia maya kita memang di mudahkan banyak hal dalam memperbanyak teman serta mengambil efek manfaat dari berteman.

Dapat di contohkan saat kita memiliki teman di dunia Blogg kita juga manjadi luas seluas dan memiliki koleksi wawasan yang luar biasa dimana kita dapat saling belajar antara blogger saling menambah wawasan dari masing masing blogger.

Pertemanan di dalam dunia maya dapat di lakukan dengan forum apapun termasuk Facebook , Twiteer , Plurk , YM , dan banyak lagi tentu dimana semua sarana itu memungkinkan kita memiliki kecepatan komunikasi yang baik.

Pertemanan di dunia maya juga memungkinkan sekali bagi kita untuk mengembangkan jaringan usaha serta mampu menggali ide dalam mensiasati peluang peluang yang ada dalam kehidupan sehari hari, karena di dunia maya memungkinkan sekali bagi kita untuk berhadapan sekaligus menemukan potensi potensi baik yang di miliki oleh teman teman kita dimana hal tersebut dapat menjadi asset pengembangan apapun seperti di dunia nyata hanya kembali pada bagaimana kita memandang sebuah pergaulan dan pertemanan di dunia nyata.

Berbeda saya tentu saja berbeda anda masing masing orang juga tentu saja memiliki niat yang berbeda pada saat melakukan jejaring di dunia maya ada sebagian yang memang memiliki niat baik dalam berteman hingga tak sedikit teman dunia maya yang memiliki kwalitas seperti saudara dalam berbagi wawasan dan berbagi pengetahuan bahkan sampai berbagi solusi dalam berkeluh kesah.

Namun ada sebagian lagi teman teman yang sekedar bersenang senang mencari hiburan di dalam dunia maya entah itu bersendau gurau melalui plurk atau alat jejaring yang lain

Berteman di dunia maya memang sebenarnya hanya berbeda tipis dengan dunia nyata karena dalam pergaulannya nyaris sama , dalam artian tertentu seolah juga memiliki kesempatan ngobrol serta bersendau gurau dalam setiap percakapan percakapan baik saling komentar di blogg atau saling respon di FB , Plurk, dll

Hanya sedikit berbedanya adalah jika dalam pergaulan sehari hari kita bertatap muka langsung dan berbicara sedang di dunia maya sebagian besar hanya melalui tulisan dalam mewakili pembicaraan kita.

Bergaul di dunia maya tentu saja juga dapat memiliki resiko yang sama dengan ketika kita bergaul di dunia nyata sebab tidak menutup kemungkinan pergaulan di dunia maya juga di manfaatkan untuk bergosip atau kegiatan yang lain yang memicu perpecahan.

Berkomunikasi melalui FB , Ym, tweeter, plurk,  juga memiliki kemungkinan untuk melukai perasaan orang lain jika kita tidak memiliki etika dalam bergaul

Sama saat bergaul di dunia nyata dalam pergaulan dunia maya ini sangat memungkinkan kita dengan tanpa sadar pembicaran yang di wakili tulisan  dapat membuat orang lain menjadi sakit hati yang memungkinkan kita menjadi bermusuhan.

Kembali di pada kedewasaan kita masing masing dalam pergaulan sehari hari di dunia maya maupun di dunia nyata bila kita dapat saling menghargai dan saling menghormati tentu saja akan terasa sangat nyaman dan indah persahabatan itu.

Apapun alasan anda dalam bergaul tentu saja tetap memperhatikan rasa saling menghormati dan menghargai pada sesama hingga akan tercipta persahabatan yang indah.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

25 Responses to “Mulut Mu Madu sekaligus Racun”

  1. intinya pengendalian diri

  2. wogh aib kui mendem saos dipasang maneh wakakkakakak

  3. cyber crime dimana mana, so jangan melibatkan hati klo bergaul di dunia maya :)) jadi ga perlu juga ada nyanyian JARI mu madu & racun gitu :p
    (soale aku nak ngetik nganggo jari udu nganggo mulut)

    have fun aja

  4. walopun bebas tentu saja ada batasan.. nah tinggal bagaimana kita berkompromi dengan batasan2 tersebut untuk penciptaan harmoni yang sehat dalam pertemanan..

    baru kali ini saya melihat botol makan manusia…

    guwegegeggegegegeggegegeg! (haha)

  5. Pokokmen suk nek aku mulih, kita mendhem2 yo dab hahahah

  6. kebebasan yang kebablasen ora apik tembe mburine

  7. manthuk-manthuk wes….

  8. Pintar-pintar memilih dan memilah saja.. 😀

  9. setujuuuuuuu!!!!!! (worship)

  10. “sekedar bersenang senang mencari hiburan di dalam dunia maya” waduh nyindir aku iki…

  11. bagus deh Nice posting

  12. Quote:
    Apapun alasan anda dalam bergaul tentu saja jangan sampai mengindahkan rasa saling menghormati dan menghargai pada sesama hingga akan tercipta persahabatan yang indah.
    —————————————
    Saya suka kalimat ini….
    Kalau kita ingin dihormati maka kita juga harus menghormati orang lain..
    Di dunia maya juga ada etika, etika memberi komentar, etika membuat postingan, etika menulis status.
    Tulisan kita memberikan gambaran seperti apa kita sebenarnya. Status yang cengeng atau setiap menit atau jam berganti status membuat orang berpikir, apa dia banyak waktu menganngur ya…

    Membaca blog seseorang juga dapat menilai karakter orang tsb….juga hendaknya kita memberikan komentar yang sopan yang ada kaitan dengan tulisan yang diposting, serta tanpa bahasa yang disingkat-singkat, apalagi pakai huruf besar kecil yang bikin pusing (bahasa Alay)

  13. Selain dari indahnya persahabatan, tentu saja efek dan manfaat yang bisa dipetik dari pergaulan dunia maya ini hehe…
    Mantep!

  14. saya setuju….
    hewhewhew…

  15. Apapun alasan anda dalam bergaul tentu saja tetap memperhatikan rasa saling menghormati dan menghargai pada sesama hingga akan tercipta persahabatan yang indah.
    saya suka dengan yang ini

  16. tergantung security dan taggingnya… 😀

  17. Seharusnya saat kita bergaul di dunia maya bisa lebih sopan dan beretika. karena kita mempunyai kesempatan untuk mengencheck ulang semua tulisan yang akan kita postingkan. Berbeda dengan saat kita bertatap muka dan bicara langsung.

  18. aku lebih suka bergaul di dunia maya.. hahahaha… abisnya udah gag ada temen lagi disini dah pada mencar kemana-mana…
    dan yang aku suka, kebanyakan temen di dunia maya selalu menyenangkan, jarang berkata-kata yang menyakitkan walopun ada satu-dua, tapi kebanyakan selalu terkesan baik.

  19. setuju mas… dan apapun makannnya minummnya teh ……. eits gak boleh sponsor di blog orang 😀 ehehehe

  20. Apapun medianya totokromo tentu perlu dikedepankan.
    Berkunjung setelah lama tidak kesini, karena keterbatasanku saat ini.
    Salam

  21. WASPADA ! DENGAN DISAKSIKAN TUHAN ALLAH SWT. SUKIJO GUNUNG PENTUL, KARANGSARI, PENGASIH TENAGA BENGKEL SEPEDA MOTOR UTARA MASJID AGUNG WATES ADALAH PENADAH DAN PEMAKAI BARANG-BARANG CURIAN, KERUGIAN PARA KORBAN MENCAPAI 75 JUTA RUPIAH. PENGIRIM BERITA PAIJO INTEL

  22. laik dis kang …

  23. Sahabat emang keren..
    tapi kalo di jejeli saos sambel waduh.. ^_^

  24. 2 Thumbup untuk postingan ini…. (worship)

  25. kunjungan balik ditunggu di sini

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>