hanya-teman-paiminNama Raden Mas Hario Paiman memang cukup di kenal sebagai sosok orang yang cukup intelek di sebuah Kampung Blagu ,sedangakan kampung blagu tersebut memang memiliki berbagai dusun yang terbagi di beberapa wilayah berdasar letak dan pengelompokan

Di sebuah Dusun Krajan lah Raden Mas Paiman tinggal bersama keluarga nya ,Dusun krajan memang lah sebuah daerah dimana banyak tinggal para pejabat kampung Blagu ini , dusun krajan memang terlihat lebih maju ketimbang daerah lain yang terletak agak jauh dari sarana sarana penunjang pembangunan .

Dalam kurun waktu tertentu di kampung blagu biasanya menggelar acara adat blagu yang akan mengumpulkan seluruh warga kampung blagu dari berbagai dusun yang mengumpul menjadi satu di salah satu dusun untuk saling menyombongkan dusun mereka masing masing .

Perbedaan yang ada dari berbagai dusun tersebut sebenarnya merupakan sebuah keindahan yang tertata untuk saling kita nikmati bersama memajukan kampung blagu ,sementara ini kehebatan masing masing dusun di kampung blagu memang merupakan aset kekayaan adat kampung blagu yang indah .

bukan-paiminDi tahun ini akan di gelar juga pesta adat kampung blagu yang akan mengumpulkan warga kampung blagu yang berasal dari berbagai dusun yang memiliki keunikan adat sendiri sendiri .

Tahun ini Paiman lah yang di gembor gemborkan akan menjadi tokoh adat pesta blagu , tentu menilik dari beberapa kepiawaian paiman dalam berbagai hal termasuk kepandaian Paiman sebagai Dalang Wayang Kulit pun menjadikan rujukan untuk menjadikan Paiman sebagai tokoh pesta adat kampung blagu, dari beberapa kalangan petani, kyai dan mantankyai sampai tukang ngajar dan tukang foto semua sangat mendukung pada Paiman bin Paijo untuk jadi pemegang kuasa dan pemangku pesta adat blagu.

Memang pada awalnya semua tokoh dari berbagai dusun mengagumi Paiman yang berwajah suci tanpa dosa ,yang tentu juga memandang ketampanan Paiman yang lebih lumayan ketimbang ketua Pesta adat yang sebelumnya .

Tentu berbagai cara kampanye atau menebar simpati dilakukan juga oleh Paiman untuk semakin mengukuhkan ketokohan dirinya di berbagai dusun yang ada di kampung Blagu . Paiman memang di dukung penuh oleh tetua adat yang lama serta dukungan di peroleh juga oleh sebagian masyarakat dusun krajan yang memang tiap hari bergaul dengan Paiman,

Seperti layaknya para caleg DPR mencari suara untuk menebar simpati , Paiman pun selalu hadir dalam setiap acara yang di gelar oleh para warga kampung blagu dari dusun manapun , entah itu acara melayat , acara kerja bakti,acara rapat rapat dusun bahkan acara tahlilan pun ia kunjungi dengan tujuan agar dia mendapat simpati dari seluruh warga kampung Blagu.

Bukan Paiman jika tak mampu menghebohkan setiap warga kampung Blagu , akhirnya membuat geger seluruh warga kampung Blagu .

Paiman yang mendatangi sebuah acara silaturahmi antar warga dusun yang terbelakang akhirnya di elu elukan bak dewa agung datang ke warga jelata dengan gaya selebritasnya ,dan sudah barang tentu acara tersekat dengan cium tangan pada tokoh dalang kenamaan Paiman ini,

Bukan namanya Paiman sebagai dalang kondang jika tidak mampu memainkan wayang kulit dan kalimat kalimatnya memelintir keadaan mengukuhkan dirinya sebagai selebritis tinggkat wahid ,kesombongan dan ke narsisannya membuat ia lupa diri dan membual ketika ia kembali pulang di ke dusun krajan lantas dengan pongahnya ia memproklamirkan dirinya sebagai Pemimpin intelektual baru yang mampu membodohi beberapa dusun termasuk dusun Jlatak ,dusun Pulir dan beberapa dusun lainya .

Paiman yang Intelektual,terpelajar ,Mriyayeni tersebut akhirnya mengumbar kepongahannya di Dusun Krajan yang memang rata rata warganya juga terpandang sebagai kumpulan orang yang mengaku dirinya juga terpelajar dan Tokoh Eklusif di kampung Blagu .

Walhasil para warga dusun lain yang pun juga mampu ia Kelabuhi dengan ke tokohan Paiman hingga beberapa saat semua warga kampung Blagu terkesiap dan terkelabuhi oleh licinya lidah si Paiman , terbukti untuk mengukuhkan ke Hebatan dirinya iapun bisa saja mengaku bahwa Paiman Di TELPON berkali kali untuk menghadiri salah satu acara silaturahmi antar dusun .

Paiman benar benar lupa diri sebagai manusia biasa , ia bahkan malah boleh di ibaratkan seperti serigala berbulu domba , sebab di depan para warga dusun Jletak ia bermanis mulut beramah tamah menyentuh tangan minum dan makan di pedalaman dusun Kramat.

ini-juga-bukan-paiminSelang waktu tidak terlalu lama warga yang di klaimnya sebagai warga dusun yang terpencil tersebut tahu bahwa dirinya di jadikan bahan tertawaan ,ejekan,gurauan oleh Paiman di dusun Krajan , sebagian warga sempat marah dan merasa terpukul dengan tindakan Paiman sebagai Pencundang yang mengolok olok warga dusun Jletak,Kramat ,dan dusun dusun terbelakang yang lain.

Paiman bahkan tidak berlaku bijaksana layaknya para orang orang terpelajar ,malahan cenderung mendewa dewakan dirinya ,mengukuhkan kecongakan dirinya bersilat lidah memutar balikan fakta ,tapi sebagian warga sebenarnya tahu dan tidak sebodoh yang Paiman kira dalam menyikapi statmen yang di lakukan Paiman , satu contoh ketika ia berkilah mengukuhkan ke Tokohannya dia bilang ” saya di telpon berkali kali …dan mereka mengemis pada saya untuk datang ke Dusun itu mengikuti acara silaturahmi tersebut ” sebagian warga malah tersenyum sebab kebodohan para wargapun mampu menangkap “BAGAIMANA caranya orang terpencil kok bisa mendapat nomor Telpon Tokoh Paiman ” lantas mendapat nyali dari mana salah satu warga di kampung terpencil hingga berani nelpon sang Paiman dan mengundang Tokoh Papan atas Kampung Blagu tersebut untuk datang ke acara yang bakal dinilai nggak mutu oleh Paiman.

Warga berbagai Dusun di hampir seluruh Kampung Blagu akhirnyaΒ  mengetahui Kemahiran Paiman dalam mendalangkan beberapa Pentas Wayangnya hanyalah bentuk penghinaan terhadap sesama warga kampung Blagu yang lain, bahkan sempat terisik kabar bahwa Paiman diduga menjadi pemicu kecemburuan warga terhadap istrinya yang sekedar bertemu dengan sang tokoh Paiman bin Paijo itu.

Yah sudah barang tentu akhirnya sebagian warga dusun dusun yang terpencil menyimpan dendam yang mendalam dan sangat terpukul dengan kelakuan Paiman sebagai Pecundang dan Pengecut .

Sebagian warga pun akhirnya sadar bahwa Paiman bukanlah calon pemimpin yang baik yang hanya layak sebagai Pemimpin Pecundang yang terperangkap dalam ketakutan ketakutan untuk mengakui kehebatan orang lain , Paiman hanya sosok yang lebih kerdil dari pada orang yang di kerdilkan olehnya .

Semula Paiman akan di Adili dengan cara cara dusun namun akhirnya Paiman dibiarkan tetap hidup sebagai contoh prilaku Pecundang ,dan sebagai pedoman warga yang lain sebagai catatan buruk dalam sejarah kampung Blagu yang semarak.

Cerita ini hanya refrensiΒ  sebagai catatan dalam hidup saya dan sekaligus menguatkan keyakinan pribadi saya agar tidak menilai seseorang berdasar pakaian kebesaranya ,bukan berdasar pada kemanisan bahasanya,sertaΒ  sebuah temuan pelajaran bagi kesederhanaan pola hidup .

Tulisan ini hanyalah pengingat pada diri saya untuk tak berlaku seperti Paiman yang dengan mudah mendiskripsikan orang lain dengan hal hal yang negatif ( bodoh,miskin,terbelakang )

Terima kasih buat Paiman bin Paijo yang telah mengorbankan dirimu untuk memberikan pelajaran bagi kami mudah mudahan amal kebaikanmu di terima

FOTO 2 DI ATAS BUKAN PAIMAN HANYA MUNGKIN MENGETAHUI KEBERADAAN PAIMAN

Nama kampung Blagu di pinjam dari Ibu Dokter MARSHMALLOW s

Tags: , , , , , , ,

83 Responses to “Paiman Pemimpin Pecundang”

  1. astapilulloooooohhhhh

  2. KEDUAX !!!!

    PAIMAN TUH ARTIS YA////

  3. Busyet.. ada orang ganteng pakai kaus merah putih berikat kepala ijo…
    E.e.e.e.e…. paiman itu temannya gentho preman kampung kan??? belagu bangets tuh!…

  4. (lmao)

  5. Biyaajinguk dowo tenaaaannn, hahahaha… btw Paiman yang dimaksud disini bukan bakul soto sing kondang ngaloka sak Wates kuwi to?? yang kiosnya di deket tukang mbikin pigura2 Karangnongko itu lho… wes pernah nyoba mas?? mak nyuusss lho….

  6. Paiman itu apanya si Paimin?

  7. Wow… dengan cerita yg cukup detail saya yakin akan memberikan pelajaran bagi pembacanya untuk tidak berlaku dengan mudah mendeskripsikan orang lain dengan hal2 yang negatif (bodoh, miskin, terbelakang). Salut euy πŸ˜€

  8. Wah, wah…Sudah merambah sekarang ya, mas. Udah masuk ke cerpen, selamat.

  9. Huaaaa nguyu lan ngekek ndelook fotone Anang..:)
    Ternyata emang tampan beneran orang itu πŸ™‚

  10. (lmao)

  11. makanya, jangan mudah terpedaya saya pesona luar seorang pemimpin mas. kalo dikibulin gini baru tahu rasa sampean (masih ngakak inget-inget kekurangajaran mbah gugel semalam) (doh) … lho kok malah aku menasihati diri sendiri ya .. hehehehe

    btw … jancuk kok aku gak weruh ono fotoku seng iku. gantheng yo??? terus hubungane aku karo si paiman opo kang (angry) (doh)

  12. paiman sang pemimpin pecundang yg berharap orang2 yg dihadapinya adalah orang bodoh yg gampang dikibuli, dan ternyata paiman salah besar, orang yg dihadapinya adalah orang orang yang pintar yang tau apa maksud dibalik “kemanisanya”

    paiman.. dan skrg dirimu hanya pemimpin sampah

    @mantan kyai

    hubungan mu adalah kamu adalah fans nomor 1 si paiman sampai2 menyimpan poto nya di dompetmu dan kamar mu penuh dengan poto2nya dalam berbagai pose. Gak percaya? google lah saksinya (dancuuuuuukkk jek ngakak aku)

  13. wetengku mules.. toilet sebelah mana?

  14. Paiman semoga cepat mengetahui situasi, tapi saya milih Paimen saja, karena dia datang tiap bulan…
    wahaha….

  15. *wetengku kram*
    ojo di tambah-tambahi ta..

  16. saya salut kepada Paiman…..

    budaya wayang masih jago dimainkan !!!! πŸ™‚

  17. hidup paiman….bin paijo !!!

  18. kok malah paiman bin paijo menjerumuskan diri ke dalam lembah kebodohan dan kecongokan

    doh doh doh…

    ngarang cerpen yoo

  19. anu …..numpang lewat ….

  20. paimin siapa sie mas

  21. lulusan mana tuw paiman bin paijo kok piawai mendalang?

  22. sangar tenan potone koyo preman hihihihi ampyun omm jangan dihajar yap daku kan cuma becanda

  23. boleh juga Paiman…
    poto pertama iku wong ndi yo….??? πŸ˜€

  24. Seharusnya para pemimpin dan calon pemimpin negeri ini baca postingan ini mas totok

  25. kyai iku dilinkke ke kambingetawa.org (lmao)

  26. paiman bin paijo, srigala berbulu tangkis :))

  27. Wah cerpen yang menarik.. Cukup imajinatif πŸ™‚
    *menikmati dengan duduk di sofa panjang, minum cafΓ© latte, makan blueberry cheese cake, dan mendengarkan musik jazz*

  28. terus bagaimana paimin menjadi seorang pemimpin samakah dia

  29. Kok buiman ga di sebut πŸ™‚

  30. wah, cerpennya bagus mas, aseli..layak dapat penghargaan dari kelurahan ini..

  31. bukan paimin to

  32. wakakak! mas totok pinter deh membuat tulisan yang lucu, namun satir. dan judulnya itu loh, pemimpin pecundang. karakter paiman memang pecundang banget, narsisistik.
    agaknya karakter ini semakin umum dijumpai di zaman sekarang, terlebih menjelang pemilu seperti saat ini. banyak orang yang mengaku baik dan penting dan pantas dijadikan idola di antara banyak kandidat, padahal dialah yang sebenarnya lebih memerlukan orang lain untuk bisa tetap populer dan eksis.

    tulisan ini memberi banyak pelajaran, mas. makasih.

    (dan terima kasih banyak sudah turut memeriahkan kampung blagu dengan cerita ini. saya senang banget!)

  33. lha Paiman sekarang merantau ke Sumatra mas ikut transmigrasi hahaha

  34. paiman pemimpi(n) pecundang kalo punya sifat kasatria harusnya mundur

  35. komene kok ada yang diedit
    πŸ˜€

  36. weeeh, sepertinya aku termasuk golongan paiman. hiks !

  37. di kita memang masih seperti itu mas… terutama di bank hahaha

  38. paiman ki opone parmin??!… walahhhh bapakku dhewe :/

  39. nyebut nama PAIMAN, jd inget film SAMSON ‘n DELILAH nya Indonesia. Nama asli si Samson kan PAIMAN…. ‘Paiman alias Samson’ he3x

  40. sapa pemainnya…….
    apanya paimin…..

  41. Ternyata Paiman anak teman saya, paijo

  42. PAIMAN kuwi kelompok LAKON, sejenis BATMAN, SUPERMAN, MEGALOMAN, ANOMAN, SPIDERMAN…

  43. mirip2 dikampung yang pernah kusinggahi
    jangan2 sama lagi

  44. Ho’o i, komene ada yang di edit..wah pembredelan ini namanya..hahahaha….

  45. nganu, salam buat kang paiman πŸ™‚

  46. hwahaaa….ha…
    untung Paiman bukan Paamin….. πŸ˜€

    seru banged mas.

  47. wah, jangan2 paiman sang pecundang itu memang sudah banyak di sekeliling kita, mas totok, hiks, bisa jadi aku atau mereka, hehehe … tulisan ini cukup reflektif utk mengingatkan kesejatian diri kita sebagai makhluk Sang Khalik yang dhaif dan memiliki banyak kekurangan. sepertinya ndak ada gunanya menebarkan kecongkakan, apalagi menilai seseorang hanya berdasarkan tampilan lahiriahnya. *walah*

  48. Waduh, apa saya yang katro ya Mas Totok, selama jadi warga kampung Blagu kok baru tahu sama Paiman sekarang? πŸ˜€

  49. Weh .. kalo Paiman yang pengelola Paiman dot com ternyata dari Kampung Afghanistan lho. Lengkapnya Habib Paiman. Beneran wong pinter kelihatannya, nggak percaya? tanya aja mbah gugel πŸ™‚

  50. Sepertinya lebih pas kalo judulnya ditambah “seorang/ adalah”!

    “”(Paiman “se-orang” Pemimpin Pecundang)””

    karena saya pikir paiman memimpin orang2 pecundang.. hehe

  51. Kayaknya sekarang banyak Paiman-Paiman ya…
    Tulisannya lucu, mudah2an yang merasa diri seperti Paiman segera sadar.

    Btw, Anang keren pake ikat kepala….

  52. kalo bukan paiman mungkin paimin yah
    atau paimun
    byme

  53. kapan Indonesia dipimpin tokoh seperti paiman ya? (soewoenge kumat)

  54. Paiman adalah orang yang paling beriman di seluruh jagad.

  55. jadi.. paiman itu apa?

  56. walah walah wakakakakakakaka

  57. ya ampun mas..tak pikir fotonya itu fotonya paiman beneran.. πŸ˜†

  58. fotonya memang luar biasa kang! aku seneng fotone the most blogger kere of the year kuwi.. hehehehe..

  59. Mas Paiman ngaku-ngaku nggak ya…kalau kemajuan kampung blagu itu hasil jerih payah dia….

  60. maaf bingung mau komen apa…
    sama aja kayanya ma yang laen…
    hehehe….

  61. singgah mas….
    nuhun…..
    titip salam buat mbak dan si kecil

  62. Hebat juga paiman,.. slam dech wat paiman,.. hehehe,..

  63. tumut wae

  64. Salam kenal aja buat paiman.
    Hehehe…

  65. paiman dan paimin hehehe

  66. Onok2 wae si Paiman kie.
    Wes ngunu, foto2 seng ditampang yo persis karo seng dicritakne. (lmao)

  67. piye kabare mas paijo? apik2 wae to. salam buat mas paijo

  68. Haiyah bisa aja ngait2in ke caleg DPR. Tapi iya juga sih, tu caleg kalo lagi kampanye, sucinya ngalahin nabi

  69. wekekeke, mesra banget foto kyai berdua ituh

  70. paiman paiman.. wkwkwkwkwk

  71. kenapa ya si paiman itu dimana2 selalu jadi pecundang, baik di plurk, di blog, dan sekarang di sini. entah apa dosanya.

  72. daasarr paiman….!!!

  73. Tokoh Paiman sendiri cukup garang…
    maksud Abu bukan karakter tp wajahnya…
    Hahahahaha….

  74. Jadi foto diatas bukan Paiman ya?
    trus seperti apa Paiman itu? pasti nggak mirip Batman ato Superman.. hehehe…

    Mas Totok, saya mampir ini ke Gunung Kelir.. wah.. rame ternyata πŸ˜€

  75. waduuuh…gunung kelir hebat….ternyata mas totok banyak fansnya.
    btw…lha Paiman sekarang ada dimana mana je…kalau gak seperti paiman ,,katanya gengsi…

  76. wah, saya ndak kenal dengan paiman… πŸ˜‰

  77. Neo Paiman sedang merajalela. Jangan-jangan sebetulnya ia sungguh dekat dengan nadi kita. Ia bisa bersembunyi di saku celana, di lipatan dompet, atau di kedipan mata. Ha!

  78. eks personil slank kah???
    wkkkkkkk…PEACE!!!!!!!

  79. Bukankah Kita Paiman2 dalam wadag yg lain ? ruh dan jiwa kita adalah paiman dg tubuh Goenoeng (sorry mas goen –salahe dewe ngaku paiman),DM,mbak dok marsh dan mungkin eh pasti nya juga saya.
    Munafik kata mas DV, juga Naif , seurius ,/rif ,gigi ah itu kan nama2 band hehehe.
    Semoga kadar “paiman” kita cukup sedikit agar bisa sedikit lebih jujur.

  80. ngakak sak ngakak ngae………

  81. Hehe paiman, paiman πŸ™‚

  82. Eh, ada Kang MT di sini. πŸ˜‰

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>