pasar kambing etawaDisela waktu antara pekerjaan yang menghimpit saya menyempatkan satu hari untuk mendatangi pasar Kambing Etawa yang terletak di Desa tempat kelahiran saya ( bukan tempat tinggal sekarang ) , Desa Pandanrejo ,Kec Kaligesing ,Kab Purworejo.

Pasar Kambing Etawa di gelar setiap hari Sabtu pada setiap minggunya , sudah barang tentu disana berkumpul beberapa kambing sekaligus berkumpul beberapa Pedagang dan pembelinya .

Hari sabtu ini memang cukup cerah setelah beberapa hari di guyur hujan terus menerus ,hingga keleluasaan para pedagang tertumpah hari ini .

pict0017Saya berkeliling pasar sambil mengamati berbagai kelas kambing yang di pasarkan disini ,memang tanpa sebuah keharusan kambing di pasar ini mengelompok dengan sendirinya ,namun terbiasa dan secara otomatis para pedagang itu sendiri yang memisahkan dengan sendiri kambing kambingnya berdasar kelas dan harganya.

Kelompok Pejantan juga terpisah sendiri dari para betina dan indukan , di kelas pejantan para pedagang juga membedakan atau mengelompokan berdasar dua kelas yaitu bakal Pejantan dan Pejantan yang sudah siap kawin ( bandot ) , Harga yang di pasang para pedagang juga sangat berfariasi dari 2,5 juta sampai yang berharga diatas 10 juta per ekornya .

Dalam setiap sabtu memang selalu ada Maskot yang selalu sensasional harganya, kali ini ada bakal indukan yang ditawarkan sampai seharga 15 juta .

saya menyempatkan waktu cukup lama untuk sekedar mengamati beberapa transaksi jual beli kambing yang dilakukan oleh para pedagang yang datang dari berbagai kota bahkan dari Malang,Madiun,Jember dan kota kota lain

pict00271Pagi yang cerah berangsur menjadi siang yang memanas aku melirik jam di Hp menunjukan pukul 12 .00 siang hari tak terasa telah berjam jam menikmati ramainya pasar dan mengamati berbagai jenis kambing yang bermacam macam , dan saya juga bertujuan membeli bakal indukan maka saya meminta tolong kawan yang biasa berdagang untuk membelikan saya dua bakal indukan setelah saya melirik calon kambing yang saya sukai .

Uniknya para pedagang ini kalo menawar sambil mengeluarkan uang dan di hitung kemudian berbisik bisik menyampaikan harga yang di tawarnya ,selanjutnya penjual akan menghitung uang yang di berikan tersebut jika cocok uang tersebut di terima namun jika kurang atau masih belum di kenan oleh penjual maka uangnya di kembalikan dan biasanya saling serah meyerahkan uang ,nah disini kalo kita tidak hati hati biasanya ada kawan penjual yang nimbrung dan menaikan harga ( combe ) dengan gaya ikut menawar , maka kita memang harus jeli serta hati hati ,jika kita tidak biasa sekali masuk di lingkungan pasar tentu akan berbeda harga sangat jauh .

pict0034pict0036Saya memang selalu memanfaatkan kawan kawan pedagang serta minta pendapat beberapa orang petani yang saya anggap sudah piawai dalam memilih kambing untuk di pelihara ,soalnya jika saya langsung ke penjual biasanya harganya mendadak mahal dan saya memiliki kelemahan menafsirkan harga serta menawarnya , alhasil hari ituΒ  saya berhasil mendapatkan dua bakal indukan melalui bantuan kawan saya dengan harga 4,5 juta dan 3,7 juta , sesaat setelah menitipkan kambing untuk dibawa pulang dengan truck angkutan pedagang kambing saya pun bergegas meninggalkan pasar Kambing etawa yang masih ramai itu .

jika anda berminat beternak kambing etawa silahkan datang ke pasar kambing seton di Desa Pandanrejo,Kec Kaligesing,Kab Purworejo

Tags: , , , ,

141 Responses to “Pasar Kambing Etawa”

  1. kabarnya kambing etawa ada serial numbernya mas gentho, udah dicek belum …
    Luarange poool…

  2. haha ada mas bukan SN namun silsilah mas tapi itu sih nggak terlalu di amatin mas sekarang visualnya aja yang menantang mas

  3. dicap nggeh Pak?

  4. hahaha nggak juga mas bukan di cap tapi di tandai mas

  5. enak ndi kang ambune ambek rasane nek disate?

  6. enak di sate kang

  7. bos, terima pesanan gak?
    buat kekahan nih … *kalem*
    .
    .
    .
    .
    .
    ..**kabur**

  8. terima peanan untuk kambing kurban dan akikah hahaha hubungi 0275 2501254100

  9. wah. seandainya tanah seberang pesantren tdk terjual untuk operasional sekolah saya. pasti tak pake ngopeni kambing jenis ini Kang. hehhe…

  10. walah tapi tetep bisa di gaduh ke mas atau ada alternatif lain mas hahaha tetep semangat

  11. Weh regane larang tenan ki kang, pantes ra disembelih, mung digawe koleksi seng duwe

  12. koleksi kambing kang

  13. tanya: suatu saat bisa jadi murah nggak sih, harga ini kambing? *muka polos*

  14. bisa murah sih suatu ketika saat kambing sudah tidak produktif pasti akan di jual murah sebagai pedaging

  15. aku duwene mung wedus procol ro wedus kacang sing cilik menthik,la yen etawa kok gede men tho…

  16. hahaha etawa kambing besar kok kang memang lebih besar dari kebanyakan kambing jenis lainnya

  17. wuih larang yo jebule kambing etawa kuwi

  18. lumayan mahal sih tapi hasilnya juga berimbang kok sesui dengan modal yang kita keluarkan kok mas

  19. Mahal amir om….
    nanti disate aja yach

  20. waduh kalo yang di sate ada jenis sendiri yang kecil kecil kambing bligon, randu ,gembel dll

  21. wah tambah akeh ae mas ternake..

  22. walah ini buat infestasi aja kok mas

  23. mas gentho kan bisa bikin anakan sendiri. koq masih beli? πŸ™‚

  24. lha untuk nambah dan mempercepat pertambahan anakan kok mas

  25. Wah, kok larang!
    Digabung iso dinggu tuku laptop jhe, Kang! πŸ™‚

    Tapi cocok juga untuk investasi ya sepertinya?

  26. iyo mas coba saja suatu ketika sampean estimasi harga etawa tersebut

  27. Di surabaya kalau mau berternak repot mas, karena nggak ada tempatnya.

  28. hiyalah kang Edy sebab di perkotaan susah tempatnya investasi disini saja kang Edy

  29. Rame banget Mas Pasarnya. Biasane Pasar Hewan pasarane pake itungan Kliwon, pahing dll.
    Semoga Indukannya membawa rezeki yang lebih bagus.Amin.

  30. sini pasaranya tiap sabtu mas
    makasih doanya mas

  31. kalau lihat kambing jadi ingat Sate, beda ndak rasanya sama kambing jawa biasa mas Totok

  32. agak beda dikit biasanya lebih terasa panas dalam tubuh aromanya juga agak lain kok pak

  33. Mas Gento,

    Bisa di perjelas gak nih spesifikasinya mana yang harga 2.5 jt dan mana bakal indukan yang harganya samapai 15 jt. sehingga pembaca dapat gambaran yang jelas mana bakal indukan yang bagus.

    Maturnuwun

  34. oke saranya nanti akan saya ulas lebih lanjut di kambingetawa .org

  35. beda banget ya sama kambing jawa atau domba gitu

  36. hiya beda tinggi beda berat dan jenis bulunya

  37. Aku pesen kambing ketawa aja..

  38. sampean yang di ketawain hahaha

  39. Jual kambing etawa
    Pejantan Rp. 19.750.000
    Betina Rp. 11.500.000
    anakan Rp. 6.000.000

  40. kambingnya dikasih nama apa mas?…

    biasanya namanya keren keren.

  41. hehaaaa sampean rupanya cermat sekali mas hahaha ada sih nama nama keren cuman takut di publikasi

  42. jian…
    tukang wedos tenanan

  43. wedus

  44. kaose kok pancet kaos kuthungan iku maneh si mas? hmm… ketoke aq iso bls dendam hahahaha

  45. aku duwe 12 pasang kok

  46. aku pernak ke pasar itu kebetulan untuk menemeni teman yang ingin memelihara kambing etawa ,kapan kapan klo aku ke situ bisa mampir ke rumah panjenengan nda yah

  47. walah mas mampir mas kalo kesitu yah kabari aku deket kok mas dari rumah aku

  48. weh kok larang2 to lek ?

  49. Bahkan Harga kambing sekarang terimbas laju inflasi…
    Dulu ketika Abu dikhitan, harga kambing hanya 100 ribu…
    Sekarang sudah jutaan ya…

  50. hiya lah mas kan bbm juga naik harganya

  51. Mas Totok,
    Saya menikmati foto-foto yang disajikan. Jadi ingat waktu kecil di kampung dulu. Kala itu ada pasar ternak, tapi yang dijual cuma sapi dan kerbau.
    Rupanya ada cara tersendiri, ya, untuk transaksi jual beli. Inilah salah satu kearifan lokal yang tidak dipunyai ekonomi liberal yang bikin saya jadi fresh pengangguran. πŸ˜€

  52. yah mudah mudahan para peternak tetep bisa menikmati hasil jerih payahnya mas

  53. wow kambingnya gede2 banget om????

  54. hiya kayak yang punya juga gede gede hahaha itu kambing jenis peranakan etawa

  55. Wew, ramai banget pasarnya…
    Lha kalau ada yang ditawarkan sampai 15juta untuk satu ekor, apakah karena memang mempunyai kelebihan khusus, Mas?

  56. yang mahal biasanya karena karakteristik serta bentuk fisiknya sangat spesial mas dari panjang telinga , tinggi badan warna bulu , jenis susu dll

  57. kulakan wedus njih pak. Beternak kambing ato mau dijual lagi?

  58. wah buat di ternak sendiri mas

  59. kaya pasar ikan di negeri cupang aja….gimana di negeri kambing ya?

  60. negri kambing aman aman saja hahaha

  61. salam kenal,om….biar mahal kan investasi penting itu om.

  62. makasih mamajundi

  63. udah kaya lebaran haji aja tuh pasar πŸ˜€

  64. welah ini terjadi hampir setiap sabtu mas

  65. wow, jadi inget masa bocah dulu….
    πŸ™‚

  66. inget kenapa saat bocah dulu mas

  67. makasih atas infonya…
    kapan2 maen dah….kesana….

  68. silahkan jangan lupa mampir ke gunungkelir

  69. walah larange kambing etawa, tapi iseh larang kambing ozawa ketoke…
    tapi memang etawa itu sehat

  70. hahaha jelas kui mas

  71. Wuuiiiihhh… Seru banget nih pasar. Kebayang baunya =))

  72. kambing ini nggak seberapa bau kayak domba kok

  73. jan larang ra umum. motorku kalah larang. wedus tenan..

  74. disini sering mas kambing di tukar motor baru

  75. Wuih.. mahal ya? pasti ga bakal di potong dan di jadiin sate de, kalo di jual jadi sate kambing harga nya berapa ya? pastimahal banget deh.. πŸ™‚

  76. hahaha bisanya yang disate setelah kambingnya tidak produksi anak atau susu

  77. wah, sewaktu ke gunung kelir dan mendengar tuturan mertua mas totok, saya kepikiran utk bisa menyaksikan transaksi jual-beli ettawa di pasar kambing. tapi kayaknya keinginan saya itu tertunda, hehehe … suatu ketika mudah2an saya bisa menyaksikan betapa ramainya pasar kambing ettawa di purworejo itu.

  78. monggo mudah mudahan lain waktu Allah memberi kesempatan pak

  79. poro blantik lagi kumpul yo…

  80. iyo mung kurang komplit sampean gak enek

  81. Wah edan , larang tenan. Bisa buat beli motor πŸ˜€
    Di situ ada transaksi untuk ngawinin kambing gak? Mungkin ada germonya gitu, haha

  82. sampean meh ndaftar jadi germo po kang

  83. Sayang sekali saya kemarin ndak sempat bercengkerama dengan kambing etawa kang. Mudah2an lain kali saya bisa bareng anak saya nyoba praktek angon dengan anak dan istri saya ke tempat nejenengan. hehehehe

  84. silahkan mas kapan kapan maen sekeluarga mas

  85. Nggak tahunya kambing mahal yak……kalau sapi berapa tuh harganya…..berarti jauh lebih makmur orang daerah dibandingkan orang jakarta….orang jakarta punya supra x aja bolehnya ngredit…..hehehee

  86. hahaha memang pemandangan masyarakat miskin jarang di temui di pedesaan soalnya serba gotong royong hahaha

  87. Membaca “kambing etawa”, apa kambing (asal muasalnya) yang bulunya bisa diambil untuk wool Cachemire? Wool Cachemire lebih lembut dan lebih hangat dari wool domba. Harganya lebih mahal lagi.

  88. mungkin akhirnya produksi kesana namun kebanyakan lebih di budidayakan susunya untuk pengobatan dan kecantikan

  89. the uniquely Of Gunung Kelir. Ditengah perubahan zaman, masih ada nampaknya yang seperti ini ya…Saya baru lihat lagi kambing. Seru nih mas!

  90. lha saya asli ndeso kok mas hahaha

  91. mau beli kesana kejauhan pak.,,,
    Bisa ditransfer, heheh…

  92. bisa nanti tak belikan dan diantar ( delivery order )

  93. rame banget,,,

  94. poool mas ramene

  95. Salam, Mas..

    mau bikin bank kambing ettawa, Mas? Boleh dong nitip… πŸ™‚

  96. wah boleh sekali
    salam kenal kembali

  97. wah..perlu kesini tuh kalo mau beli yg bagus2

  98. boleh nanti di anterin sekaligus bonus kopi dan makan makan hahaha

  99. selamat malam bang
    salam persahabatan selalu
    salam hangat selalu

  100. terima kasih salamnya

  101. saya jadi ingat lelang domba di easter show saat masih di sydney, mas totok. domba-domba dibariskan berderet, kemudian ada petugas kesehatan hewan dan petugas lelangnya di sana yang menilai para ternak yang dilelang.

    hmm… melihat foto-foto mas totok, sepertinya ada paparazzi yang terus mengikuti nih. mas totok bener-bener juragan kambing etawa!

  102. paparazzi nya bawa sendiri hahaha

  103. saya doakan bro smg kambingnya lekas beranak pinak *nanti kl dah banyak, sy beli yak *tentunya harga temeenn* πŸ˜›

  104. terima kasih doanya kang wah lama nggak muncul sampean kemana aja nih

  105. Iyah niy lama ga berkunjung… | terkendala kesibukan sehari-hari. Maklumlah tinggal dikota besar yang penuh dg persaingan bro.. mau ga mau, kepala dibuat kaki, kaki dibuat kepala (jungkir balik mode on) πŸ˜€

  106. yakin deh juragan kambing bisa kaya kalo disan…
    tulisan bagus mas

  107. hahaha makasih kang

  108. Huhuhuhhuhu… skrg blum mrambah dunia kmbing etawa mas, tpi gpp sya ctat spa tw ada tmen atw knlan yg nyari2… πŸ™‚

  109. hahaha makasih ada fee 2,5 % hahaha

  110. yang pasti bau kambing ama bau duit ya jadi satu ya mas… πŸ™‚

  111. hahaha bener mas sama sama baunya

  112. Sama2 makannya rumput kok larange pol

  113. beda susunya kang hahaha

  114. kambingnya minta 1 om????mampir lagi aku om

  115. hehhee boleh boleh ambil aja di kandang hahaha

  116. Wah.. iri… pengin juga punya kambing ettawah…

  117. kan udah ada toh

  118. trus klo dah sampe rumah kambingnya mo diapain mas?

  119. masukin kandang mas hahaha di pelihara

  120. Keren ada websitenya… Bisa tahu banyak tentang kambing….

  121. lha kalo yang kaos kutungan biru itu berapa mas harganya?

  122. kapan bisa dola maring pasar etawa yoooo

  123. .
    Meski sayah mesum, sayah bukan bandot lhoooo…. πŸ˜‰

  124. istilah “kelas kambing”, bisa jadi berubah makna, niih.. πŸ™‚

  125. Itu, lelaki berbadan keren itu, yang berdiri di antara kambing-kambing itu, sedang apa dia di sana? Kok tampangnya mencurigakan begitu?!

  126. salam kenal buat mas gentho,,,,mas aku ini tinggal di majalengka jabar, gimna misalkan aku ingin beternak kmbing pe trus penjualannya itu hrus kemana,,yg prnah aku bca di web singapore bahwa kmbing pe bisa di produksi air susunya,,apakah dikita juga sudah ada yg menampung hasil air susunya itu,,seperti di ternakan sapi perah.trims bnyk sucses sllu mhon blasannya ini emailku bhezzet@yahoo.co.id

  127. mas getho,aku wong kaligesing juga,tepate sudorogo tapi siki lagi nglayap adoh.
    piye nurut njenengan soal prospek ternak PE,soale aku yo arep nyobo melu nernak,

  128. wah ….. dadi kelingan dek cilik
    cok melu nang SETON karo bpk

  129. lam kenal yo mas,aku cah pagertengah
    saiki lagi manggon nang bekasi

  130. mas tanya ya,akupunya induk bar diperah( beli baru( tapi dah tak kawinkan 3 kali kok gak bunting,gemana caranya biar cepet bunting?.saya kawinkan pas birahi lho. pasnya gemana ya trims

  131. Dadi pengen ndelok2 nang pasar kewan pendem.
    Rame banget yo mas saiki.ra koyo biyen

  132. Aku dadi pingin ngingu Etawa.Nek diingu nang daerah rada
    panas iso ra Mas.Soale daerahku Majalengka rada panas.
    Trus anane kambing sing ra ono kupinge.Pengen njajal ae…
    ngingu…

  133. seandainya setiap kepala manusia indonesia wajib punya kambing…kiro2….guayeng ora…yo…monggooo….

  134. aslkmww. ada saran utk pemula? yg pengen ternak kambing tp minim ilmu dan kocek…hehe? thx u

  135. Saya mau beli susu kambing dimana ya……ada yang tau

  136. mas ko harga kmbing ja bs mhal gtu ya.jgn ikut” ky ikan louhan,antorium dll.tar tba”hrg bs ilng lg.

    sy mau ternak kmbng.tp jd males liat hrg bgtu

  137. rahmansyah ramadhon
    March 4th, 2011 at 16:55

    mas harga kambing PE nya kisaran berapa….
    dari yg termurah sape yg ter mahal..
    and
    ada website yg bisa dilihat model kambingnya ga….

  138. ada gak ya yang bs kasih saya modal kambing dulu entar kl sdh beranak baru saya lunasi he he

  139. MAU TERNAK KAMBING YANG NDAK PERLU NGARIT, NDAK PERLU TANAM RUMPUT, KOTORAN NDAK BAU. KAMBING MAKAN NDAK PERNAH KENYANG, MAU MAKAN APA SAJA. BIAYA OPERASIONAL MURAH, UNTUNG BESAR, PELATIHAN GRATIS. INFO HUB: MAS DWI, KEBUMEN, HP. 081915014300.

  140. Heeem

Trackbacks/Pingbacks

  1. Pasar Kambing « Kambing Etawa

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>