wisata purworejoMenindaklanjuti Program PNPM Pariwisata terkait Desa Wisata Donorejo, kecamatan Kaligesing, kabupaten Purworejo propinsi Jawa Tengah, dimana potensi unggulan Desa Wisata Donorejo adalah Goa Alam dan Cagar budaya, Kelompok Sadar Wisata Donorejo mengadakan pelatihan yang bertajuk menggali dan mengembangkan potensi Goa sebagai wisata.

Pelatihan yang diselenggarakan pada kamis 7 november ini mengundang DR Cahyo Rahmadi  dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia sebagai pembicara pada seminar Pokdarwis tersebut, hadir juga kelompok pecinta alam dari Mapala UGM sebagai pendamping peserta pelatihan.

Pelatihan yang di hadiri sekitar 25 peserta ini dilakukan di balai Desa Donorejo.

Terkait pengembangan potensi Goa alam yang terletak di desa wisata Donorejo Dr Cahyo Rahmadi menuturkan “butuh pengetahuan yang luas tentang goa dan karsnya agar saat mengembangkan wisata tidak mengganggu kelestarian yang tersangga oleh goa, semisal tetap menjaga keberadaan kelelawar, karena kelelawar adalah pembantu utama dalam penyerbukan buah durian” .

jejaring desa wisataDalam kesempatan ini selain DR Cahyo Rahmadi menyampaikan tentang kelestarian ancaman dan potensi goa, hadir pula Sigit Wiantoro MSc yang memaparkan tentang biospeleologi dan biota goa.

Pokdarwis DonorejoPokdarwis Desa Donorejo yang memiliki aset wisata alam goa memang butuh tenaga tenaga terlatih dan memiliki pengetahuan terkait kebutuhan wisata yang terus dikembangkan potensinya, dalam pelatihan yang diselenggarakan atas program pnpm pariwisata TPK Donorejo, Pokdarwis Desa Wisata Donorejo juga melibatkan Mapala dari UGM untuk pelatihan dasar tehnik penelusuran goa yang juga dipandu oleh Hari Nugroho SSi.

Pelatihan tehnik penelusuran goa ini dimaksudkan agar pokdarwis memiliki pengetahuan bagaimana memandu wisatawan untuk menelusuri goa yang berada di Desa Wisata Donorejo yang juga sebagai tujuan wisata penelitian terkait goa alam dan habitat yang ada dalam goa.

desa donorejo“Disamping goa sebagai wisata alam goa-goa yang berada di wilayah desa wisata Donorejo juga merupakan wisata adrenalin dan penelitian” tutur Hari Nugroho SSi dari LIPI, hal ini membuka peluang untuk pokdarwis menjadi pemandu wisata penelitian terkait goa dan karsnya.

Untuk mengelola aset aset alam yang bisa dikembangkan menjadi potensi wisata yang luas pokdarwis desa Donorejo masih harus memperbanyak pelatihan sumber daya manusia agar mampu mengoptimalkan potensi wisata alam di desa Donorejo.

pelatihan dasar penelusuran goa alam yang didampingi Mapala UGM akan terus dilanjutkan oleh teman-teman pokdarwis agar semakin meningkatkan kemampuan untuk mengelola potensi dan menjaga kelestarian wisata alam yang ada di desa Donorejo.

“Diharapkan pelatihan serupa akan semakin menambah wawasan bagi pengelola Desa Wisata Donorejo agar kedepan makin terangkat perekonomian warga dengan program Desa Wisata Donorejo” tutur Suparman kepala Desa Donorejo menutup acara pelatihan.

 

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

2 Responses to “Pelatihan Pokdarwis Desa Wisata Donorejo”

  1. Hal yang sering dilupakan pengelola objek wisata adalah kelestarian alam.

  2. Terus semangat Desaku tercinta

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>