Menengok kembali sejarah pesona goa seplawan

Sekitar jam 05.30 kami bertiga mencoba menembus udara dingin pagi  menuju kearah lokasi wisata goa seplawan yang terletak di perbukitan menoreh tepatnya di Desa Donorejo, Kec Kaligesing, Kab Purworejo.

Ada dua blogger yang pagi itu saya ajak menikmati udara pagi di gardu pandang wisata Goa Seplawan antara lain adalah Mataharitimoer dari Bogor dan Maztrie dari Jogjakarta.

Sejenak menikmati kabut pagi yang masih menyelimuti pesona di atas tebing memutih menajajar di sebelah timur yang kita kenal sebagai gunung kelir.

Alam benar benar sedang berpihak pada kita sesaat kemudian matahari pagi mulai menyinar menyibak kabut dan membuka luas cakrawala pandang ke arah timur.Pesona pemandangan yang menawan terhampar di sudut gardu pandang yang berada di lokasi goa seplawan.

Indahnya gunung merapi dan merbabu terpampang dari kejauhan berderet memandangi kota Jogjakarta berhias bukit dan waduk sermo hingga garis pantai selatan yang membentang memuaskan mata kita di pagi hari tersebut.

Sepuas memandang mahakarya sang pencipta dari atas gardu pandang kemudian kami bertiga melangkah ke arah mulut Goa Seplawan.

Beberapa meter setelah area parkir menuju mulut goa terpampang patung replika Arca Emas yang menggambarkan Siwa dan Parwati yang dikenal sebagai Arca Kencana.

Patung siwa dan parwati tersebut dibuat sebagai replika dan pengingat berkaitan arca kencana yang ditemukan di dalam goa seplawan.

Kami bertiga kemudian menyusuri lorong goa Seplawan dengan kegelapan di bantu lampu kamera saya karena masih terlalu pagi petugas penjaga Lokasi Wisata belum menyalakan lampu yang menerangi dalam goa.

Setelah kami puas dengan semua pemandangan goa seplawan dan melihat banyak keunikan yang ada kemudian kami beranjak menemui juru kunci sekaligus orang yang terlibat dalam proses penemuan goa seplawan untuk menanyakan beberapa hal terkait sejarah goa seplawan kepada bapak Ngudiyo selaku juru kunci.

Goa Seplawan pada mulanya ditemukan atas dasar perintah bupati purworejo dimana untuk mencari kemungkinan tempat wisata yang ada di Kab Purworejo.

Pemdes Donorejo kemudian membentuk tim untuk mencari beberapa goa yang memungkinkan menjadi potensi wisata di Kab Purworejo.

Tim yang dipimpin Bapak Ngudiyo yang waktu itu menjabat sebagai Kaur Pemerintahan Desa Donorejo kemudian mengadakan ekspedisi di beberapa goa yang ada di wilayah Desa Donorejo.

28 Agustus 1979 salah satu peserta ekspedisi yang bernama slamet melihat sebuah benda yang berbentuk aneh menyerupai termos yang berkilau tertimbun Lumpur cadas dalam goa seplawan.

Slamet memang bukan anggota tim yang dibentuk namun hanya partisipan yang ikut masuk kedalam goa adalah orang yang pertama melihat benda aneh berkilau tersorot lampu kemudian melapor kepada beberapa orang tua yang tergabung dalam tim tersebut.

Setelah di gali benda yang mengkilap tersebut adalah kendogo  berisi Arca syiwa dan parwati yang terbuat dari emas.

Patung emas atau yang sering disebut arca kencana tersebut terbuat dari emas 24 karat seberat 1,5 kg dengan tinggi sekitar 15 cm yang kemudian disimpan di museum Jakarta.

Sejak ditemukan arca seplawan tersebut kemudian goa seplawan menjadi ramai dan banyak di kunjungi oleh berbagai kalangan.

Beberapa bulan kemudian para arkeolog, bersama ahli yang lain mengadakan penelitian terkait ditemukan goa tersebut dan sempat menemukan tulisan dalam bahasa san sekerta berada di dinding atas goa yang di eja bertulis saplu wan dalam terjemahan nya berarti manusia suci.

Lorong goa yang memiliki sendang wening (telaga kecil) disinyalir adalah tempat untuk menyucikan diri pada peradaban masa lalu.

Tersembul juga bahwa tempat tersebut adalah sebuah tempat dimana sunan bonang mengajarkat hakikat islam kepada sunan kalijaga dimana terdapat padasan (wadah air wudlu) yang berada di dalam goa.

Dalam pandangan berbeda arca kencana memberikan isyarat bahwa di lokasi tersebut pernah menjadi tempat bermukim bangsawan terdahulu dan hal tersebut diperkuat dengan ditemukan lingga dan yoni serta onggokan batu yang disinyalir adalah bangunan atau candi di masa lalu.

Lingga yoni dan bekas reruntuhan batu tersebut dapat kita lihat di sebelah kanan sebelum kita menuju mulut goa seplawan.

Mitos sendang wening dan sebuah tempat hamparan batu seperti tempat wejangan (pengajaran) memang terus berkembang ada beberapa orang yang datang didasari dengan niat membersihkan diri dalam goa dengan melakukan meditasi berhari-hari didalam goa.

Lepas dari sejarah yang masih menjadi misteri tersebut goa seplawan yang memiliki kedalaman sekitar 750 meter adalah suatu tempat yang indah untuk dikagumi sebagai kuasa ilahi pada alam terbuka.

Pendatang dari berbagai daerah juga memiliki niat yang berbeda untuk mendatangai goa seplawan karena goa seplawan juga memiliki wisata alam dan wisata spiritual.

Ada dua sisi yang terhampar di lokasi wisata goa seplawan yaitu alam terbuka pemandangan yang mempesona luar biasa dan bisa kita sebut sebagai keduniaan dan ada pemandangan kegelapan dalam lorong goa yang membuat kita sadar akan kehidupan sisi gelap dan tak berarti apa apa.

Tulisan dan beberapa foto ini tak pernah bisa mewakili keidahan yang terhampar di wisata goa seplawan maka buktikan dan alami sendiri dengan datang ke lokasi goa seplawan pastikan anda akan mengalami pengalaman yang berbeda menikmati segar udara dan pesona alam wisata goa seplawan di ujung gunungkelir, selamat datang

baca juga tulisan tentang goa seplawan di sini Pesona Wisata Goa Seplawan

Tags: , , , , ,

15 Responses to “Menyingkap Misteri Goa Seplawan”

  1. Yang nulis ini harus tanggung jawab menghantarkan ke lokasi jika aku ke GK lagi agar bisa melihat juga keindahan yang diceritakan itu sebab nyebutnya ‘kita’, bukan ‘kami’. 😉

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

  2. setuju dengan wongkamfung

  3. Woh, ana Maztrie barang ik…

  4. Aku yo dadi kepingin mlebu goa kuwi,,, cah phorjo tapi kok ora ngerti kaligesing. he he heee. salam mas

  5. mau menulis juga ah tentang kesan kemarin

  6. wah, jadi pengen ke sana nich

  7. semoga saja bisa menjadi slah satu alternatif obyek wisata yang banyak dilirik di jateng bagian selatan

  8. download ebook seharga ratusan ribu dapat hadiah jutaan rupiah hanya di http://paketsakti.com/

  9. weh itu arcanya ngak pake beha

  10. wooo bareng gotrek tho
    pantesan postinge kompakan

    kapan kapan tak dolan ndono, om…
    sisan dolan kaligesing, anakku wedok seneng banget nonton wedus

  11. Kalo kesini sarannya pake sendal jepit, jangan sepatu. Biar nanti di dalem goa bisa dilepas, alas di dalem goa lumayan licin kalo musim hujan… 😀 😀 😀

Trackbacks/Pingbacks

  1. Berpikir positif | Maztrie van Ikanmasteri
  2. sajian ngopikere | Gunungkelir
  3. Indahnya Goa Seplawan | seplaonedesigner
  4. Legenda Goa Seplawan Dan Gunung Kelir | Arca seplawan

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>