Berawal dari pembicaraan di timeline twiter acara ngopi yang semula biasa dilakukan di kandang kambing (sebutan teras rumah kang WKF) Bogor, kini acara ngopi bersama ini menjadi diperbesar dan dilengkapi oleh berbagai acara selain minum kopi.

Ngopi adalah kegiatan menikmati kopi sambil ngobrol dan berdiskusi secara sederhana saling bertukar pengetahuan, hal tersebut sering saya lakukan saat saya berada di Bogor.

Perkenalan saya dengan sahabat bloger Bogor serta komunitas onliner di Bogor diawali dari menikmati kopi bersama kang banyumurti, kang mataharitimoer dan sahabat blogger yang lain di kota hujan tersebut.

Tanpa sengaja diskusi kecil sering kita lakukan saat menikmati kopi bersama, bahkan sempat kita rame rame menuliskan tentang kopi khas Bogor dan kemudian sering juga kita menyebut acara ngopi bareng tersebut di namakan ngeliong karena merk kopi yang sering dinikmati bersama.

Cara diskusi kami bersama saat ngopi memang terkesan semaunya sendiri bebas tanpa seorang narasumber pasti yang artinya masing masing adalah narasumber, tidak sedikit obrolan ngopi bareng kemudian direalisasikan pada kegiatan yang nyata termasuk salah satunya menghubungkan pembelajaran pada akber (akademi berbagi).

Mengembangkan jaringan pertemanan serta saling silaturahmi dan berbagi saat ngopi terkadang malah menjadi diskusi yang mudah dicerna oleh para peserta ngopi, meski saat ngopi tak pernah memiliki konsep yang muluk muluk namun tidak sedikit obrolan ngopi mengerucut menuju kenyataan atau sebuah karya nyata.

Para blogger maupun teman onliner tentu saja punya banyak latarbelakang dalam menulis bahkan tidak sedikit masing masing memiliki karakter yang berbeda dalam menyoroti sebuah kejadian maupun memiliki perbedaan cara pandang terhadap suatu masalah namun teman teman ngopi di kandang kambing selalu memiliki kesetaraan mencari solusinya.

Saya memandang dunia maya ataupun aktivitas ngeblog dan online hanya sebagai pelengkap hidup dan sebuah sarana komunikasi dengan teman yang lain, makanya terkadang kita menjadi risih kepada teman teman yang mendewakan online sebagai kehidupan sesungguhnya.

Sok seleb sok artis dan seolah paling hebat dalam dunia maya adalah hal yang sangat lucu dalam pandangan kita, terkadang kita sering geli melihat beberapa orang yang menepuk dada sebagai tokoh dalam dunia internet, dunia blogger, dunia onliner, bahkan tidak sedikit yang merasa gengsi bergaul dengan teman lain.

Aristokrat seperti artis yang harus dielu elukan saat datang atau harus salim sungkem saat ketemu itu adalah hal yang paling memuakan dalam pandangan saya, sebab dalam dunia maya sebenarnya banyak orang yang lebih pintar lebih arif lebih hebat hanya saja mereka berlaku biasa saja, dan lagi jika kita biasa dan sederhana dalam bergaul sebenarnya tidak menutup kemungkinan kita mendapat ilmu baru dari siapapun teman bergaul kita.

Putihnya beras bukan karena mesin penggilas namun karena bergesekan pada beras beras yang lain (pandainya manusia bukan sekedar karena tingkat pendidikan namun lebih dipengaruhi cara bergaul pada teman yang lain), hal ini tidak akan didapatkan pada teman teman yang sok gengsi dan sok seleb hanya karena memiliki folower yang banyak atau memilah teman yang hebat hebat.

Ngopikere adalah acara menikmati kopi bersama saling asuh saling asih dalam diskusi menggali ide dalam suasana ngopi bareng membuat rumusan sederhana yang paling mudah diaplikasi dan diimplementasikan.

Ngopikere tidak memiliki motivator diatas podium dengan konsep membahana untuk sebuah bangsa apalagi sekelas asia, ngopikere tidak ada seminar yang mendatangkan pejabat atau petinggi negara hanya menggosipkan sebuah desa desa.

Pendatang ngopikere tidak dibedakan menurut pekerjaan tak dibedakan menurut jumlah folower atau bukan dari jumlah bayaran menjadi buzzer namun pendatang yang memiliki kesetaraan sebagai manusia biasa.

Dipastikan tidak memiliki muatan politik apalagi kegiatan ini tidak dalam proses menjilat pejabat maupun politisi, dan acara ngopikere bukan sebuah tandingan acara apapun.

Hanya butuh keberanian, kebersihan hati, kejernihan persahabatan tanpa tendensi politis, dan melepaskan gensi untuk datang ke ngopikere yang tidak memiliki target muluk muluk kecuali menjalin silaturahmi antar peserta dan menjalin kerjasama yang baik dalam banyak hal.

Untuk yang berkenan datang silahkan lihat denah menuju gunungkelir atau boleh membaca tulisan terdahulu tentang di manakah gunungkelir lokasi ngopikere.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

27 Responses to “selamat datang Ngopikere”

  1. Ngopi kere paste kaya…!
    Berbeda namun setara…!
    Anarkis, Yes. Monopoli, No..!
    Peace, yes..! Brutal n vandal, No..!

    *Malah idersmeboyan 😛 #okesip

  2. Hehehe, menarik!

  3. siap meluncur gan…

  4. Dari secangkir kopi berkembang menjadi sebentuk keluarga. Ini jelas acara jujur yang tak kenal kasta. Wajib datang. 😉

    Salam persahablogan,
    @wkf2010

  5. Asslamkm,,,,,, Mendukung acarane, semoga sukses. Maaf ora bisa teka.. lagi repot pak lik. Nuwun

  6. Asslamkm,,,,,, Mendukung acarane, semoga sukses. Maaf ora bisa teka.. lagi repot pak lik. Nuwun

  7. Asyik nih ngobrol, ngopi, ngambah ngelmu berguru dgn para pendekar gunung

  8. Smoga #ngopikere sukses Чα”̮ , pasti rame 🙂 bermanfaat bnget silaturahminya

  9. pengen, tapi lagi kere juga. gak kuat bali jawa. 🙁

  10. mantep tenan. Sukses pak…

  11. tidak sabar menunggu ‘para brewu’ pada ngopikere. pasti seru!

    maaf tidak bisa ikut regudugan dalam mempersiapkan acara ini pun nanti saat acara tidak bisa full 3 hari.

  12. ikut berdoa supaya acara sukses pakdhe

  13. Selamat malam,
    Ini acaranya menarik banget. Hadir dalam kesetaraan sbg manusia biasa, tanpa muatan politis.
    Saya ingin hadir disana. Adakah rombongan dari Bogor atau Bekasi yg mengkoordinir kesana? Kalo ada mungkin saya bisa turut serta.
    Mohon diinfokan ke email saya, kalo tidak keberatan.
    Salam persahabatan selalu…
    @tiktwit

  14. pngen melu tpi ga ngerti lbur kerja ra hehehe..

  15. Tulisan bernas, menarik dan terpenting jujur apa adanya. Jikalaulah saya punya waktu saya akan ikut ke Menoreh. Sudah kangen juga tidak ketemu mas GK cukup lama, padahal beberapa waktu lalu minimal sekali seminggu ketemu di kandang kambing.
    Padahal saya tak tahan kopi, saya nge-teh 😀

  16. Semoga bisa hadir untuk membasuh rinduku pada saudara-saudara yang mungkin telah terlupakan sebagian.

    Salam saudara-saudaraku. Salam santunku selalu.. :mrgreen:

  17. banyak kenalan disana,… 🙂

  18. semoga acaranya lancar kang totok
    salam dari blogger wong kere 🙂

  19. Top jos tenan saat saya hadir di Ngopikere pada hari Jumat malam. Matur nuwun teman-teman dan warga Menoreh

  20. acara yang menarik dan tentu saja penuh makna, semoga sukses dan bisa menjadi inspirasi bagi yang lain-launnya

  21. Jangan kebanyakan ngopi mas bro..hehe

  22. feeling a little nevuros, you may remember a few months ago I asked for some help in choosing photographs to submit to an art show in aid of One In Four. Well tonight’s the night so I’m off to

  23. 1. 222. Sisä3. Aina silloin tällöin, viime ostoksesta on kuitenkin jo yli vuosi4. Laatu, tai ainakin siihen suuntaan pyritään koko ajan enenevissä määrin5. Opiskelen6. Musta on väreistä parhaimpia!

  24. *Thanks Anne! The dress goes for a cheap $9.95 and is sold in gas stations all across the U.S.!*Thank you Meleah! I’m still thinking about going back to my original EC pic!*Thanks Zen! Sounds good, I’ll have one shipped to you immediately!

Trackbacks/Pingbacks

  1. Ngopikere By Maztrie | Kambing Etawa
  2. sajian ngopikere | Gunungkelir
  3. Sugeng rawuh wonten ing adicara #NgopiKere Gunungkelir | Saktipaijo's Weblog

Leave a Reply

You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>